Trik Cara Beli Emas di Pegadaian Secara Tunai 2018

Beberapa jasa pegadaian telah mengeluarkan pelayanan pembelian maupun penjualan emas batangan secara kredit maupun tunai untuk nasabahnya. Pihak pegadaian telah bekerja sama dengan PT Antam dalam hal jual beli emas ini ke seluruh nusantara. Lalu, apa saja tips trik beli emas di pegadaian secara tunai?

  1. Mencari tahu harga emas

Sebelum membeli emas di pegadaian, lebih baik cari tahu terlebih dahulu harga pasarnya. Anda bisa melihatnya di website resmi perekenomian emas. Hal ini untuk menghindari dari kebohongan harga emas yang ditawarkan jasa gadai Anda pilih.

  1. Berhati-hati saat memilih tempat pegadaian

Anda juga harus berhati-hati saat memilih jasa pegadaian. Meskipun sudah banyak yang resmi, tetap saja masih ada beberapa pihak yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan semata. Sudah banyak kasus penipuan yang ditimbulkan oleh jasa gadai gelap, yang mengakibatkan nasabah-nasabahnya kehilangan jutaan rupiah.

Advertisements

Terlebih lagi Anda ingin membeli emasnya secara tunai. Kalau Anda sembarangan memilih jasa gadai, dalam sekejap uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli emas tersebut akan sia-sia. Bagaimana pun juga, pilihlah pegadaian yang benar-benar resmi saja.

  1. Pastikan Anda ingin membeli emas baru atau emas barang lelang

Buatlah keputusan sebelum membeli emas batangan. Anda ingin membeli yang asli atau yang berasal dari barang lelang.

Biasanya, kalau emas yang benar-benar baru harga jualnya lebih mahal dibandingkan emas hasil lelang. Tapi kalau dilihat dari keuntungannya, Anda bisa memilih yang emas batangan baru.

  1. Memastikan apakah emas yang ditawarkan masih benar-benar baru atau emas lelang

Biasanya, tempat pegadaian akan memberikan banyak pilihan emas yang ada di stok mereka. Di situlah Anda harus melihat manakah emas batangan yang benar-benar baru dan mana yang hasil lelang. Kalau Anda ragu bertanya pada petugas, carilah informasi mengenai perbedaan kedua emas batangan tersebut sebelum datang ke jasa pegadaian.

Sebenarnya, mencari perbedaan emas baru dan emas barang lelang sangat mudah. Emas batangan yang baru memiliki ciri kemasan yang masih rapi dan terlihat bagus. Selain itu, terdapat tanggal sertifikat emas yang tanggalnya tidak jauh dengan yang tertera di kwitansi pembelian.

  1. Minta kepada petugas kwitansi pembelian Anda

Meskipun Anda membelinya secara tunai, lebih baik Anda minta kwitansi pembelian emas Anda kepada petugas, terutama bagi Anda yang baru saja membeli emas batangan yang baru. Tindakan tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diingankan.

Mencari informasi dan teliti sebelum membeli memang sangat dianjurkan supaya Anda mendapatkan emas yang sesuai dengan keinginan Anda. Di sisi lain, dengan membelinya di tempat pegadaian secara tunai, Anda juga akan mendapat banyak keuntungan yang telah disediakan oleh pihak jasa gadai dibandingkan secara kredit.

Apakah Anda sudah memahami tips trik beli emas di pegadaian secara tunai seperti yang sudah diulas di atas?

Advertisements

Harga Emas 5 gram di Pegadaian Berapa Saat Ini?

 Salah satu agen resmi yang menjual emas batangan adalah tempat pegadaian. Jasa milik pemerintah tersebut menawarkan emas batangan bagi masyarakat yang ingin membelinya dan tentu saja dengan jaminan barang berharga. Harga emas pegadaian tidak jauh dari standar emas batangan Antam dan harganya juga disesuaikan dengan harga pasar yang beredar.

Sebenarnya, jika bertransaksi atau berinvestasi emas di jasa gadai, Anda akan mendapat pelayanan yang lebih nyaman dibandingkan tempat lainnya. Kenapa begitu? Karena jasa gadai mempunyai layanan tabungan emas, yaitu fasilitas penitipan emas yang membuat Anda akan mudah berinvestasi emas.

Tabungan emas memiliki 2 hukum, di mana ada yang diperbolehkan dan satunya lagi tidak diperbolehkan. Kalau transaksi langsung dan pecahan gramnya ada bentuknya, misalnya 1 gram, 2 gram, 5 gram, dan sebagainya, maka boleh dilakukan. Sementara untuk pecahan yang mengandung nol sekian yang bentuknya tidak ada di pasaran, maka tidak diperbolehkan.

Dengan tabungan emas ini, masyarakat dapat menabung emas dan bisa menjual emasnya secara langsung jika sewaktu-waktu membutuhkan uang. Tapi, Anda harus mempunyai saldo emas minimal 0,1 gram. Lalu, harga emas 5 gram di pegadaian berapa saat ini?

Pihak pegadaian menggunakan kelipatan 0,01 gram untuk proses jual beli emasnya. Harga emas sampai pada hari ini (9/3/18) mempunyai harga jual Rp 651.000,00 per gramnya, Rp 651.000,00 per batangnya. Sedangkan jika Anda ingin menjualnya kembali, harga belinya masing-masing di angka Rp 586.000,00.

Dan tentunya jika Anda membeli emas 5 gramnya, harga jualnya Rp 3.105.000,00 per batangnya dan Rp 621.000,00 untuk harga per gramnya. Sedangkan kalau Anda menjualnya kembali, harga belinya Rp 615.000,00 per gramnya.

Selain itu, pihak pegadaian juga dapat melakukan order cetak untuk emas batangan 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan juga 100 gram. Tentu saja Anda akan dikenakan biaya pembuatan order cetak tersebut. Berapa harga order cetak di pegadaian?

Untuk cetakan kepingan 5 gram, Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 138.000,00, cetakan kepingan 10 gram dikenai biaya Rp 225.000,00, dan untuk kepingan 25 gram ongkos cetaknya Rp 486.000,00. Biaya dari kepingan cetakan lainnya bisa Anda tanyakan ke tempat pegadaian yang Anda pilih. Baca Harga Emas Antam VS Emas Pegadaian

Dengan membuka tabungan emas di pegadaian, nasabah akan dikenakan aturan pembatasan transaksi per harinya. Sebagai pemilik rekening di jasa gadai Anda pilih, Anda dapat membeli emas minimal 0,01 gram dan 100 gram sebagai batas per harinya. Menjualnya pun juga ada batasan aturan, yaitu minimal 1 gram dan maksimalnya 100 gram per harinya.

Setelah ulasan di atas, apakah Anda sudah paham mengenai harga emas 5 gram di pegadaian berapa saat ini? Kalau sudah, mungkin bagi Anda yang mulai tertarik dengan dunia investasi emas, bisa membuka tabungan emas di tempat pegadaian terdekat Anda dan mencoba peruntungannya.

Advertisements
error: Content is protected !!