Ini, Loh Kisaran Lama Pencairan KUR BRI Setelah Survey 2018

Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disingkat KUR adalah salah satu terobosan baru yang ditawarkan oleh bank BRI dalam rangka merespon program pemerintah yaitu berupa pinjaman modal usaha, guna membantu para pelaku usaha.

Nah, KUR BRI ini akan memberikan 100% modal yang diajukan oleh nasabah, dan dengan demikian secara tidak langsung program ini telah ikut membantu menggerakkan sektor bisnis di Indonesia supaya dapat lebih maju dan berkembang.

Nah, apabila anda termasuk pihak yang tertarik mengajukan KUR BRI, pastinya akan timbul pertanyaan, kira-kira berapa lama sih pencairan dana KUR BRI setelah di survei ?

Advertisements

Nah, daripada anda penasaran, simak baik-baik penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Inilah Kisaran Lama Pencairan Dana KUR BRI Setelah Survey

Survey merupakan tahap akhir yang harus anda lewati ketika ingin memperoleh tambahan modal usaha dari KUR BRI. Penilaian akhir petugas bank saat melakukan survey lah yang akan memberikan anda jawaban apakah pengajuan anda disetujui atau tidak.

Lantas, setelah survey dilakukan berapa lama anda harus menunggu sampai memperoleh konfirmasi bahwa dana KUR BRI dapat dicairkan? Baca Surat Kuasa Jaminan Sertifikat Tanah

Jawabannya adalah kisaran 7 sampai 14 hari baru dana tersebut bisa cair. Kendati demikian ada juga yang sampai 1 bulan karena berbagai kendala yang terjadi pada sistem BRI sendiri, seperti permintaan untuk KUR terlalu banyak, uang untuk KUR sedang limit, uji kelayakan usaha yang diajukan nasabah belum memperoleh hasil akhir dan lain sebagainya.

Kendala yang lainnya adalah karena proses analisa harus break sementara diakibatkan sedang tanggal merah atau hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal dan lain sebagainya. Sehingga pencairan dana pun semakin lambat untuk diterima.

Nah, saran dari kami, sebaiknya ajukan pada hari-hari kerja saja dan jangan mendekati hari libur nasional, kemudian dokumen yang diperlukan jangan sampai tidak lengkap, serta yang paling penting, saat survey sedang berjalan buatlah petugas survey tersebut terkesan pada anda, sehingga mereka akan merekomendasikan bahwa permintaan anda lah yang harus cepat diproses.

Apabila ternyata sampai 1 bulan lebih dana belum juga anda terima, sebaiknya kunjungi segera cabang BRI di mana anda mengajukan KUR, tanyakan pada customer service kenapa request KUR anda tak kunjung juga cair.

Advertisements

Ketentuan dan Syarat Kredit

  • KUR Mikro Bank BRI

Besar kredit yang dapat disalurkan untuk nasabah yang mengajukan KUR Mikro bank BRI adalah maksimal sebesar Rp.25.000.000 per debitur.  Jenis kreditnya terbagi menjadi 2 macam yaitu : Baca Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain

  • Kredit Modal Kerja atau yang biasa disingkat KMK dengan jangka waktu maksimal adalah 3 tahun.
  • Kredit Investasi atau yang biasa disingkat KI dengan jangka waktu maksimal adalah 5 tahun.

Suku bunga yang ditetapkan adalah 7% per tahunnya. Dan tidak ada pungutan baik itu untuk biaya provinsi maupun biaya administrasi.

  • KUR Kecil Bank BRI

Sebelum berganti nama menjadi KUR Kecil pada tahun 2018, jenis KUR yang satu ini tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan sebutan KUR Ritel Bank BRI.

Besar kredit yang dapat diberikan bagi nasabah yang mengajukan KUR Kecil adalah minimal RP. 25.000.000 dan maksimal sampai dengan Rp. 500.000.000

Sama seperti KUR Mikro, jenis kredit untuk KUR kecil pun terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu maksimalnya adalah 4 tahun.
  • Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu maksimalnya adalah 5 tahun.

Sementara itu suku bunga yang ditetapkan adalah 7% efektif per tahunnya,serta tidak ada pengenaan biaya provinsi maupun biaya administrasi. Kebijakan mengenai agunan yang diberikan disesuaikan dengan ketentuan bank juga kisaran modal yang ingin didapatkan oleh nasabah.

  • KUR TKI Bank BRI

Jumlah besar kredit yang dapat diberikan adalah maksimal Rp. 25.000.000 atau di sesuaikan dengan cost structure yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Suku bunga yang dikenakan sama seperti 2 jenis KUR sebelumnya yaitu 7% efektif per tahun. Tidak ada pungutan biaya provinsi dan administrasi serta jangka waktu maksimal yang diberikan adalah 3 tahun atau disesuaikan dengan kontrak kerja yang telah ditentukan. Baca Pencairan KUR Bank Mandiri

Nah, untuk tujuan Negara penempatan harus ada di 7 negara berikut :

  • Malaysia
  • Brunei
  • Taiwan
  • Jepang
  • Korea Selatan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai kisaran atau lama waktu pencairan dana KUR BRI setelah survey . Kami doakan pengajuan KUR anda bisa cepat cair dan usaha yang sedang anda jalankan dapat semakin sukses.

Advertisements