Tahapan Ketika Mengajukan KTA Mandiri untuk Karyawan Kontrak Update

Sebagaimana yang kita tahu, KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah finansial yang banyak diminati masyarakat. KTA merupakan salah satu bentuk fasilitas kredit yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan dengan cara memberikan pinjaman uang tunai tanpa perlu adanya jaminan atau agunan apapun.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dana KTA ini terbilang juga cukup mudah, yakni hanya menyiapkan slip gaji, rekening Koran, surat keterangan aktif bekerja, serta dokumen data diri.

Advertisements

Nah, bagi Anda para karyawan kontrak yang ingin mengajukan KTA, berikut kami bagikan tahapan-tahapannya. Apa saja kira-kira?

Tahapan Mengajukan KTA Mandiri untuk Karyawan Kontrak

Agar Pengajuan KTA segera disetujui, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Menyiapkan Riwayat Kredit

Tahapan awal pengajan KTA yaitu menyiapkan riwayat kredit pribadi Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki riwayat kredit yang baik. Riwayat kredit akan mempengaruhi penilaian pihak bank dalam menyetujui KTA yang Anda ajukan.

Jika riwayat kredit Anda buruk, seperti telat membayar angsuran, tentu pihak bank akan menjadi ragu untuk meminjamkan uang ke Anda.

Pihak bank akan melakukan BI checking untuk melihat riwayat kredit Anda. Apabila riwayat kredit Anda negatif (telat atau macet dalam membayar angsuran), maka akan sulit bagi nasabat yang ingin mengajukan KTA dari bank. Baca Proses Pinjaman KUR BRI

Advertisements

Berbeda apabila Anda memiliki riwayat kredit yang sehat, maka dapat meningkatkan nilai kepercayaan pihak bank kepada Ada dan mempercepat proses pencairan dana pinjaman.

  • Memiliki Rasio Hutang yang Sesuai

Rasio hutang merupakan perbandingan antara hutang yang akan ditanggung nasabah dengan penghasilan yang diperoleh.

Artinya antara hutan dan penghasilan harus memiliki rasio yang seimbang. Pakar keuangan menyarankan kepada karyawan yang ingin mengajukan KTA memiliki rasio hutang maksimal 30 – 40% dari total penghasilan yang diperoleh.

Apabila rasio hutang terlalu tinggi dari penghasilannya, maka orang tersebut akan dianggap berisiko dan tidak memiliki kemampuan melunasi hutangnya.

Selalu ajukan KTA sesuai dengan penghasilan dan kemampuan Anda membayarnya. Jangan sampai nantinya Anda memilih KTA yang berjumlah besar melebihi 40%. Karena hal ini akan membuat angsuran per bulan yang harus Anda bayarkan juga besar.

  • Mengajukan KTA Khusus Kartu Kredit

Tahapan pengajuan KTA yang terakhir yaitu mengajukan KTA khusus kartu kredit. Ada beberapa bank yang memberikan fasilitas dalam hal penarikan uang tunai secara langsung dari kartu kredit Anda yang dikategorikan sebagai KTA.

Salah satunya yaitu ANZ Moneyline yang menawarkan fasilitas menarik yakni tarik tunai hingga transfer dana tunai.

Program ANZ memberikan pinjaman dana yang cukup besar hingga 200 juta rupiah. Jangka waktu kreditnya antara 1 – 60 bulan. Baca Pinjaman Uang di Bank untuk Buka Usaha

Adapun syarat pengajuan kredit khusus dengan program ANZ yaitu memiliki gaji sebesar minimal 360 juta per tahun.

Itulah beberapa tahapan yang dapat Anda ikuti dalam proses pengajuan KTA Mandiri untuk karyawan kontrak. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: Content is protected !!