Gadai Ijazah Di Pegadaian? Saat Ini Gak Bisa, Ini Lho Gantinya

Uang terus saja beredar dan berkembang tanpa henti. Kebutuhan akan uang atau dana yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kebutuhan rumah tangga juga menjadi salah satu kendala mengapa banyak orang yang melakukan pinjaman ke sana kemari.

Akan lebih sulit jika Anda tidak memiliki aset yang cocok untuk digunakan dalam mencari pinjaman. Alternatif menggadaikan barang pribadi memang masih menjadi idola bagi masyarakat dalam mencari pinjaman uang.

Advertisements

Biasanya masyarakat akan memilih menggadaikan beberapa barang pribadinya berupa aset tak bergerak seperti barang elektronik, perhiasan, kendaraan hingga ijazah sekolah. Namun saat ini, jaminan berupa ijazah sekolah menjadi polemik yang cukup hangat di masyarakat.

Entah itu ijazah sekolah menengah atau pun perguruan tinggi, semuanya sama saja. Lalu bagaimanakah tanggapan pihaknya mengenai gadai ijazah di Pegadaian? saat ini gak bisa, ini gantinya

Jawaban Pegadaian Tentang Menggadaikan Ijazah

Banyak orang yang bertanya – tanya apakah menggadaikan ijazah sekolah untuk mendapatkan pinjaman itu di perbolehkan atau tidak. Untuk menanggapi hal tersebut pihak Pegadaian sendiri memberikan penjelasan tentang larangan penggadaian ijazah karena di nilai terlalu beresiko yaitu

Untuk beberapa lembaga finasial, menggadaikan ijazah untuk mendapatkan pinjama dana bisa di lakukan. Namun Anda harus tahu jika menggadaikan ijazah bukan solusi yang baik karena memiliki resiko yang harus ditanggung kedua belah pihak, mulai dari lembaga finacial ataupun pemilik ijazah. Oleh sebab itu, pegadaian yang termasuk ke dalam daftar BUMN di bidang pembiayaan tidak menerima jaminan berupa ijazah

Cukup jelas bukan ? Lantas apa ganti jaminan berupa ijazah agar Anda bisa mendapatkan dana segar ?

Meminjam Uang Dengan Cepat Dengan Jaminan KTP

Jika Anda memiliki ijazah yang tidak bisa digadaikan untuk mendapat pinjaman maka tentunya Anda masih memiliki KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) yang bisa Anda gunakan sebagai jaminan pengganti ijazah. Namun Anda perlu ingat jika menggunakan KTP sebagai agunan merupakan jenis agunan jangka panjang. Baca Cara Beli Emas di Pegadaian

Jumlah pinjaman yang bisa dicairkan pun cukup sedikit yaitu hanya berkisar dari 1 sampai 5 juta saja. Penjaminan dengan KTP dimaksudkan jika Anda telah dewasa dan tahu hukum negara yang berlaku. Jadi Anda tidak bisa bisa mengajukan pinjaman jika belum memiliki KTP dan lebih baik jika Anda berumur 21 ke atas karena di nilai lebih matang.

Agar Anda bisa memperoleh pinjaman dengan jaminan KTP ada beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi yaitu

  1. Anda harus WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat jatuh tempo
  3. Gaji minimal sebesar 2.000.000/bulan
  4. Jika karyawan, sudah bekerja selama 1 tahun ( minimal ) dan jika pengusaha/profesional sudah bekerja selama 2 tahun
  5. Dokumen administratif : fotocopy kartu identitas KTP, fotocopy slip gaji atau rekening tabungan 3 bulan terakhi, FC NPWP, dan formulir permohonan.

Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

Advertisements

Saat ini, Pegadaian menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan dana yang cepat. Selain itu pemenuhan syarat-syaratnya pun tidak tergolong sulit sesuai dengan jenis pinjaman yang diajukan. Pegadaian pun memiliki peranan yang penting pula untuk para pelaku bisnis UMKM di Indonesia karena mereka akan menyediakan dana untuk pengembangan bisnis.

Selain itu, seseorang menggunakan jasa pegadaian lantaran biaya kebutuhan yang semakin tinggi sehingga tak jarang mereka akan kekurangan dana dalam waktu tertentu. Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman berikut ini merupakan jenis pinjaman di pegadaian dan syarat pengajuannya. Baca Menabung Emas Di Pegadaian

  1. Pinjaman KCA

Pinjaman yang memiliki singkatan kredit cepat dan aman ini merupakan solusi untuk anda yang ingin mendapatkan dana cepat dan aman. Syarat-syarat untuk bisa melakukan pinjaman produk KCA ini meliputi :

  • Fotokopi resmi kartu identitas yang berlaku seperti KTP, SIM dan Paspor
  • Menyerahkan barang jaminan yang berupa emas, kendaraan, ponsel, laptop dan barang elektronik lainnya.
  • Menggunakan BPKP dan STNK asli kendaraan bagi yang akan menyerahkan jaminan dengan BPKP dan STNK.
  • Anda diharuskan untuk menandatangi surat bukti kredit.
  • Dengan Jangka Waktu Peminjaman selama 4 bulan.
  1. Pinjaman Krasida

Disebut juga sebagai kredit angsuran dengan sistem gadai merupakan jenis pinjaman yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM yang akan mengembangkan usahanya. Pinjaman jenis ini bisa dicairkan kurang lebih 1 minggu. Syarat-syarat mengajukan pinjaman Krasida :

  • Fotokopi KTP dan KK
  • Menyertakan surat keterangan usaha dari kelurahan.
  • Membawa jaminan pinjaman.
  • Menyerahkan dokumen kepada pihak pegadaian untuk mengetahui kebenarannya.
  1. Pinjaman Kreasi

Merupakan singkatan dari kredit angsuran sistem fidusia, pinjaman ini pun diperuntukkan untuk pelaku bisnis UMKM. Syarat-syarat mengajukan pinjaman Kreasi:

  • Menyertakan jaminan hanya berupa BPKB Kendaraan.
  • Memiliki usaha yang sudah berumur lebih dari 1 tahun dengan bukti pernyataan dari kecamatan.
  • Uang pinjaman dapat dilunasi kapan saja.
  1. Pinjaman Krista

Pinjaman jenis ini diperuntukkan untuk para wanita yang merupakan wirausahawan yang tergabung dalam sebuah kelompok usaha dengan sistem tanggung renteng. Pinjaman yang diajukkan mulai dari 3-200 juta. Syarat-syarat pengajuannya: Baca Pegadaian Syariah Agunan Sertifikat Rumah

  • Merupakan kelompok usaha minimal terdiri dari 3 orang dan maksimal 5 orang.
  • Usahanya sudah berjalan 6 bulan.
  • Memiliki domisili yang tetap sesuai dengan KK atau KTP
  • Membawa barang jaminan berupa alat rumah tangga.
  1. Pinjaman Kremada

Bagi anda yang ingin memiliki rumah idaman namun belum memiliki dana, jenis pinjaman kremada ini cocok untuk anda. Pinjaman kremada bertujuan untuk memberikan dana renovasi atau pembangunan rumah baru. Syarat mengajukannya adalah:

  • Membawa fotokopi KK dan KTP
  • Mengajukan kredit nasabah
  • Memiliki pengesahan dari pemda setempat.
  • Jumlah pinjamannya berkisar 5-10 juta.

Demikian semoga bisa di pahami dan di mengerti bagi banyak nasabah pegadaian .

Advertisements
error: Content is protected !!