Beberapa Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak Pihak Bank

Melalui KUR BRI, para usaha kecil menengah sangatlah terbantu untuk mengembangkan usaha mereka supaya dapat lebih berkembang, karena permasalahan kekurangan modal pun akhirnya bisa teratasi.

Kendati demikian, KUR BRI tidak bisa selalu menjadi super hero untuk setiap orang, karena untuk ketentuan layak atau tidak layak menerima dana KUR, BRI mempunyai peraturan tersendiri.

Advertisements

Ingin tahu apa saja penyebab pengajuan KUR BRI ditolak? Nah, berikut jawabannya.

Berbagai Alasan yang Membuat Pengajuan KUR BRI Ditolak

  • Karakter orang yang Mengajukan KUR

Dalam proses di tolak atau diterimanya pengajuan KUR BRI,  pihak bank biasanya akan mempertimbangkan terlebih dahulu dari sisi internal usaha yang yang sedang dijalankan oleh nasabah.

Misalnya seperti bagaimana keberlangsung usaha tersebut, citranya di mata masyarakat seperti apa, bagamana komitmen usaha ke depan, rekam jejak usaha, sampai apakah orang yang mengajukan pernah melakukan pinjaman ke bank lain sebelumnya atau tidak. Baca Surat Kuasa Jaminan Sertifikat Tanah

Nah, jika pernah, maka pihak bank akan sangat teliti dan pasti mencari tahu melalui data history yang terdapat di BI mengenai bagaimana sepak terjang orang tersebut dalam melakukan peminjaman dari bank lain, sampai dengan  pengembaliannya. Apakah pernah terjadi macet atau justru lancar-lancar saja.

Dengan demikian, memiliki bad credit history akan langsung membuat anda ditolak dari pengajuan KUR yang telah anda ajukan.

  • Modal Tidak Seimbang dengan Aktifitas Usaha

Saat anda mengajukan KUR, anda pasti menyebutkan berapa nominal tambahan modal yang ingin diperoleh. Nah, bank akan melihat terlebih dahulu kisaran modal yang sebenarnya dibutuhkan oleh jenis usaha yang anda jalankan.

Apabila ternyata modal yang anda mau tidak sesuai dengan aktivitas kegiatan usaha, maka sudah pasti permintaan anda tidak akan di-approve.

Selain faktor di atas, masih ada hal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu mengenai siapa pihak yang akan mengelola dana KUR tersebut apabila berhasil cair.

Advertisements

Nah, dengan pihak bank mengetahui hal tersebut, maka mereka bisa melihat sejauh mana keberhasilan usaha anda untuk ke depannya.

Loh, kok, bisa memprediksi seperti itu?

Jawabannya lagi dan lagi berdasarkan sepak terjang orang yang akan mengelola selama di dunia bisnis, atau history aktivitas kreditnya selama menjadi nasabah suatu bank. Entah orang yg akan mengelola itu anda sendiri atau pun orang lain, semuanya akan diuji kelayakannya terlebih dahulu. Baca Pencairan Pinjaman Bank BRI

  • Jaminan Tidak Setara

Jaminan merupakan hal yang sangat penting bagi bank, sebab apabila terjadi sesuatu di luar keinginan bank, misalnya nasabah yang meminjam mengalami kredit macet yang parah, maka bank bisa segera menyita dari jaminan yang diberikan oleh nasabah tersebut.

Pengajuan KUR anda akan ditolak, apabila jaminan anda memang tidak layak atau tidak sebanding dengan modal pinjaman yang ingin anda peroleh dari bank BRI.

Dalam Program KUR BRI, agunan atau jaminan untuk KUR Mikro hanyalah kelayakan usaha, sementara untuk KUR Kecil harus disertai agunan tambahan seperti sertfikat tanah, motor, dan lain sebagainya.

  • Kapasitas Usaha Tidak Memadai

Apabila ternyata kapasitas usaha anda kurang baik, maka hal tersebut juga dapat menjadi alasan kenapa pengajuan KUR anda di tolak.

Anda jangan kaget, apabila pihak bank ingin melihat data arus kas serta omset yang masuk perbulannya pada usaha anda. Nah, data-data tersebut secara tidak langsung akan berbicara, apakah kapasitas usaha anda memang pantas diberikan KUR atau justru seblaiknya.

  • Legalitas

Faktor kondisi jauh lebih penting ketimbang perizinan usaha. Pada dasarnya bank menginginkan  usaha anda tersebut sudah memiliki izin yang legal, supaya tidak akan ada masalah yang timbul dikemudian hari. Baca Lama Pencairan KUR BRI

Apabila ternyata usaha yang sedang digeluti dan ingin anda ajukan memperoleh tambahan modal tidak legal, maka bank BRI pun sudah pasti akan menolaknya. Dan bahkan bukan tidak mungkin pihak bank akan membacklist nama anda.

Bagaimana, sudah paham? Nah, demikianlah diatas pembahasan lengkap  yang bisa kami bagikan mengenai penyebab pengajuan KUR BRI ditolak. Semoga seluruh informasi di atas bermanfaat bagi anda.

Advertisements
error: Content is protected !!