Bisakah Gadai STNK Motor Masih Kredit Di Pegadaian?

Perekonomian negara yang tidak stabil dari hari ke hari tentunya akan membuat masyarakatnya kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangganya. Untuk mensiasati problem tersebut, tidak sedikit dari masyarakat yang mencoba untuk menjual berbagai aset yang di milikinya termasuk sepeda motor.

Namun tahukah Anda jika sepeda motor tersbeut juga bisa digadaikan di Pegadaian dan suatu saat bisa Anda ambil kembali jika sudah bisa membayar uang ke Pegadaian.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika motor tersebut masih dalam status kredit sehingga Anda tidak memiliki surat BPKP atas motor tersebut. Padahal Anda membayar cicilan atas motor tersebut setiap bulan.

Advertisements

Pada umumnya pihak Pegadaian sendiri enggan untuk menerima jaminan berupa motor yang belum sah menjadi milik Anda sendiri atau pihak pegadaian belum percaya karena tidak ada surat BPKB motor.

Jawaban Gadai STNK Motor Masih Kredit

Lantas bisakah gadai motor masih kredit di Pegadaian ? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelasan di bawah ini.

  1. Lakukan Pemindahan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Dengan Perusahaan Finance

Salah satu resiko yag ditakutkan pihak Pegadaian ketika menerima barang jaminan berupa kendaraan bermotor dalam status kredit adalah penipuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda bisa meminta surat keterangan pemindahan kepemilikan dengan perusahaan finance yang Anda gunakan ketika mengkredit motor tersebut.

Perusahaan finance tersebut pun harus resmi dan bisa dipercaya. Nantinya surat ini akan berfungsi sebagai pengganti BPKB sewaktu memberikan dokumen persyaratan untuk menggadaikan kendaraan bermotor. Baca Sistem Gadai Emas di Pegadaian

  1. Jumlah Pinjaman Ke Pegadaian Harus Lebih Kecil Dari Jumlah Kredit

Sangat tidak masuk akal jika Anda meminta suntikan dana dari Pegadaian di atas kredit motor yang Anda lakukan. Oleh sebab itu, pastikan dana yang Anda ajukan dari menggadaikan kendaraan bermotor ini lebih rendah daripada kredit motor yang sedang Anda lakukan.

Hal ini tentu saja di maksudkan agar Anda tetap bisa mencicil uang di Pegadaian serta membayar kredit motor di pihak finance yang Anda gunakan.

  1. Pilihlah Pegadaian Yang Sesuai

Agar proses penggadaian kendaraan motor yang masih kredit bisa berjalan lancar, maka Anda harus memilih Pegadaian yang tepat untuk di ajak bekerja sama misalnya pegadaian milik kenalan atau teman. Anda bisa melakukan negosiasi agar teman percaya sehingga ANDA bisa mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan dan rekan anda tidak akan merasa tertipu.

  1. Lakukan Perjanjian

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar penggadaian kendaraan bermotor kredit bisa di lakukan adalah dengan mengadakan perjanjian resmi dengan pihak Pegadaian. Hal ini di maksudkan agar Anda dan pihak Pegadaian bisa mengurangi resiko buruk yang kemungkinan besar akan terjadi.

Ulasan mengenai bisakah gadai motor masih kredit di Pegadaian. Biasanya gadai motor yang masih kredit tidaklah diperbolehkan oleh pihak Pegadaian, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba keempat cara di atas agar Anda bisa menggadaikan motor.

Advertisements

Gadai STNK Motor Di Pegadaian, Bisa Tidak Tanpa Perlu BPKB??

Semkain tingginya harga barang – barang kebutuhan sehari – hari serta tingkat perekonomian yang tidak lagi stabil, membuat banyak orang pusing bagaimana mereka akan memenuhi kebutuhannya yang selangit. Belum lagi jika ada kebutuhan mendadak, tidak semua orang bisa mencukupinya dengan segera, terkecuali jika mereka memilki tabungan atau simpanan di bank. Baca Pinjaman Uang Pegadaian Syariah

Di lain pihak, jika seseorang sudah terpepet keadaan biasana mereka akan langsung terpikirkan untuk menjual barang berharga yang ia miliki. Namun jika sudah terjual barang tersebut sudah tidak bisa ia miliki lagi alias tidak memiliki hak kepemilikan atas barang tersebut. Olh karena itu, biasanya yang langsung terpikirkan adalah menggadaikan barang di Pegadaian .

Di karenakan semua orang memiliki kendaraan bermotor maka tentu saja motor ini akan langsung di gadaikan oleh pemiliknya untuk mendapatkan uang secara cepat. Namun apakah gadai STNK motor di Pegadaian bisa tidak tanpa perlu BPKB?

Syarat – Syarat Menggadaikan Motor Tanpa BPKB

Banyak orang yang bilang jika menggadaikan STNK sepeda motor yang tidak memiliki BPKB adalah tidak bisa. Oleh karena Anda tidak memiliki BPKB motor maka orang tidak percaya jika kendaraan tersebut miliki Anda. Nah untuk mengatasi hal tersebut, lengkapi syarat di bawah ini :

  1. Surat keterangan dari pihak finance. Surat keterangan ini sebagai pengganti dari BPKB karena mungkin motor tersebut masih kredit. Surat ini berisi bukti pemindahtanganan motor dari perusahaan finance ke tangan Anda.
  2. Kartu tanda penduduk ( KTP ) atau SIM ( surat izin mengemudi )
  3. STNK asli
  4. Kartu keluarga
  5. Motor yang akan di gadaikan

Proses Pengajuan Gadai Motor Tanpa BPKB Di Pegadaian

Nah jika Anda sudah melengkapi kelima syarat penggadaian STNK motor tanpa surat BPKB, kini Anda bisa langsung menuju pegadaian untuk menggadaikan motor Anda. Namun jangan lupa untuk membawa motor yang akan Anda gadaikan untuk di taksir dan dilihat nilai gadainya. Berikut ini prosedur penggadaian motor di BPKB. Baca Prosedur Cara Gadai HP Dan Laptop

  1. Kunjungi kantor pegadaian terdekat dengan rumah Anda. Jangan lupa untuk membawa kendaraan bermotor.
  2. Anda bisa mengambil nomor antrian untuk menunggu panggilan dari petugas pegadaian.
  3. Jika Anda sudah dipanggil oleh petugas berdasarkan nomor antraian yang anda miliki, Anda bisa menyiapkan dokumen persyaratan yang di butuhkan ( seperti di atas ) mulai dari surat keterangan, KTP, KK, dan lain – lain untuk di berikan kepada petugas pegadaian.
  4. Setelah itu, petugas pegadaian akan memberikan formulir identitas kepada Anda. Isi formulir tersebut secara lengkap.
  5. Kemudian, petugas akan meminta barang jaminan Anda untuk di hitung berapa nilainya.
  6. Anda bisa menunggu proses ini untuk menerima uang penggadaian sesuai penaksiran yang dilakukan oleh petugas penggadaian.

Demikianlah ulasan tentang gadai STNK motor di Pegadaian bisa tidak tanpa perlu BPKB. Smeoga bermanfaat.

Advertisements