5 Penyebab Pasti KPR Subsidi Ditolak Bank BTN

Mendapatkan sebuah rumah idaman tentunya untuk saat ini tidaklah mudah. Namun setelah hadirnya program kredit pemilikan rumah, maka kesempatan itu tidak lagi mustahil. Sayangnya masih banyak terjadi penolakan atas aplikasi pengajuan yang diusulkan.

Mengapa demikian? Ternyata inilah 5 penyebab KPR subsidi ditolak bank BTN. Salah satu bank yang dikenal banyak meloloskan permintaan KPR adalah BTN. Untuk menjamin pengajuan Anda dapat diproses, maka berikut ulasannya.

5 Hal Penyebab Penolakan KPR Subsidi

Pada dasarnya ketika sebuah bank mendapatkan sebuah pengajuan KPR, maka mereka akan melakukan seleksi yang ketat. Tidak jarang para nasabah mengalami penolakan saat mendaftar dirinya.

Advertisements

Menanggapi hal tersebut kepala bagian pengaduan bank BTN memberikan beberapa alasan yang menyebabkan penolakan tersebut. Berikut merupakan ulasannya:

  • Gaji tidak mencukupi

Posisi pertama dari 5 penyebab KPR subsidi ditolak bank BTN adalah gaji dari pihak pemohon tidak mencukupi persyaratan yang ditetapkan. Perhitungan dari gaji untuk bisa melakukan pengajuan aplikasi adalah hasil dari sisa uang gaji yang didapatkan. Baca 4 Bank Yang Menerima KPR Karyawan Kontrak Mudah Proses Cepat

Kerap kali para pemohon menghitung dari persentase gaji yang mereka peroleh per bulan tanpa memperhatikan kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja gaji 6 juta rupiah. Kebutuhan sehari-hari mencapai 1,5 juta. Namun masih ada kebutuhan lain seperti kredit motor 1 juta. Maka dari itu, perhitungan harus dilakukan dari gaji yang telah dipotong kebutuhan lain tersebut.

  • Track record hutang

Hal yang menyebabkan seseorang menjadi gagal mendapatkan KPR selanjutnya adalah memiliki track record hutang yang buruk. Pihak Bank BTN tentunya memiliki akses yang cukup guna mengetahui apakah Anda memiliki riwayat hutang perbankan yang baik atau tidak.

Jika Anda memiliki hutang sebelumnya, maka pastikan semua sudah lunas. Hindari kebiasaan seperti menunggak cicilan. Ketika Anda memiliki hutang, harus diingat dengan baik. Pihak bank tentunya tidak akan memberikan kepercayaan kedua kalinya kepada nasabah yang memiliki kebiasaan buruk seperti itu.

Advertisements
  • Sudah memiliki rumah

Anda harus mengetahui bahwa syarat untuk mendapatkan kesempatan mengajukan KPR adalah belum memiliki rumah. Baca Syarat Pengajuan KPR BTN Untuk Pegawai Kontrak

Biasanya banyak orang yang sudah memiliki rumah namun karena kurang sesuai dengan yang diinginkan akhirnya mengajukan kredit tersebut. Hal tersebut tentunya akan membuat pihak bank menolak kredit yang diajukan

  • KTP yang tidak terdaftar

Faktor keempat dari 5 penyebab KPR subsidi ditolak bank BTN adalah masalah kependudukan. Hal ini sering kali terjadi karena kelalaian dari calon nasabah. Ketika akan dilakukan registrasi ternyata Kartu Tanda Penduduk yang dimiliki tidak tercatat dipihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah setempat.

Pemilik E-KTP biasanya kurang memberi perhatian kepada hal-hal yang bersifat detail seperti ini. Mereka sering tidak sadar dan baru mengetahui setelah mendaftarkan dirinya. Maka dari itu, sangat dihimbau untuk masyarakat mendaftar E-KTP yang dimiliki di Disdukcapil.

  • Penghasilan melebih batas maksimal

Masalah terakhir yang sering kali membuat proses pengajuan KPR ditolak adalah gaji yang didapatkan melebihi batas maksimal. Misalnya syarat untuk mendapatkan izin pengajuan KPR tidak boleh lebih dari 4 juta untuk tapak dan 7 juta untuk susun. Hal ini perlu diperhatikan agar pengajuan tidak ditolak.

Lakukan Persiapan yang Matang

Jika ingin pengajuan KPR diterima dan bisa mendapatkan rumah idaman, maka hindari 5 penyebab KPR subsidi ditolak bank BTN. Baca Trik Jitu Agar KPR Subsidi Disetujui Bank

Sebelum melakukan apply, Anda juga harus memastikan bahwa semua persyaratan yang dibutuhkan telah terpenuhi. Lakukanlah persiapan yang matang. Rencanakan semuanya sedari dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian informasi singkat ini, semoga dapat bermanfaat.

error: Content is protected !!