Apa Harus Pakai Surat Kuasa Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain ?

Lembaga keuangan atau bank merupakan tempat yang menjadi solusi bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan finansial. Namun, lembaga keuangan biasanya akan menerima pengajuan pinjaman dengan syarat-syarat khusus sebagai jaminannya.

Sebagai contoh pengajuan pinjaman di salah satu lembaga keuangan dengan jaminan sertifikat rumah, maka tentu saja yang harus dijadikan jaminan adalah sertifikat rumah milik Anda sendiri.

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki rumah sendiri?  Apakah bisa mengajukan pinjaman dengan menggunakan setifikat rumah atas nama orang lain? Jawabannya BISA.

Advertisements

Anda bisa loh mengajukan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain. Bagaimana caranya? Pastikan bahwa Anda memiliki surat kuasa dari pemilik sertifikat rumah tersebut yang ingin Anda jadikan sebagai jaminan pinjaman.

Surat kuasa merupakan surat yang berisi suatu limpahan wewenang atau tanggung jawab dari satu pihak ke pihak yang lain.

Bisakah Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain

Sebenarnya untuk mengajukan pinjaman harus mengunakan sertifikat rumah atas nama pribadi. Jika rumah yang Anda tempati masih milik orang tua Anda, maka Anda harus melakukan balik nama terlebih dahulu. Baca Pinjaman Multiguna Bank Mandiri

Pihak bank akan membantu Anda mengurus balik nama sertifikat rumah atas nama Anda, tetapi Anda harus bersedia membayar uang administrasinya.

Namun, Anda juga bisa menggunakan sertifikat rumah atas nama orang lain sebagai jaminan dengan catatan bahwa orang yang bersangkutan mengeluarkan surat kuasa yang menyatakan bahwa ia setuju.

Berikut ini contoh surat kuasa yang menyatakan bahwa pemilik nama sertifikat rumah bersedia dijadikan jaminan untuk pengajuan pinjaman!

Advertisements

Contoh Surat Kuasa

SURAT KUASA

Kami masing-masing yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Eko Susanto

Umur               : 39 Tahun

Alamat             : Jl Mekarsari No.25 Jakarta

Bahwa saya memberikan kuasa kepada Saudari kami yang bernama :

Nama               :  Devan Hariyanto

Umur               : 35 tahun

Alamat             :  Jl. Pasutri No. 15 Jakarta

Untuk pemakaian sertifikat rumah sebagai jaminan peminjaman uang yakni di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan sebaik-baiknya tanpa ada bujukan atau pengaruh dari siapapun. Saya memastikan bahwa Surat Kuasa ini dapat dipertanggungjawabkan.

Jakarta, 04 Mei 2018

Saksi-Saksi,                              Yang Menerima                       Yang Memberi Kuasa,

  1. Rita Sulastri Devan Hariyanto Eko Susanto
  2. Joko Hariyanto

Itulah contoh surat kuasa yang menyatakan bahwa sertifikat rumah milik orang yang bersangkutan (Eko Susanto) dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman uang di bank oleh yang diberi kuasa/penerima (Devan Hariyanto). Baca Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua

Format surat kuasa sebenarnya tidak harus seperti contoh di atas. Anda bisa menggunakan bentuk lain. Karena pada dasarnya isi surat kuasalah yang terpenting bukan hanya formatnya saja.

Dalam format surat kuasa yang terpenting memuat identitas pemberi kuasa dan penerima kuasa. Surat kuasa inilah yang berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa orang yang telah diberi kuasa bertanggung jawab penuh sesuai yang tertulis.

Advertisements