Sanksi Plus Denda Keterlambatan Angsuran KUR BRI

Angsuran KUR BRI – BRI memiliki produk Kredit Usaha Rakyat dengan plafon mencapai Rp 500 juta. Kredit ini diberikan pada usaha mikro, kecil dan koperasi yang menjalankan bisnis produktif. Saat melakukan kredit, ada kalanya terlambat membayar angsuran. Bagaimana kira-kira sanksi dan denda keterlambatan angsuran pada KUR BRI ini?

Sanksi yang dikenakan pada keterlambatan angsuran KUR BRI berupa denda keterlambatan. Artinya nasabah harus membayarkan sejumlah uang selain cicilan pokok. Di KUR BRI, nasabah yang terlambat membayar cicilan dikenakan denda sebesar 2% diatas suku bunga yang berlaku (per bulan) serta denda keterlambatan per hari sebesar Rp.20.000.

Advertisements

Cara Menghitung Denda Keterlambatan Angsuran Kredit

Jadi seumpama, Pak Andi telat membayar cicilan selama 5 hari. Cicilan pokok per bulan Pak Andi adalah Rp.200.000 dan cicilan bunga per bulan Pak Andi adalah Rp.70.000. Maka denda yang harus dibayarkan oleh Pak Andi adalah sebagai berikut :

Denda cicilan pokok = (2%/30) x Rp.200.000 x 5 = Rp.666,67

Denda cicilan bunga = (2%/30) x Rp.70.000 x 5 = Rp.233,3

Biaya Keterlambatan = Rp.20.000 x 5 = Rp.100.000

Jumlah yang Dibayarkan       = cicilan pokok + denda + biaya keterlambatan

= Rp.270.000 + Rp.900 + Rp.100.000

= Rp.370.900

Jadi jumlah cicilan yang dibayarkan oleh Pak Andi adalah sebesar Rp.370.900. Itulah simulasi penghitungan denda keterlambatan angsuran kredit. Pada simulasi tersebut, digunakan jumlah cicilan kredit yang relatif kecil, namun apabila semakin besar cicilan kredit maka semakin banyak juga denda yang harus dibayarkan.

Denda merupakan konsekuensi yang tidak mengenakkan, entah seberapa kecil pun nominalnya. Karenanya, untuk menghindari keterlambatan angsuran KUR BRI, nasabah dapat menggunakan fitur Automatic Fund Transfer (AFT).

AFT ini merupakan fasilitas transfer secara otomatis untuk menarik dana angsuran dari rekening nasabah. Dengan AFT, nasabah dapat menentukan nominal angsuran yang akan ditarik tiap bulannya serta waktu penarikan. Baca Proses Pinjaman KUR BRI, dari Survey, Syarat dan Estimasi Dana Bisa Dicairkan

Advertisements

Tentang KUR BRI

KUR BRI dapat menjadi pilihan bagi pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha. Kenapa? KUR BRI menetapkan bunga yang cukup rendah. Bunga yang dikenakan adalah sebesar 7% per tahun atau 0,41% per bulan. Selain itu, di KUR BRI dibagi lagi menjadi 3 jenis kredit yang memenuhi beberapa kebutuhan yang berbeda.

  1. KUR Mikro BANK BRI

Besar pinjaman yang diberikan di KUR Mikro maksimal adalah sebesar Rp 25 juta per debitur. Kredit ini dapat diberlakukan sebagai Kredit Modal Kerja (KMK) yang harus dikembalikan dalam jangka waktu maksimal 3 tahun.

Namun jika digunakan untuk investasi alias Kredit Investasi (KI), maka pinjaman dapat dikembalikan dalam jangka waktu maksimal 5  tahun. Suku bunga yang dikenakan di KUR Mikro adalah 7% bunga efektif per tahun atau 0.41% flat per bulan. Kelebihan KUR Mikro Bank BRI adalah tidak ada pemungutan biaya provisi dan administrasi.

  1. KUR Ritel BANK BRI

Pada jenis kedua, yakni KUR Ritel, besar pinjaman yang disediakan lebih banyak dari yang pertama yakni > Rp 25 juta – Rp 500 juta. Apabila kredit yang diberikan merupakan jenis  Kredit Modal Kerja (KMK), maka pinjaman dapat dikembalikan dalam jangka waktu mencapai 4 tahun. Jika berupa Kredit Investasi (KI) maka pinjaman dapat dikembalikan sampai jangka waktu 5 tahun.

Besar suku bunga yang dikenakan pada KUR ini juga 7% bunga efektif per tahunnya. Pada KUR ini tidak dipungut biaya provisi dan administrasi. Namun, kredit ini membutuhkan agunan, mengingat besarnya nominal pinjaman yang diberikan. Baca Cara Membuat Surat Kuasa Peminjaman Uang di Bank BRI

  1. KUR TKI BANK BRI

Seperti namanya, kredit ini ditujukan untuk TKI dan digunakan untuk pembiayaan kerja. Besar kredit yang diberikan mencapai Rp 25 juta atau disesuaikan dengan cost structure yang ditetapkan pemerintah. Suku bunganya sebesar 7% bunga efektif per tahun.

Kredit ini dapat dikembalikan dalam waktu 3 tahun atau sesuai kontrak kerja TKI yang bersangkutan. KUR TKI Bank BRI melayani TKI dengan tujuan negara penempatan seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, Brunei, Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia.

Advertisements
error: Content is protected !!