Jual Perhiasan Emas Dan Logam Mulia di Pegadaian Bisa Tidak Ya?

Emas Dan logam mulia merupakan barang berharga yang tidak bisa kadaluwarsa. Banyak orang yang memilih emas untuk berinvestasi. Harga emas sendiri tiap tahun pasti mengalami kenaikan. Jadi sangat pas bila emas sering dijadikan sebagai barang investasi. Kemudian muncul lah pertanyaan jual perhiasan emas di pegadaian bisa tidak ya? Jawabannya pun beragam.

Membahas tentang gadai emas memang lah sangat menarik. Masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan kegiatan gadai emas di tempat pegadaian.

Advertisements

Mereka menggadaikan emasnya di pegadaian resmi milik pemerintah atau pun swasta. Namun sebagai saran, jika ingin menggadaikan barang dengan bunga rendah bisa memilih pegadaian resmi milik pemerintah atau berbasis syariah.

Bisakah Menjual Perhiasan Emas di Pegadaian?

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang sistem gadai emas di pegadaian. Ada juga yang bertanya bisakah menjual perhiasan emas di pegadaian? Perhiasan emas memang nilainya bisa naik dan bisa turun tergantung pada kadar emas yang dipakai. Jika pada saat anda membelinya dulu dengan harga tinggi kemudian pada saat dijual harganya menjadi turun, itu bisa disebabkan berkurangnya kadar emas.

Memang terdengar aneh jika ada kadar emas yang berkurang. Tetapi itu bisa saja terjadi jika dulunya anda membeli perhiasan emas di tempat yang kurang terpercaya, hanya mengejar harga beli yang murah.

Akibatnya setelah beberapa tahun, kadar emas pada perhiasan anda menjadi berkurang karena memang kurangnya kualitas. Lalu untuk menjawab pertanyaan di atas tentu sangat mudah.

Menjual perhiasan emas di pegadaian tentu tidak bisa. Pegadaian hanya bisa melayani pembelian dan menggadai saja. Pembelian di sini seperti ada barang yang digadai tidak bisa ditebus sang pemilik sehingga pihak pegadaian melelangnya kemudian menjualnya.

Tetapi untuk melayani penjualan emas tentu pegadaian tidak memiliki wewenang tersebut. Hal tersebut sudah dijelaskan seperti di atas, kadar emas pada perhiasan bisa saja berkurang bila anda membelinya di tempat yang kualitasnya memang kurang baik.

Anda bisa menjual emas di pegadaian apabila itu emas batangan milik ANTAM. Itu pun tidak sembarangan anda bisa menjualnya, apabila emas tersebut ada kerusakan atau hal lainnya yang bisa membuat harganya turun, pihak pegadaian tidak akan membeli emas batangan yang anda tawarkan. Jadi, menjual perhiasan emas di pegadaian itu jawabannya adalah tidak bisa.

Terkecuali anda menjual emas di pegadaian tidak resmi atau milik perorangan. Mungkin pegadaian tersebut bisa dan mau membeli perhiasan emas yang anda tawarkan. Menjawab pertanyaan tentang jual perhiasan emas di pegadaian bisa tidak ya?

Tentu sangatlah mudah untuk dijawab. Emas yang bisa dijual oleh pegadaian resmi hanyalah emas batangan dan itu pun akan hanya diharga 97% saja dari harga jual. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan anda. Baca Beli Emas di Pegadaian

Advertisements

Harga Jual Logam Mulia di Pegadaian Malah Murah atau Mahal?

Ketika anda membutuhkan uang dalam waktu yang relatif singkat dan anda memiliki agunan seperti logam mulia di rumah, maka anda bisa membawanya ke Pegadaian.

Tetapi sebelum mengetahui harga jual logam mulia di Pegadaian, ada baiknya anda mengenal dulu logam mulia seperti apa yang anda punya. Ada dua jenis logam mulia yaitu logam mulia cap antam atau logam mulia usb.

Ketika di cek harga logam mulia di situ sresmi milik Pegadaian hari ini, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Logam mulia Antam per 1 gram seharga Rp. 646.000.
2. Logam mulia Usb per 1 gram seharga Rp. 644.000

Jadi apabila yang anda miliki adalah logam mulia Antam dan anda jual hari ini maka anda bisa mendapatkan untung. Harga logam mulia memang naik turun antara Rp. 500.000 dan Rp. 600.000. Setelah dilakukan pengecekan informasi yang dikeluarkan oleh Pegadaian tertanggal 10 juni 2018 hari ini, maka harga logam mulia stabil seperti di atas.

Logam mulia memang jarang dimiliki oleh orang-orang  dari pada emas. Mereka lebih memilih emas karena selain harga jual yang setiap hari semakin naik, emas juga bisa digunakan untuk berhias dan sebagai unjuk atas status sosial tertentu.

Adapun kelebihan dan kekurangan antara emas dan logam mulia adalah sebagai berikut:

Emas.

Kelebihannya:

1. Emas memiliki nilai estetika tersendiri bagi seseorang. Karena itulah emas menjadi sangat di gemari di kalangan perempuan.
2. Emas tidak terlalu repot untuk disimpan. Orang-orang lebih sering menggunakannya ke acara-acara dari pada menyimpannya saja di rumah.
3. Emas juga sangat fleksibel karena bentuknya mudah di bawa kemana-mana dan mudah untuk di pindah tangankan.
4. Emas sangat mudah diperoleh, karena hampir di setiap tempat di temukan toko emas.

– Kekurangannya:

1. Kenaikan nilai emas itu sendiri nyatanya tidak bisa menutupi inflasi yang terjadi. Baca Gadai Emas di Pegadaian

Logam Mulia.

– Kelebihannya:

1. Kenaikan nilai dari logam mulia bisa melebihi inflasi.
2. Logam mulia memiliki standar nilai, karena memiliki nomor dan tanggal produksi beserta dengan sertifikatnya.

– Kekurangannya:

1. Bila jumlah logam mulia ini sudah banyak, maka akan repot untuk menyimpannya.
2. Logam mulia juga kurang mudah untuk di peroleh, karena tidak semua toko emas menjualnya.

Alangkah lebih baik bila membeli logam mulia di toko emas yang besar dan sudah lama berdiri atau langsung membelinya di PT. Logam Mulia yang merupakan anak dari perusahaan PT. Antam (Aneka Tambang)

Ketika anda ingin mengetahui harga jual logam mulia di Pegadaian, maka sangat disarankan untuk mengecek harganya terlebih dahulu di situs resmi milik Pegadaian. Situs ini bisa diakses kapan saja di internet.Harga tersebut sudah terjamin karena dikelola oleh pihak Pegadaian secara langsung dan bisa dibuka untuk melihat kenaikan harga jual beli logam mulia setiap harinya.

Advertisements
error: Content is protected !!