Berapa Harga Braces Gigi

Berapa Harga Braces GigiĀ  – Braces gigi atau yang lebih sering kita sebut dengan kawat gigi adalah sebuah alat yang fungsinya untuk meratakan gigi.

Dengan adanya alat ini, dapat membantu siapa pun dalam meratakan bentuk giginya karena mengingat setiap orang itu memiliki bentuk gigi yang berbeda-beda. Itulah mengapa dibuat kawat gigi.

Kawat gigi atau behel sangat terkenal di Indonesia karena sangat praktis untuk meratakan gigi. Cara pemasangannya pun tidak terlalu sulit sehingga siapa pun bisa menggunakannya khususnya bagi mereka yang memiliki permasalahan pada gigi yang tidak rata.

Berapa lamakah penggunaan braces gigi agar dapat membentuk gigi yang rata? Waktu yang diperlukan untuk meratakan gigi dengan menggunakan braces gigi tergantung pada kerusakan gigi. Jika gigi sangat berantakan maka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meratakan kembali. Begitu pula sebaliknya.

Saat ini, kawat gigi atau braces tidak hanya digunakan sebagai alat perata gigi tetapi juga digunakan sebagai fashion untuk menunjang penampilan. Braces yang digunakan tentunya tidak sama seperti braces untuk perawatan. Begitu pula dengan harganya yang jauh lebih murah.

Berbicara mengenai kawat gigi atau braces, kawat gigi terdiri atas beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut saling menyatu antara satu sama lainnya. Jika salah satu komponen tersebut hilang, maka pemerataan gigi akan berlangsung lama.

Apa sajakah komponen yang ada di dalam braces? Komponen yang ada di dalam braces diantaranya Buccal tube, Open coil spring, Archwire, Karet O-ring Bewarna, Closed coil spring, Bracket, Bracket dengan hook, dan Karet powerchain.

Keseluruhan komponen dari braces tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Dan komponen dalam kawat gigi tersebut perlu diganti pada waktu yang telah ditentukan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Braces

Setelah membahas komponen yang ada di dalam kawat gigi, selanjutnya kita akan membahas mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang braces.

Bagi Anda yang memasang Braces di dokter gigi atau klinik kesehatan gigi, sebaiknya sebelum proses pemasangan berlangsung Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah usia. Tidak semua orang bisa memasang behel atau braces. Yang diperbolehkan memasang braces gigi adalah diatas umur 7 tahun dan tidak dianjurkan bahkan dilarang keras untuk anak di bawah 7 tahun untuk memasang behel karena akan mengganggu pertumbuhan giginya.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah jenis behel yang akan Anda gunakan. Jenis behel itu banyak. Mulai dari behel transparan, behel lingual, behel damon, behel metal, behel permanen, behel lepasan, serta masih banyak lagi jenis behel lainnya.

Karena mengingat banyaknya jenis behel yang ada, Anda harus memilih satu diantara beberapa jenis behel atau braces gigi tersebut.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah perawatan. Setelah pemasangan braces selesai, bukan berarti segalanya selesai.

Bahkan setelah pemasangan braces berakhir itulah awal dari perawatan braces. Perawatan braces biasanya dilakukan dengan dokter gigi yang memasangkan braces Anda.

Harga Braces Gigi

Berapakah harga pemasangan braces gigi? Harga pemasangan braces gigi yaitu berkisar antara Rp 4 jutaan hingga Rp 12 jutaan.

Harga tersebut bisa saja berubah karena mengingat setiap dokter atau setiap klinik mematok harganya masing-masing.