Cara Bayar KUR BRI Lewat ATM Tanpa Perlu Antri

Saat ini, pembayaran angsuran KUR BRI tidak perlu harus melalui teller bank BRI. Debitur dapat menghindari antrean dan menghemat waktu dengan membayar angsuran KUR BRI lewat ATM. Kira-kira bagaimana cara membayar KUR BRI lewat ATM?

Apa benar pembayaran lewat ATM ini lebih praktis? Untuk membuktikannya, simak informasi berikut ini :

Advertisements
  1. Datangi ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM beserta PIN-nya
  3. Pada menu awal, pilih “Transaksi Lain”
  4. Pilih menu “Pembayaran”
  5. Pilih “Lainnya”
  6. Pilih “Angsuran Pinjaman”
  7. Masukkan kode bank
  8. Masukkan nominal pembayaran
  9. Klik “Ya” untuk melangsungkan pembayaran

Itulah pembayaran KUR BRI melalui ATM. Lewat cara ini, tentu Anda tidak perlu mengantre lagi dan dapat melangsungkan aktivitas harian seperti biasa.

Untuk lebih menghemat waktu dan tenaga lagi, Anda dapat memanfaatkan fitur autodebet yang ada di rekening BRI. Apa fitur autodebet itu? Fitur autodebet memungkinkan pembayaran angsuran KUR secara otomatis, dalam jumlah pembayaran dan waktu yang sama tiap bulannya. Baca Proses Pinjaman KUR BRI, dari Survey, Syarat dan Estimasi Dana Bisa Dicairkan

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu mengingat-ingat tanggal untuk pembayaran angsuran, karena angsuran sudah otomatis terbayar tiap bulannya.

Tentang KUR (Kredit Usaha Rakyat)

KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan jenis kredit yang diberikan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). KUR ini diberikan untuk UMKM yang feasible alias memiliki potensi untuk berkembang. KUR ini ada karena selama ini UMKM memiliki kesulitan mengakses modal guna pengembangan usaha.

KUR BRI memiliki plafon mencapai Rp 500 juta. Kredit ini memiliki suku bunga sebesar 7% per tahun atau 0,41% per bulan. Kelebihan KUR BRI adalah kredit ini terdiri dari 3 jenis pembiayaan yakni KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. Masing-masing KUR itu memiliki peruntukannya masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Advertisements

KUR Mikro misalnya, plafon maksimalnya 25 juta, untuk memperoleh KUR Mikro ini tidak dibutuhkan barang jaminan apapun. KUR Ritel adalah kredit yang plafonnya mencapai Rp 500 juta. Tapi tentu dibutuhkan jaminan untuk dapat memperoleh kredit ini. Sementara itu, KUR TKI adalah pembiayaan bagi TKI yang hendak berangkat ke negara tujuan. Baca Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI ?? PENGALAMAN SENDIRI

Untuk dapat memperoleh KUR BRI khususnya KUR Mikro, berikut adalah langkah-langkah yang dilalui :

  1. Pastikan usaha yang diajukan KUR termasuk usaha yang produktif. Usaha produktif ini artinya usaha sudah menghasilkan keuntungan dan jika ditambahkan modal, kemungkinan keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.
  2. Pastikan usaha sudah berjalan dalam kurun waktu tertentu. Di BRI, minimal usaha sudah berlangsung selama 6 bulan.
  3. Pastikan Anda sedang tidak menerima kredit serupa dari bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kartu kredit
  4. Persiapkan dokumen yang menjadi persyaratan untuk KUR ini. Untuk KUR BRI, dokumen yang diperlukan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), serta surat ijin usaha, Surat Ijin untuk Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) ataupun surat ijin usaha lain yang setara
  5. Setelah seluruh dokumen dan persyaratan usaha dipenuhi, datangi kantor Bank BRI untuk mengajukan permohonan KUR. Jangan lupa untuk meminta informasi lengkap tentang KUR kepada customer service.
  6. Pemohon kredit akan diminta mengisi formulir permohonan dan melampirkan persyaratan dokumen. Setelah seluruh dokumen itu lengkap, formulir akan diterima dan diproses.
  7. Pihak Bank BRI akan melaksanakan survey pada usaha yang diajukan KUR. Pada saat itu, Bank BRI akan menilai apakah usaha yang diajukan layak didanai KUR atau tida. Jika usaha dinilai layak, maka KUR akan disetujui dan dicairkan.

Kelebihan dari KUR BRI ini adalah suku bunganya yang rendah dan kompetitif. Selain itu persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit ini juga tergolong mudah. Baca Sanksi Plus Denda Keterlambatan Angsuran KUR BRI

Pemrosesan KUR BRI biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu. Ada sanksi denda yang diberlakukan pada debitur yang terlambat membayarkan angsuran bulanan. Denda yang dikenakan adalah sebesar 2% per hari dari jumlah angsuran.

Advertisements
error: Content is protected !!