3 Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank untuk Buka Usaha 2018

Anda ingin sukses dalam berbisnis, tapi tidak punya modal untuk mengembangkan usaha? Jangan khawatir, dan jangan bingung, solusi yang paling tepat adalah anda bisa mengajukan untuk meminjam uang tunai ke bank.

Namun, tentunya pencairan pinjaman uang dari bank juga ada syarat dan prosesnya, dan anda diwajibkan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

Nah, untuk itu dibawah ini kami akan abgikan tips bagaimana cara meminjam uang ke bank yang baik dan benar, supaya pengajuan cepat di-approve. Penasaran? Yuk, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Advertisements

Tips Mudah Mengajukan Pinjaman Uang ke Bank

  • Pilih Bank dan Lengkapi Persyaratan

Pertama yang harus anda lakukan adalah pilihlah bank yang memberikan cicilan bunga dan biaya administrasi yang terjangkau. Baca Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak

Hati-hati jangan sampai salah pilih, intinya sesuaikan saja dengan kemampuan finansial anda, karena masing-masing bank mempunyai ketentuan tersendiri dalam menyalurkan pinjaman kredit pada nasabahnya.

Setelah tahu akan meminjam dari bank yang mana, saatnya pergi ke cabang bank tersebut yang ada di kota anda.

Jangan lupa membawa dokumen-dokumen penunjang syarat pengajuan di bawah ini :

  • Laporan keuangan.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Kartu keluarga.
  • Fotokopi rekening listrik.
  • Fotokopi rekening tabungan.
  • Slip Gaji (jika anda adalah karyawan di suatu perusahaan) atau bon-bon bukti penjualan dan pemebelian.

Silahkan ambil nomor antrian untuk berbicara dengan customer service. Nah, bicaralah pada customer service tersebut bahwa anda ingin memperoleh tambahan modal untuk usaha yang dijalankan.

Pihak customer service akan segera menawarkan produk pinjaman terbaik yang dimiliki oleh bank tersebut. Biasanya ada beberapa jenis pinjaman yang menawarkan benefit juga skema pembayaran angsuran yang berbeda-beda. Anda tinggal pilih salah satunya yang sekiranya ringan dan lebih banyak menguntungkan anda

Setelah itu anda akan diberi formulir pengajuan peminjaman uang. Isilah formulir pendaftaran selengkap mungkin sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya.

Advertisements

Pihak bank akan memeriksa seluruh berkas kelengkapan persyaratan nasabahnya dengan sangat teliti dan seksama. Baca Lama Proses Pencairan KUR

Nah, jika persyaratan tersebut ternyata terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh bank, maka kemungkinan besar pengajuan yang anda ajukan tidak akan di-approve.

  • Siapkan Agunan

Apabila anda akan meminjam modal dalam jumlah yang besar maka siapkanlah jaminan yang layak untuk diajukan pada pihak bank. Biasanya pihak bank tersebut akan meminta surat-surat kepemilikan barang sebagai bentuk jaminannya.

Barang jaminan pada dasarnya digunakan oleh bank untuk menutupi dana yang diberikan pada nasabah, sehingga apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti kredit macet, usaha nasabah bangkrut dan lain sebagainya, maka bank bisa mengklaim jaminan tersebut menjadi miliknya secara utuh sesuai dengan kesepakatan di awal.

Nah, jika menurut anda meminjam uang disertai jaminan sangatlah berisiko, maka solusinya anda bisa mengajukan pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR untuk usaha mikro kecil umumnya sama sekali tidak memerlukan jaminan, biasanya jaminan yang diwajibkan adalah kelayakan dari usaha yang dijalankan oleh nasabah itu sendiri. Namun ada kelemahannya, yaitu terkait jumlah pinjaman yang diberikan, tidak bisa sebesar yang memakai jaminan.

  • Yakinkan Pihak Bank

Kunci dari pada di-approve tidaknya permintaan peminjaman uang ke bank adalah kepercayaan. Jika anda berhasil meyakinkan pihak bank bahwa anda memang layak untuk diberi pinjaman, maka pencairan dana yang anda inginkan pun akan langsung diproses dengan cepat.

Maka dari itu, ketika anda bertemu atau diwawancara oleh pihak bank, tetaplah santai, dan jangan tegang. Berikanlah jawaban yang paling meyakinkan. Baca Proses Pinjaman KUR BRI

Biasanya anda akan ditanya apa alasan anda ingin meminjam uang di bank, berapa penghasilan per bulan yang anda peroleh. berapa maksimum kemampuan membayar anda, nah, asal anda dapat menjawab dengan jujur dan jawaban yang anda berikan logis, maka dijamin permintaan anda akan langsung di-approve.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan terkait cara meminjam uang ke bank  Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Advertisements
error: Content is protected !!