Berapakah Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto Per Hari

Oto Finance adalah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia. Sama seperti perusahaan pembiayaan lainnya, Oto Finance menerapkan denda pada debiturnya yang telat membayar cicilan bulanan. Kira-kira berapakah denda telat bayar cicilan motor per hari di Oto Finance?

Kisaran denda telat bayar cicilan motor per hari di Oto Finance adalah sebesar 0,5% per hari dari total angsuran. Jadi, bagaimana maksud persentase itu? Untuk lebih jelasnya, kita akan melakukan simulasi perhitungan denda bayar cicilan motor di Oto Finance.

Advertisements

Hitungan Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto

            Jadi, semisal Pak Dodi sudah telat membayar cicilan motor di Oto Finance selama 7 hari. Jumlah angsuran Pak Dodi per bulannya adalah Rp. 800.000. Ketika denda yang dikenakan adalah sebesar 0,5% per harinya, jumlah denda yang harus dibayarkan Pak Dodi adalah Rp. 28.000

Angka tersebut diperoleh dari perhitungan ini :

Denda = (Besar denda : 100) x Jumlah angsuran x jumlah hari telat bayar

= (0,5% : 100) x Rp. 800.000 x 7

= Rp. 28.000

Itulah perhitungan denda telat bayar cicilan motor per hari di Oto Finance. Perlu diingat, bahwa simulasi tersebut menggunakan angka yang tergolong kecil. Jika debitur memiliki angsuran yang lebih besar dengan keterlambatan yang lebih banyak, maka denda yang dikenakan akan semakin besar pula. Baca Mudah Cek Status Pengajuan Kredit Adira Di Setujui Atau Ditolak

Dikenai denda tentu merupakan kerugian bagi debitur, sebab harus membayarkan sejumlah uang yang mestinya dapat digunakan untuk keperluan lain. Nah, sebenarnya ada fasilitas yang sangat bermanfaat bagi debitur Oto Finance. Debitur Oto Finance dapat mengajukan permohonan perubahan tanggal jatuh tempo.

Hal ini dilakukan jika ternyata ada suatu urusan mendadak sehingga debitur tidak dapat membayar cicilan pada tanggal yang sudah ditentukan. Untuk mengajukan permohonan perubahan tanggal jatuh tempo, debitur dapat mengunjungi kantor cabang Oto Finance pada jam pelayanan (Senin – Jumat jam 8.30 – 14.00).

Barang yang perlu dibawa adalah KTP asli, bukti pembayaran angsuran terakhir dan Surat Permohonan Perubahan Tanggal Jatuh Tempo. Permohonan ini akan dievaluasi oleh pihak Oto Finance. Jika disetujui, maka Anda diperbolehkan membayar pada tanggal yang sudah disepakati tanpa harus dikenai denda.

Advertisements

            Fasilitas permohonan perubahan jatuh tempo ini belum tentu ada di perusahaan pembiayaan lain. Karena itu, manfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin. Jangan sampai dikenai denda apalagi sampai motor ditarik oleh pihak Oto Finance gara-gara telat bayar. Jika motor sampai ditarik oleh perusahaan pembiayaan, biasanya resikonya fatal. Baca Tahapan Cara Kerjasama Dengan FIF Kredit Spektra Motor Mobil

Sebab debitur akan diminta untuk membayar uang yang jumlahnya tidak sedikit, guna menebus motor tersebut. Jika tidak membayarkan uang tebusan itu, maka motor yang ditarik tadi akan dilelang. Dengan begitu uang yang selama ini dicicil tiap bulan oleh debitur akan hangus. Pastinya, semua debitur tidak ingin hal ini terjadi.

Pembayaran Cicilan Oto Finance

Pembayaran cicilan Oto Finance dapat dilakukan di beberapa tempat, yakni :

  1. Di Kantor Oto Kredit Motor terdekat
  2. Pembayaran melalui ATM, beberapa ATM yang sudah bekerja sama dengan Oto Finance adalah BRI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Danamon, BII, Sinar Mas serta BNI.
  3. Pembayaran melalui setor tunai. Bank yang sudah bekerjasama dengan Oto Finance untuk pembayaran cicilan motor adalah BRI, Bukopin, dan Sinar Mas
  4. Pembayaran melalui Kantor POS. Saat ini Kantor POS juga dikenal sebagai pos pembayaran beberapa jenis tagihan, seperti pajak kendaraan maupun cicilan kredit motor.
  5. Pembayaran melalui Internet Banking, bank yang sudah bekerjasama dengan Oto Finance untuk metode pembayaran ini adalah Mandiri dan BCA.
  6. Pembayaran melalui Mobile Banking, bank yang sudah bekerjasama dengan Oto Finance untuk metode pembayaran ini adalah Mandiri dan BCA.

Dari keenam cara pembayaran di atas, mana metode pembayaran yang paling mudah menurut Anda? Perlu diketahui bahwa untuk pembayaran melalui payment point akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.3500 oleh penyedia layanan. Baca Ini Prosedur Kerjasama Dengan Leasing Motor Dan Mobil

Pembayaran itu juga akan melalui proses kliring selama 2 hari kerja yang akan terbukukan sesuai tanggal transaksi pembayaran cicilan.

Advertisements
error: Content is protected !!