Syarat Prosedur dan Sistem Gadai Emas di Pegadaian 2018

Gadai emas merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang-orang menggadai emas untuk menambah modal usaha atau pun untuk memenuhi kebutuhan hidup. Syarat prosedur dan sistem gadai emasi di pegadaian tentu saja harus anda perhatikan supaya nanti proses pencairan dana bisa cepat dan lancar.

Bagi anda yang ingin menggadaikan emas di pegadaian, tentu saja ada beberapa persyaratan yang wajib untuk diikuti. Syarat-syarat tersebut untuk menunjang supaya proses pencairan dana cepat. Untuk itu anda bisa perhatikan beberapa syaratnya di bawah ini.

Syarat  Gadai Emas di Pegadaian

Menggadaikan barang seperti emas di pegadaian memang merupakan jalan alternative terbaik untuk mendapatkan tambahan dana.

Advertisements

Entah itu dana untuk tambahan modal usaha maupun dana untuk memenuhi kebutuhan. Bagi yang tertarik menggadaikan emas di pegadaian, berikut ini ada beberapa persyaratan yang bisa anda ketahui.

  1. Menyiapkan berkas-berkas identitas diri

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah menyiapkan berkas identitas diri. Identitas diri tersebut seperti KTP, Kartu Keluarga dan lain sebagainya. Namun untuk di pegadaian biasanya hanya memerlukan KTP saja, hanya pegadaian tertentu yang mewajibkan nasabah melengkapi data diri dengan KK, SIM atau kartu identitas lainnya.

  1. Menyiapkan emas dan surat-suratnya

Syarat yang kedua dan sangat penting adalah menyiapkan emas dan suratnya yang akan digadaikan. Surat di sini seperti keterangan tentang emas tersebut, berapa beratnya dan berapa kadar emas yang ada.

Dengan mengetahui berat dan juga kadar emas, pihak pegadaian pun bisa menentukan berapa harga jualnya untuk dijadikan patokan memberikan tambahan dana pada nasabah yang melakukan pinjaman.

  1. Mengetahui jangka waktu gadai

Prosedur yang ketiga adalah mengetahui jangka waktu gadai. Anda harus tahu kapan tenggat waktu yang diberikan oleh pihak penggadai untuk mengembalikan dana yang dipinjamkan tersebut.

Apabila anda melewati masa tenggang maka barang anda bisa dilelang oleh pihak penggadaian atau bahkan bisa hangus tidak bisa diambil lagi.

  1. Memahami berapa jumlah pelunasan yang wajib dibayarkan

Prosedur berikutnya yang tak kalah penting adalah memahami berapa jumlah pelunasan yang wajib anda bayarkan pada pihak pegadaian.

Dengan memperoleh tambahan dana, tentu saja pihak penggadaian nantinya akan memberikan berapa besaran cicilan atau dana yang harus dikembalikan. Jika anda tidak paham, tentu ini akan sangat merugikan. Anda nanti bisa terbebani apabila bunga yang diberikan oleh pihak penggadai sangat tinggi.

Itulah tadi beberapa syarat prosedur dan sistem gadai emas di pegadaian yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui syarat-syarat di atas tentu anda jadi lebih paham apabila tertarik untuk menggadaikan emas anda. Yang paling terpenting di sini adalah memahami serta tahu berapa besaran biaya cicilan atau dana yang harus dikembalikan serta tenggang waktu yang diberikan.

Simulasi Gadai Emas Pegadaian Plus Bunga Per Bulan

Advertisements

Gadaiemassekarangsudahbisadilakukan di pegadaian.Sepertiyang kita tahu emas adalah logam mulia yang memiliki nilai jual maupun beli yang tinggi, sehingga membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk gadai dibandingkan dengan langsung menjualnya. Di pegadaian sendiri ada beberapa produk yang bisa dipilih seperti KCA, Rahn, Arrum-emas, Krasida,dan kreasi.

Simulasi gadai emas pegadaian plus bunga per bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengadaian emas di antaranya: Baca Emas Antam VS Emas Pegadaian

  1. Biaya administrasi

Besarnya biaya administrasi menyesuaikan besarnya biaya pinjaman yang diambil, jumlah biaya administrasi akan berlipat seiring dengan besarnya pinjaman jadi semakin besar pinjaman yang diambil maka semakin besar pula biaya administrasinya.

  • Uang pinjaman Rp. 100.000 sampai Rp. 5.000.000 akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 15.000
  • Uang pinjaman Rp. 5.000.001 sampai Rp. 10.000.000 akan dikenakan biaya administrasi Rp. 25.000
  • Uang pinjaman Rp. 10.000.001 sampai Rp. 20.000.000 akan dikenakan biaya administrasi Rp. 40.000

Biaya administrasi harus anda bayarkan setelah melakukan gadai itu berarti bisa dipotong dari jumlah uang yang akan diterima atau ditambahkan ke dalam pinjaman yang diambil.

  1. Uang pinjaman yang bisa di dapatkan atau taksiran

Sistem pegadaian di Indonesia menggunakan sistem 85% dari nilai taksir hal itu berarti, misalnya nilai emas anda Rp. 1.000.000 maka uang pinjaman yang bisa anda ajukan kepada pegadaian sekitar Rp. 850.000 jumlah uang pinjaman ini memang lebih rendah dari harga asli emas anda.

  1. Besarnya nilai titipan gadai dan biaya pelunasan

Sistem gadai di pegadaian memang menggunakan sistem sewa titipan yang merupakan sebuah kesepakatan bahwa peminjam akan memberikan hak milik barangnya sementara kepada pihak pemberi pinjaman. Jika pihak peminjam tidak bisa melunasi pinjamannya dalam jangka waktu tempo maka pihak pemberi pinjaman bisa memiliki barang tersebut.

Besarnya biaya titip gadai di pegadaian terbagi menjadi dua yaitu sistem konvensional dan sistem syariah. Untuk sistem konvensional menggunakan hitungan harga taksiran dibagi biaya administrasi dikalikan dengan 120.

Sedangkan untuk sistem syariah perhitungan angkanya akan dikalikan dengan 73 atau 79 bisa lebih kecil lagi, besarnya angka ini tergantung dengan jumlah pinjaman. Baca Beli Emas di Pegadaian

Simulasi gadai emas pegadaian plus bunga per bulan

Misalnya harga taksir Rp.1.000.000 untuk sistem konvensional Rp. 1.000.000 dibagi Rp. 15.000 dikalikan 120 hasilnya adalah Rp. 8.000 per 15 hari.

Harga 8 ribu ini untuk 15 hari jadi jika anda mengajukan pinjaman dalam jangka waktu 120 hari bunga atau biaya titip gadai akan di tambah hal itu berarti angsuran yang harus anda bayar juga semakin banyak karena setiap 15 hari anda harus membayar biaya titipan gadai.

Advertisements
error: Content is protected !!