Syarat Pinjam Uang 10 Juta di Bank, Hitung Kisaran Bunganya

Pinjam Uang 10 Juta  – Mengajukan pinjaman uang di bank menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan finansial yang tidak stabil.

Dan setiap bank tentunya memiliki syarat yang berbeda dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat, baik dalam jumlah pinjaman maupun beban bunganya.

Namun, secara umum persyaratan peminjaman uang antar bank tidak jauh berbeda. Berikut ini syarat meminjam uang di bank senilai 10 juta rupiah dan estimasi bunganya.

Syarat Peminjaman Uang di Bank dan Kisaran Bunganya

  1. Mempunyai Rekening Tabungan dan Identitas Diri

Syarat pertama jika Anda ingin mengajukan pinjaman di bank adalah memiliki rekening tabungan sendiri.

Selain memiliki rekening tabungan, Anda juga perlu menyiapkan dokumen identitas diri seperti KTP, KK, Kartu Nikah (jika sudah menikah), fotokopi slip gaji, dan dokumen lain yang diminta pihak bank.

  1. Membayar Beban Bunga sekitar 20% bukan 0.99%

Banyak orang terkadang tergiur dengan penawaran beban bunga sebesar 0.99%. Padahal sebenarnya perhitungan bunga dalam KTA dilakukan secara flat atau tetap.

Artinya meskipun setiap bulannya pinjaman pokok berkurang, akan tetapi bunga yang harus dibayarkan tidak berkurang alias tetap.

Nilai dari beban bunga flat ini adalah sekitar 21% – 24% per tahun atau setara dengan 2% per bulan, bukan 0.99%. Jika Anda meminjam uang di bank sebanyak 10 juta, maka beban bunga yang harus Anda bayar per bulannya adalah sekitar Rp 200.000,00. Baca Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan

  1. Membayar Denda Keterlambatan sebesar 2% – 5%

Apabila Anda mengalami keterlambatan pembayaran cicilan, maka akan dikenakan biaya tambahan keterlambatan yaitu sekitar 2% – 5%.

Denda ketrelambatan ini dihitung dari sisa pokok pinjaman Anda. Artinya Anda harus membayar cicilan pinjaman, bunga berjalan, dan denda keterlambatan pada bulan tersebut.

  1. Membayar Denda apabila Melunasi Pinjaman Lebih Awal

Selain menerapkan denda keterlambatan pengembalian, pihak bank juga menetapkan denda apabila peminjam melunasi pinjamannya lebih cepat dari kesepakatan.

Hal ini dikarenakan, pinjaman yang dilunasi lebih cepat, akan merugikan pihak bank karena bank kehilangan penerimaan beban bunga yang seharusnya masih dibayarkan peminjam. Denda pengembalian lebih awal ini sebesar 5% dari pinjaman pokok.

Artinya jika Anda meminjam uang 10 juta rupiah dengan cicilan selama 12 bulan, namun Anda melunasinya di bulan ke 10, maka akan dikenakan denda 5% dari 10 juta rupiah yaitu Rp 500.000,00.

  1. Bersedia dikenakan Biaya Provisi

Jika Anda meminjam uang di bank, maka Anda harus bersedia dikenakan biaya provisi yang besarnya mulai dari 1.5% – 3.5%.

Sehingga apabila Anda meminjam uang 10 juta di bank, maka akan dipotong dengan biaya provisi sebesar Rp 150.000,00 – Rp 350.000,00. Artinya jumlah uang yang akan masuk ke rekening peminjam sebesar Rp 9.650.000,00 – Rp 9.850.000,00. Baca KTA Karyawan Kontrak

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebagai syarat meminjam uang di bank dan contoh perhitungan bunga jika meminjam uang sebesar 10 juta rupiah serta kisaran bunganya.