Ini Kisaran Denda Telat Bayar Cicilan Motor di BAF

Bussan Auto Finance (BAF) adalah perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor. Layanan kredit motro di BAF cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Nah, apakah Anda salah satunya? Sama seperti perusahaan pemberi kredit motor pada umumnya, BAF mengenakan biaya denda pada debiturnya yang telah membayar cicilan motor. Berapakah kisaran denda telat bayar cicilan motor di BAF?

Kisaran denda telat bayar cicilan motor per hari di BAF adalah sebesar 0,5% per hari dari total angsuran. Jadi, bagaimana maksud persentase itu? Untuk lebih jelasnya, kita akan melakukan simulasi perhitungan denda bayar cicilan motor di BAF.

Advertisements

Jadi, semisal Pak Amri sudah telat membayar cicilan motor di BAF selama 10 hari. Jumlah angsuran Pak Amri per bulannya adalah Rp. 1 juta. Ketika denda yang dikenakan adalah sebesar 0,5% per harinya, jumlah denda yang harus dibayarkan Pak Amri adalah Rp. 50.000

Angka tersebut diperoleh dari perhitungan ini :

Denda = (Besar denda : 100) x Jumlah angsuran x jumlah hari telat bayar

= (0,5% : 100) x Rp. 1.000.000 x 10

= Rp. 50.000

            Itulah informasi kisaran denda jika telat bayar cicilan motor di BAF. Perlu diingat bahwa semakin lama telat bayar cicilan motor, maka semakin besar pula denda yang ditanggungkan kepada debitur.

Untuk menghindari telat bayar karena lupa, debitur di BAF dapat menggunakan fitur pembayaran secara autodebet di bank. Dengan fitur autodebet ini, debitur bisa mengatur tanggal pembayaran cicilan, jumlah pembayaran cicilan dan kepada siapa cicilan itu ditujukan. Dengan begitu, cicilan akan terbayarkan secara otomatis setiap bulannya.

Kadang, memang ada kondisi dimana debitur tidak dapat membayar cicilan secara tepat waktu. Namun, ketika memang tidak dapat membayar secara tepat waktu, usahakan untuk menghubungi pihak kreditur. Menginformasikan masalah terkait pembayaran cicilan pada kreditur dapat menghindarkan dari penarikan motor. Baca Denda Angsuran Sinarmas Kisaran Berapa Persen Ya

Jika sudah terjadi penarikan motor oleh debt collector, biasanya debitur akan mengalami banyak kerugian. Sebab, debitur diharuskan menebus motor dengan sejumlah uang yang tentu tidak sedikit. Apabila motor itu tidak ditebus, maka motor akan dilelang. Jika sudah begitu, maka uang yang selama ini dicicil selama rutin akan melayang.

Advertisements

Sebelum terjadi penarikan motor, ada serangkaian prosedur yang dijalankan oleh pihak pembiayaan, yakni :

  1. Menelepon debitur dan mengingatkan keterlambatan pembayaran cicilan motor. Debitur biasanya akan ditelepon ketika terlambat membayar cicilan dalam kurun waktu harian.
  2. Mengunjungi debitur ke alamat rumah. Pihak kreditur akan mengirimkan petugasnya ke alamat rumah debitur. Jika debitur kooperatif dan memiliki alasan yang masuk akal atas keterlambatannya, maka pihak kreditur akan memberi waktu tenggang pembayaran.
  3. Penarikan motor. Hal ini dilakukan ketika penunggakan sudah mencapai 2 bulan.

Tentang BAF

BAF merupakan perusahaan multifinance yang melayani berbagai jenis kredit di Indonesia. Jenis kredit yang dimiliki oleh BAF adalah kredit kendaraan bermotor, barang elektronik, furnitur, hingga pinjaman dana tunai syariah. Jangka waktu peminjaman yang disediakan adalah 3 – 36 bulan. Suku bunga yang dikenakan BAF bervariasi, yakni mulai dari 1,5% per bulan.

Salah satu kelebihan BAF adalah syarat pengajuan kreditnya yang mudah. Saat permohonan kredit, Anda hanya perlu membawa KTP saja. Syarat lain yang ditetapkan bagi pemohon kredit di BAF adalah umur. Seseorang dapat mengajukan kredit di BAF ketika sudah berumur minimal 21 tahun atau maksimal 60 tahun.

Berikut adalah contoh simulasi kredit elektronik di BAF. Semisal, barang elektronik yang dibiayai adalah TV seharga Rp 3 juta, bunga yang dikenakan adalah 1,5% per bulan. Jangka waktu pengembalian pinjaman adalah 12 bulan. Maka total pinjaman (setelah ditambah bunga) adalah Rp.3.450.000. Dengan begitu, jumlah cicilan per bulannya adalah Rp.287.500. Baca Berapakah Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto Per Hari

BAF juga memiliki aplikasi mobile bagi nasabahnya. Aplikasi ini dinamain dengan “BAF Mobile” dan dapat diunduh di Playstore. Di BAF Mobile ini, nasabah serta masyarakat luas dapat mengetahui informasi mengenai pembiayaan yang ditawarkan BAF, mengajukan kredit di BAF, serta menikmati berbagai promosi menarik dari BAF.

Advertisements
error: Content is protected !!