Telat Bayar Cicilan Motor Adira Hitung Kisaran Dendanya

Telat Bayar Cicilan Motor Adira – Kredit motor adalah solusi saat ingin memiliki motor tanpa pembayaran kontan. Namun, kredit motor dapat menjadi masalah jika pembayaran angsurannya tidak tepat waktu.

Pastinya perusahaan pembiayaan akan mengenakan denda pada debitur yang telat mencicil. Adira adalah salah satu perusahaan pembiayaan yang juga mengenakan denda saat debiturnya telat membayar cicilan.

Advertisements

Kisaran denda telat bayar cicilan motor di Adira adalah sebesar 0,5% per hari dari total angsuran. Kalau dendanya sebesar 0,5% kira-kira berapa nominal uang yang harus dibayarkan? Untuk lebih jelasnya, simak cara menghitung denda telat bayar cicilan berikut ini :

Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Cicilan Motor

Jadi seumpama, Pak Rudi telat membayar cicilan selama 5 hari. Cicilan pokok per bulan Pak Rudi adalah Rp.500.000 dan cicilan bunga per bulan Pak Rudi adalah Rp.80.000. Jadi total angsuran per bulan Pak Rudi adalah Rp.580.000. Maka denda yang harus dibayarkan oleh Pak Rudi adalah sebagai berikut :

Denda = 0,5% x Rp.580.000 x 5 = Rp.14.500

Jadi jumlah denda yang dibayarkan oleh Pak Rudi adalah sebesar Rp.14.500. Itulah simulasi penghitungan denda keterlambatan cicilan motor di Adira. Pada simulasi tersebut, digunakan jumlah cicilan kredit yang relatif kecil, namun apabila semakin besar cicilan kredit maka semakin banyak juga denda yang harus dibayarkan.

Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Denda Terlambat Bayar Cicilan Motor Adira?

Jumlah denda pembayaran cicilan motor di Adira dapat diketahui dengan beberapa cara. Cara tersebut adalah : Baca Begini Cara Mengajukan Adira Kredit HP dan Adira Kredit Laptop

  1. Melalui customer service di Kantor Cabang Adira

Jumlah denda terlambat cicilan motor dapat ditanyakan pada customer service di Kantor Cabang Adira. Opsi ini dapat digunakan bagi Anda yang memang bisa membayarkan cicilan kredit motor lewat kantor cabang Adira. Jangan lupa membawa nomor kontrak saat membayarkan cicilan kredit motor.

  1. Melalui Aplikasi Akses Adira Finance

Saat ini, Adira memiliki aplikasi berbasis smartphone yang dapat digunakan oleh nasabahnya untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah mengecek denda keterlambatan pembayaran cicilan motor. Lewat aplikasi ini, debitur juga dapat langsung membayarkan cicilan tanpa perlu berpindah tempat.

Advertisements
  1. Melalui Indomaret, Alfamart atau Kantor POS

Cara mengecek denda keterlambatan bayar cicilan motor selanjutnya adalah melalui Indomaret, Alfamart atau Kantor POS. Opsi ini dapat digunakan bagi debitur yang memang biasa membayar cicilan lewat Indomaret, Alfamart atau Kantor POS. Dengan membawa nomor kontrak, debitur sudah dapat mengetahui besar denda dan membayarkannya sekaligus. Baca Prosedur Syarat Kredit Laptop Adira Sampai Barang Diterima

Tips Membayar Cicilan Motor Tanpa Terlambat

Memang jumlah denda terlambat bayar cicilan motor tergolong tidak seberapa. Namun dalam perhitungan ekonomi, tetap saja membayar denda itu tergolong rugi karena uang denda itu sebenarnya dapat dialokasikan untuk keperluan lain. Kerugian tidak berhenti sampai di denda saja, karena sebenarnya Adira memiliki fasilitas top-up alias pinjaman tambahan untuk nasabah yang disiplin dalam membayar cicilan.

Perlu diketahui bahwa tiap perusahaan pembiayaan memiliki toleransi yang berbeda-beda tentang keterlambatan cicilan kredit motor. Beberapa perusahaan pembiayaan menolerir keterlambatan yang masih bersifat harian.

Namun, beberapa perusahaan sudah tidak menolerir keterlambatan pada 60-90 hari. Jika tidak membayar dalam kurun waktu tersebut, maka debitur dianggap tidak memiliki iktikad baik. Konsekuensinya adalah penarikan motor oleh pihak perusahaan pembiayaan. Hal ini juga berlau di Adira Finance. Jadi, debitur mesti berhati-hati dalam menunaikan kewajiban kreditnya. Jangan sampai terjadi hal semacam ini.

Nah, untuk menghindari keterlambatan pembayaran cicilan motor di Adira, ada tips yang dapat digunakan. Yakni membayar cicilan kredit motor melalui fitur autodebet di rekening Bank. Pada fitur autodebet ini, Anda dapat mengatur jumlah pembayaran, tujuan pembayaran dan waktu pembayaran cicilan motor. Baca Cara Mudah Cek Tagihan Adira Elektronik Via HP

Sehingga, secara otomatis saldo rekening Anda akan terpotong tiap bulannya untuk pembayaran cicilan. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lupa dan bisa memfokuskan pikiran pada hal-hal yang lainnya. Jika Anda merupakan orang yang sibuk, Anda dapat menginstall aplikasi mobile Adira. Aplikasi mobile ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran cicilan kredit motor.

Advertisements
error: Content is protected !!