Beberapa Cara Pembayaran Angsuran Sinarmas Online dan Offline

Sinarmas adalah perusahaan pembiayaan yang salah satunya melayani kredit kendaraan bermotor. Angsuran bulanan di Sinarmas dapat dibayar dengan 2 cara, yakni online dan offline. Bagaimanakah pembayaran secara online dan offline tersebut?

Pembayaran Secara Offline

Ciri pembayaran secara offline biasanya adalah debitur harus mengantri dan menyerahkan uang tunai dalam prosesnya. Pembayaran secara offline dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang Sinarmas secara langsung.

Advertisements

Pembayaran secara offline dapat dipilih ketika kantor cabang Sinarmas mudah dijangkau atau ketika debitur memiliki waktu lebih untuk mendatangi kantor cabang Sinarmas. Pembayaran offline juga dapat dilakukan melalui teller bank yang sudah bekerja sama dengan Sinarmas. Berikut adalah langkah pembayaran secara offline melalui teller bank :

  1. Datangi Bank Sinarmas atau bank lainnya
  2. Informasikan nomor virtual account kepada petugas teller
  3. Pastikan nama penerima (pihak Sinarmas) dan jumlah angsuran sudah sesuai dengan kontrak kredit
  4. Debitur akan diminta menandatangani bukti transfer, lalu simpan bukti tersebut
  5. Pembayaran angsuran melalui teller pun selesai

Jika ternyata debitur merasa kesulitan dengan pembayaran secara offline, maka dapat mempertimbangkan pembayaran online berikut ini.

Pembayaran Secara Online

Pembayaran secara online ini dapat dilakukan melalui rekening baik lewat mesin ATM, mobile banking maupun internet banking. Berikut adalah langkah pembayaran angsuran melalui menu pembayaran di ATM :

  1. Pada menu awal, pilih “Pembayaran”
  2. Kemudian pilih “Layar Berikutnya”
  3. Pilih “Virtual Account”
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda. Virtual Account ini biasanya terdiri dari 12 digit angka.
  5. Masukkan jumlah angsuran yang akan dibayarkan
  6. Sebelum melanjutkan transfer, pastikan nama penerima serta jumlah nominal uang sesuai dengan ketentuan angsuran pada kontrak

Sementara itu, berikut adalah langkah-langkah pembayaran angsuran Sinarmas melalui menu pembayaran Internet Banking :

Advertisements
  1. Pada menu awal, pilih “Pembayaran”
  2. Kemudian pilih “Virtual Account”
  3. Masukkan nomor Virtual Account Anda pada kolom IDPEL. Virtual Account ini biasanya terdiri dari 12 digit angka.
  4. Masukkan jumlah angsuran yang akan dibayarkan
  5. Sebelum melanjutkan transfer, pastikan nama penerima serta jumlah nominal uang sesuai dengan ketentuan angsuran pada kontrak

Itulah cara pembayaran angsuran kredit di Sinarmas secara online. Pembayaran secara online cirinya adalah debitur membayar tanpa perlu mengantri atau tanpa perlu dilayani oleh tenaga manusia, namun menggunakan teknologi jaringan. Baca Denda Angsuran Sinarmas Kisaran Berapa Persen Ya

Kelebihan pembayaran secara online ini adalah debitur tidak perlu lama mengantre dan jauh-jauh mendatangi kantor cabang Sinarmas atau bank. Debitur cukup mengunjungi ATM terdekat atau melakukan pembayaran melalui perangkat elektronik.

Ada fitur yang dapat dimanfaatkan oleh debitur saat membayarkan angsuran Sinarmas. Fitur itu adalah autodebet. Dengan fitur autodebet di rekening ini, debitur tidak perlu mengingat-ingat tanggal pembayaran angsuran.

Debitur cukup mengatur tanggal pembayaran, jumlah pembayaran dan tujuan pembayaran. Dengan begitu, pembayaran angsuran akan dilaksanakan secara otomatis tiap bulannya. Kelebihannya adalah fitur ini hemat tenaga serta minim kesalahan manusia.

Pembayaran angsuran Sinarmas dapat dilaksanakan sebelum tanggal jatuh tempo atau pada tanggal jatuh tempo. Pembayaran angsuran ini dapat dilakukan 1 hari kerja lebih awal jika tanggal jatuh tempo ternyata pada hari minggu atau pada hari libur nasional.

Sanksi Keterlambatan Pembayaran Angsuran

Jika debitur terlambat membayar angsuran, maka akan dikenai denda sebesar 0,5% per hari dari jumlah angsuran yang dibayarkan tiap bulannya. Debitur dikatakan terlambat membayarkan angsuran ketika pembayarannya dilakukan melebihi tanggal jatuh tempo atau membayarkan angsuran dalam jumlah yang tidak seharusnya (kurang dari ketentuan).

Ada sanksi lain yang dikenakan pada keterlambatan angsuran kredit kendaraan bermotor. Sanksi terberat yang dikenakan pada debitur adalah penarikan kendaraan bermotor. Penarikan ini dilakukan oleh debt collector atau petugas khusus ketika debitur terlambat membayarkan angsuran selama kurang lebih 60 hari atau 2 bulan. Baca Sering Telat Bayar Angsuran BRI Nanti Bisa Pinjam Lagi Gak Ya

Jika sudah begini, maka debitur diharuskan membayar sejumlah tagihan untuk menebus kendaraan bermotor. Jumlah tagihan ini biasanya terbilang mahal. Resiko jika kendaraan bermotor tidak ditebus adalah kendaraan dilelang, selain itu uang cicilan yang dibayarkan selama ini akan hangus.

Advertisements
error: Content is protected !!