Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI 2018 ?? PENGALAMAN SENDIRI

Persyaratan dokumen sudah lengkap, survey juga sudah dilakukan oleh pihak bank. Lantas pertanyaanya, kapan pencairan dana KUR yang diajukan bisa cair?

Yup, untuk memperoleh Dana KUR BRI tidaklah instan, sebab yang mengajukan permohonan bukan anda saja.

Di samping itu, data yang sudah masuk akan dicek dengan sangat teliti, sehingga membutuhkan waktu sampai akhirnya dapat menghasilkan kesimpulan, apakah nasabah yang mengajukan pinjaman uang layak atau tidak untuk memperoleh dana dari KUR BRI.

Advertisements

Lantas berapa lama,sih, proses normal untuk pencairan KUR BRI ini?

Penjelasan Terkait Proses Pencairan KUR BRI

Umumnya, pencairan dana untuk KUR BRI sendiri memakan waktu 7 sampai 14 hari dan paling lambat adalah 1 bulan, setelah survey selesai dilakukan oleh pihak bank.

Nah, dalam proses survey itulah, pihak bank akan melakukan penilaian akhir terhadap anda sehingga berpengaruh pada lama atau tidaknya pencairan dana.

Kendati demikian, dalam beberapa kasus yang terjadi, banyak sekali nasabah BRI yang mengeluh bahwa proses pencairan KUR sangatlah lelet. Lantas apa, sih, kendalanya? Baca Pencairan KUR Bank Mandiri

Tentu saja kendala yang kemungkinan terjadi sangatlah banyak, misal dana untuk KUR sedang limit, sistem verifikasi sedang error, ada data nasabah yang kurang lengkap, analisa oleh tim auditing memakan waktu yg lama karena kesimpulan yang didapatkan seimbang antara layak diberi pinjaman dan tidak layak diberi pinjaman, serta berbagai kendala lainnya.

Di samping itu, ada juga kasus di mana dana KUR BRI dapat cair kurang dari 7 hari,hal ini disebabkan karena penyaluran KUR sedang tidak padat. Dengan kata lain kapan anda mengajukan permohonan juga akan berpengaruh pada lamanya pencairan KUR.

Bagaimana jika setelah 1 bulan KUR belum juga cair, padahal anda sangat membutuhkan modal untuk mengembangan usaha?

Solusi terakhir adalah dengan menanyakan langsung pada call center BRI pusat. Silahkan anda hubungi nomor 14017.

Tips Ampuh Lolos Survey Kur BRI Supaya Dana Pinjaman Cepat Cair

Tips yang pertama, siapkanlah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk persyaratan, misalnya seperti surat izin usaha, nomor pokok wajib pajak (NPWP), tanda daftar perusahaan (TDP), tanda pembayaran lunas PBB dan lain sebagainya. Hal ini mutlak diperlukan supaya proses survey kredit anda jauh lebih mudah.

Apabila usaha yang anda jalankan bergerak dalam bidang perdagangan maka usahakan satu hari di mana tim survey dari bank datang, anda harus memperbanyak persediaan stock barang dagangan. Hal ini berguna untuk meyakinkan petugas survey tersebut bahwa omset penjualan anda memang besar dan layak diberi kucuran tambahan modal dari KUR BRI.

Advertisements

Apabila tim survey mulai melakukan wawancara pada anda, jawablah dengan penuh percaya diri. Minimalisir rasa gugup dan hindari memberikan jawaban yang bertele-tele, karena hal itu akan menimbulkan kecurigaan terhadap pihak bank yang sedang melakukan survey, bahwa deretan jawaban yang anda berikan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya alias hanya mengada-ngada..

Ingat, ya, prinsip bank itu pada dasarnya hanyalah kepercayaan, Bank sangat sensitif terhadap bentuk-bentuk kebohongan, oleh karenanya tanamkanlah kepercayaan yang mendalam pada benak mereka.

Catat hal ini. Petugas survey dari bank pasti telah cukup mendapatkan pendidikan khusus ketika mereka direkrut untuk menjalankan tugas. Baca Pencairan KUR BRI Setelah Survey

Anda harus paham bahwa mereka pasti mendapat pelatihan psikologi serta kejiwaan yang sangat berguna untuk mengetahui apakah nasabah yang diwawancarai sedang berbohong dengan memberikan keterangan-keterangan palsu atau tidak. Maka dari itu, selalu lontarkanlah jawaban-jawaban yang jujur dan apa adanya.

Kemampuan serta pengendalian EQ anda sangat dibutuhkan dalam proses survey ini. Faktanya seseorang akan lebih mudah respect ketika anda mempedulikan orang tersebut. Nah, lakukanlah sedikit pendekatan emosional pada petugas survey.

Anda jangan hanya menjawab dan terus menjawab pertanyaan dari mereka, melainkan anda pun juga harus ikut bertanya. Tanyakanlah beberapa hal ringan, seperti di mana tempat tinggal petugas survey yang mewawancarai anda, sudah berkeluarga atau belum, berapa anak yang sudah dimiliki dan lain sebagainya.

Apabila anda ramah, dan juga turut interaktif, maka hal itu akan sangat mempengaruhi pertimbangan like dan dislike dari petugas survey itu sendiri.

Jangan lupa untuk menawari juga minuman segar, siapa tahu dalam perjalanan ke rumah atau tempat usaha anda, mereka mengalami traffic lalu lintas yang sangat padat. Apabila anda menghargai mereka, mereka juga akan menghargai anda.

Apabila tim survey telah selesai dengan tugasnya dan akan pulang, jabatlah tangan mereka dengan semangat, serta katakan pada mereka bahwa anda sangat berharap pengajuan KUR BRI bisa cepat cair,

Hindari memakai kalimat closing pasrah seperti “Ya, kalau cair syukur, kalau tidak pun juga tidak masalah”. Baca Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak

Kalimat klise seperti itu justru akan mempengaruhi penilaian akhir dari tim survey, bahwa anda memang tidak bersungguh-sungguh ingin mendapatkan dana KUR dari BRI. Buatlah mereka kagum dengan semangat entrepreneur anda, bukan membuat mereka merasa menjadi kasihan pada anda.

Bagaimana tips di atas cukup mudah diaplikasikan bukan?

Oke, cukup sekian pembahasan mengenai proses pencairan dana KUR BRI serta pembahasan lainnya yang dapat anda jadikan referensi untuk membantu anda dalam lolos mendapat dana dari KUR.

Advertisements