Melihat Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian Sama-Sama Menguntungkan

Emas Antam maupun pegadaian menjadi produk investasi yang dianggap menguntungkan dan paling mudah selain investasi saham, reksadana maupun properti. Namun, bagi calon investor emas pemula, terkadang sering kebingungan ketika hendak memilih antara emas Antam atau emas pegadaian. Padahal harga emas Antam VS emas pegadaian sama-sama menguntungkan dan tidak berbeda jauh.

Produk emas yang ditawarkan oleh kedua perusahaan ini sama-sama  bisa langsung dicairkan dan harganya cenderung selalu naik tidak fluktuatif seperti saham.

Modal yang Anda butuhkan untuk berinvestasi emas juga tidak terlalu besar layaknya produk investasi lainnya seperti properti maupun saham. Lalu, mau pilih yang mana emas Antam atau emas pegadaian?

Advertisements

Plus Minus Emas Antam VS Emas Pegadaian

Baik harga emas pegadaian maupun emas Antam selalu mengalami perubahan setiap hari. Bila diamati, harga emas di Antam ternyata lebih rendah daripada harga emas pegadaian. Hal ini bisa dimengerti mengingat pegadaian mengambil produk emasnya dari Antam. Sehingga ada margin tambahan yang dijadikan keuntungan bagi pegadaian.

Meski demikian, produk investasi emas di pegadaian tetap diminati oleh masyarakat. Kemudahan pembelian secara kredit, menyediakan produk emas bersertifikasi dan jarang ada antrean merupakan beberapa sebab mengapa emas pegadaian lebih disukai oleh masyarakat awam.

Pegadaian juga menawarkan produk emas Pegadaian Syariah sehingga masyarakat bisa membeli sesuai dengan keyakinan mereka.

Ketika membeli emas langsung di kantor Antam, tak jarang Anda harus menghadapi antrean panjang. Pembelian emas di Antam juga harus secara tunai, bahkan terkadang kita batal membeli emas karena kuota emas sudah habis pada hari tersebut.Adapun kedua tempat tersebut tetap memiliki plus dan minus dalam hal pelayanan investasi emas.

Pembelian emas di Antam sering antre karena lembaga ini menerapkan proses pembelian emas yang mudah. Sepanjang konsumen memiliki dana yang mencukupi, emas pun bisa langsung dibeli. Sedangkan proses pembelian emas di pegadaian terkadang melibatkan adanya biaya administrasi yang ditambahkan pada saat pembayaran sehingga harganya sedikit lebih mahal.

Kekurangan dari Antam adalah gerai yang terbatas. Tidak seperti pegadaian yang membuka cabangnya hampir di seluruh kabupaten di Indonesia. Gerai Antam terbatas sehingga sedikit menyulitkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pelosok jika ingin membeli emas langsung. Gerai Antam seringkali hanya tersedia di kota-kota besar seperti di kawasan Jakarta.

Selain harga, kelengkapan dokumen juga perlu diperhatikan ketika membeli emas baik di Antam maupun di pegadaian.

Dokumen pembelian seperti sertifikat dan kuitansi pembelian emas dibutuhkan jika di kemudian hari Anda hendak menjual emas tersebut. Pastikan bahwa petugas sudah menyertakan semua dokumen tersebut ketika membeli emas baik di Antam maupun pegadaian.

Baik harga emas Antam VS emas pegadaian sama-sama menguntungkan sepanjang Anda mengikuti harga emas terkini di masing-masing situs resmi perusahaan tersebut. Dengan mengikuti harga emas terkini, Anda bisa memutuskan kapan harus membeli atau kapan harus menjual emas demi meraup keuntungan.

Advertisements

Cara investasi emas antam di Pegadaian

Pegadaian telah meluncurkan layanan baru dengan nama Investasi EmasAntam. Dengan adanya layanan investasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam berinvestasi emasantam.

Fasilitas yang diberikan berupa pembelian atau penjualan emas dan juga penitipan emas dengan list harga yang terjangkau bagi masyarakat umum. investasi emas antam dari pegadaian membuka peluang siapa saja untuk bisa berinvestasi emas antam secara kredit.

Apa sih keunggulan investasi emas antam di pegadaian ini?

Tabung emas atau investasi emas antam di pegadaian memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  • Terhindar dari laju inflasi karena harga emas akan mengikuti pergerakan inflasi itu sendiri
  • Metode pembayaran secara cash dan kredit
  • Pegadaian merupakan tempat yang kredibel untuk melakukan jasa pembelian atau penjualan emas antam sehingga tidak perlu khawatir akan kena tipu
  • Emas antam yang dikeluarkan dari pegadaian memiliki sertifikat yang sah
  • Pelayanan yang ramah, sopan dan profesional

Itu tadi keunggulan dari investasi emas antam di pegadaian, pasti sekarang anda bertanya bagaimana cara investasi emas antam di pegadaian itu? Baiklah mari kita bahas cara mudah investasi emas antam

  1. Siapkan foto copy identitas diri bisa (KTP, Passpor, atau SIM), dan fotocopy kartu keluarga. 2 berkas ini digunakan sebagai syarat investasi emas antam di pegadaian.
  2. Mengisiformuliruntuk mulai investasi emas antam di pegadaian dan membayar 10 ribu rupiah untuk uang administrasi pendaftaran
  3. Selanjutnya anda boleh menentukan berapa besaran emas antam yang ingin di investasikan mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram sampai 1 kilo emas
  4. Memilih metode pembayaran bisa cash atau kredit.

Jika pembeli membayar secara cash tinggal membayar sesuai dengan harga emas antam yang sudah ditentukan pihak pegadaian dan nanti emas antam dan sertifikatnya akan di berikan 2 minggu setelah proses pembayaran namun apabila pembeli menghendaki kredit bisa menentukan bagaimana pola pembayaran angsurannya sesuai dengan mekanisme dari pegadaian.

Pembiayaan Cara investasi emas antam di pegadaian secara kredit

Umum

Jenis logam mulia emas antam dan UBS atau pegadaian. Jangka waktu pembayaran 3 sampai 36 bulan dengan uang muka 15%.

Untuk metode pembayaran secara kredit logam mulia dapat diambil setelah melunasi angsuran. Biaya administrasi untuk metode kredit secara umum ini sebesar Rp. 50.000 .Baca Syarat Pinjam Uang 10 Juta

Kolektif 

Jenis logam mulianya sama dengan umum, dalam metode ini minimal orang yang terlibat adalah 6 orang, dengan uang muka sebesar 10%, logam mulia nantinya bisa diambil setelah masing-masing anggota melunasi angsuran mereka. Biaya administrasi Rp.50.000 untuk masing-masing anggota

Arisan

Metode ini memerlukan sedikitnya 6 anggota dan maksimal 36 anggota dengan uang muka yang harus dibayar sebesar 10% dan 15%.

Pengambilan logam mulia akan dilayani 1 keping per bulannya, untuk uang muka 10% pengambilan setelah angsuran ke-2 sedangkan untuk uang muka 15% setelah angsuran ke-1.

Advertisements