Lengkapi Berkas Ini Sebelum Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua

Salah satu cara menyelesaikan masalah finansial yakni melalui pegadaian. Anda bisa mengajukan pinjaman dana dengan jaminan asset berharga yang Anda miliki.

Namun, jika kasusnya saat ini Anda tidak memiliki asset berharga untuk digadaikan  dan hanya memiliki sertifikat tanah atas nama orang tua, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan sertifikat tersebut.

Menggadaikan sertifikat rumah atas nama orang lain memang memang bisa dilakukan, termasuk saat anda ingin menggadaikan sertifikat rumah milik orang tua.

Advertisements

Namun, ada beberapa hal/persyaratan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Nah, berikut adalah beberapa berkas yang wajib Anda persiapkan:

Beberapa Syarat Wajib Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua

  1. Surat Perjanjian yang Ditandatangani Orang Tua

Jika Anda ingin menggunakan sertifikat atas nama orang tua untuk digadaikan, maka persiapkan surat perjanjiannya terlebih dahulu. Dalam hal ini tentunya kedua orang tua Anda atau salah satunya masih hidup. Baca Meminjam Uang Agunan Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Buatlah surat perjanjian yang menyatakan bahwa kedua orang tua Anda mengizinkan atau memberikan kuasa untuk menjadikan sertifikat rumah sebagai jaminan. Jika surat ini telah disetujui, maka pegadaian akan menerima pengajuan pinjaman Anda.

Namun, jika orang tua Anda tidak memberikan tanda tangannya atau tidak menyetujui perjanjian tersebut, maka pihak pegadaian akan menolak pengajuan pinjaman yang Anda ajukan.

Bagaimana dengan orang tuanya yang sudah meninggal? Nah, jika kedua orang tua Anda sudah meninggal, Anda bisa mengurus dokumen balik nama dari nama orang tua Anda menjadi nama Anda sendiri.

Advertisements
  1. Dokumen Pendukung Lainnya

Setelah Anda memiliki surat perjanjian yang telah disetujui oleh kedua orang tua Anda, selanjutnya siapkan dokumen penting lainnya seperti:

  • Sertifikat rumah. Anda perlu menyiapkan sertifikat rumah baik asli maupun salinan (fotocopy). Hal ini berguna sebagai bukti bahwa Anda sertifikat rumah yang ingin digadai asli bukan penipuan.
  • Kuitansi Lunas PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Sertakan pula bukti pembayaran lunas PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) sesuai besarnya tanggungan. Hal ini untuk membuktikan bahwa rumah yang ingin Anda gadai dalam kondisi sehat atau tidak mengalami masalah dalam pembayaran.
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk). Dokumen penting lainnya adalah KTP. Siapkan KTP milik Anda sendiri dan milik penjamin yaitu KTP orang tua Anda sebagai pemilik sertifikat rumah tersebut.
  • KK (Kartu Keluarga). Kartu keluarga sangat penting untuk menunjukkan hubungan keluarga antara Anda dengan orang tua Anda yang memiliki sertifikat rumah tersebut sebagai penjamin.
  • Surat Nikah (Jika Sudah Menikah). Jika Anda sudah menikah, siapkan pula surat nikah Anda sebagai dokumen pendukungnya. Namun jika belum, abaikan persyaratan ini.

Setelah menyiapkan berkas-berkas penting di atas, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman ke pegadaian dengan menggunakan sertifikat rumah milik orang tua sebagai jaminannya. Baca Pinjaman Multiguna Bank Mandiri

Apabila disetujui, maka Anda perlu datang ke pegadaian bersama orang tua Anda untuk menandatangani pencairan dana yang dipinjam.

Advertisements