Cara Membuat Surat Kuasa Peminjaman Uang di Bank BRI

Surat Kuasa Peminjaman Uang di Bank – Sebagaimana yang kita tahu, meminjam uang di Bank, tentu membutuhkan syarat syarat khusus, sesuai aturan yang berlaku di bank tersebut, termasuk saat melakukan pengajuan pinjaman ke bank BRI.

Dan ada kalanya, pada kondisi kondisi tertentu dibutuhkan surat kuasa peminjaman uang dibank BRI yang harus dibuat.

Nah, terkait hal tersebut, kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara membuat surat kuasa peminjaman uang di bank BRI, dan hal terkait lainnya. Langsung saja silahkan disimak berikut ini.

Advertisements
  1. Identitas Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa

Tentunya, nama nama tersebut harus ada, lengkap dan jelas sesuai dengan KTP dalam surat kuasa. Jika perlu, tambahkan biodata lain seperti usia, tempat tanggal lahir, NIK, nomor telepon dan Alamat. Hal ini dapat memudahkan pihak kepolisian melacak apabila nantinya, penerima kabur atau menyalahgunakan surat kuasa.

  1. Pernyataan Kuasa

Pernyataan kuasa juga harus jelas, tidak ambigu dan menggunakan bahasa Indonesia. Harus ada kalimat ksplisit seperti “Saya memberikan kuasa…” atau “Saya mengijinkan saudara dani untuk menggunakan surat kuasa ini sebagai bukti…”. dengan begitu, surat kuasa tidak akan membingungkan dan menimbulkan penafsiran yang berbeda beda dari berbagai pihak. Baca Surat Kuasa Pengambilan BPKB

  1. Kalimat Penutup

Kalimt ini berisi pernyataan bahwa pemberi kuasa menulis surat tersebut dalam keadaan sadar dan tidak terpaksa. Serta menunjukkan bahwa pemberi kuasa siap bertanggung jawab atas penerima kuasa.

  1. Tanggal Pembuatan Surat dan Tanda Tangan

Yang terakhir, kedua belah pihak dan notaris harus menandatangani surat kuasa yang terdapat materainya (materai 6000).

Contoh Surat Kuasa Peminjaman Uang di Bank BRI

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                            : Ahmad Muhlisin

Tempat Tanggal Lahir : Tuban, 11 Januari 1980

Pekerjaan                     : Guru Swasta

Alamat                          : Jalan Hos Cokroaminoto No 88C, Cibinong Bogor

NIK                                : 3123456789

Advertisements

Dengan ini menyatakan, memberikan kuasa kepada :

Nama                            : Tutus Maftuhah, S.E.

Tempat Tanggal Lahir : Surabaya, 07 Juli 1990

Pekerjaan                     : Pegawai Bank

Alamat                          : Jalan Ahmad Yani No 12D, Matraman Jakarta

NIK                                : 3987654321

……………………………………………..KHUSUS…………………………………………….

Untuk dan mengatas namai pemberi kuasa (Ahmad Muhlisin) menjadi peminjam, mengajukan suatu pinjaman (utang) kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Matraman Jakata mengenai urusan peminjaman uang.

Untuk melakukan prosedur dan menghadiri semua proses transaksi di Bank BRI yang berkaitan dengan peminjaman uang dan menghadap kepada instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim-hakim, pejabat-pejabat, petinggi petinggi yang terkait untuk menerima, mengajukan konklusi, meminta persetujuan dokumen, mengajukan, menolak, menerima, maupun menjadi saksi, memberikan keterangan keterangan yang diperlukan, dapat mengadakan perdamaian dengan syarat dari penerima kuasa, menerima uang, meminta penetapan, putusan, eksekusi, termasuk melakukan peneguran dan juga dapat melakukan segala tindakan penting, serta dapat mengerjakan segala pekerjaan yang pada umumnya biasa dilakukan oleh penerima kuasa (wakil/wali) guna kepentingan peminjaman uang di Bank BRI.

Surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar, tanpa suatu paksaan apapun dan dapat saya pertanggungjawabkan. Kuasa ini saya buat dengan memberikan hak retensi serta hal yang mensubtitusi baik sebagian maupun keseluruhan yang saya kuasakan pada penerima kuasa. Baca Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Bogor, 17 Mei 2017

Penerima Kuasa                                                                             Pemberi Kuasa

Tutus Maftuhah, S.E.                                                                 Ahmad Muhlisin

Mengetahui,

Notaris

Risma Puspita Ningrum, S.H.,M.K.n.

Nah itulah tadi ulasan mengenai cara membuat surat kuasa peminjaman uang di bank BRI. Semoga bermanfaat.

Advertisements