Apa Saja Syarat Balik Nama Motor

Balik nama motor adalah hal yang dilakukan ketika membeli motor second atau memperoleh motor warisan maupun hibah. Tujuan balik nama motor adalah agar sepeda motor tersebut bisa resmi menjadi milik kita.

Syarat mengurus balik nama motor tergolong mudah. Syarat pertama yang disiapkan adalah untuk balik nama STNK dan kemudian BPKB. Apa saja syarat balik nama motor? Simak informasinya berikut ini :

Syarat untuk Mengurus Balik Nama STNK Motor

Syarat mengurus balik nama STNK motor antara lain :

Advertisements
  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. KTP asli dan fotokopi (pemilik baru)
  4. Kwitansi pembelian

Prosedur Balik Nama STNK Motor

Sementara prosedur balik nama STNK motor adalah : Baca Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

  1. Siapkan persyaratan yang diperlukan untuk balik nama STNK Motor
  2. Di Kantor Samsat, akan dilakukan pengecekan fisik sebelum pengurusan balik nama STNK Motor. Dari cek fisik ini, akan diterbitkan hasil cek fisik yang menjadi syarat balik nama STNK motor
  3. Tahap selanjutnya adalah mendaftar di Loket Pendaftaran. Petugas akan memberikan formulir pendaftaran balik nama untuk diisi. Petugas kemudian juga akan mengecek tentang dokumen yang dibawa. Apabila dokumen memenuhi syarat, maka akan dilakukan pengambilan kartu induk.
  4. Selanjutnya, adalah pembayaran balik nama STNK. Bayarlah biaya balik nama STNK motor sesuai yang tertera pada lembar tagihan. Setelahnya, akan diberikan bukti pembayaran lunas.
  5. Selanjutnya, akan dilakukan pencetakan STNK.
  6. STNK yang telah balik nama dapat diambil di loket pengambilan. Lama pencetakan STNK ini tergantung pada kebijakan masing-masing Samsat.

Syarat Mengurus Balik Nama BPKB Motor

Syarat yang perlu disiapkan dalam mengurus balik nama BPKB motor adalah sebagai berikut :

  1. STNK asli dan fotokopi (STNK yang baru balik nama)
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. BKPB asli dan fotokopi
  4. Fotokopi hasil cek fisik
  5. Kwitansi pembelian motor

Prosedur Balik Nama BPKB Motor

Prosedur balik nama BPKB motor adalah sebagai berikut :

Advertisements
  1. Pertama-tama, datangi Loket Pendaftaran untuk mengisi formulir. Di loket ini, petugas juga akan mengoreksi dan mengecek kelengkapan dokumen. Setelahnya, akan diberikan kartu induk.
  2. Langkah selanjutnya adalah pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)
  3. Setelahnya akan dicetak kartu induk beserta BPKB. Anda akan menandatangani BPKB. BPKB yang telah jadi itu kemudian dapat diambil di loket pengambilan.

Biaya Balik Nama Motor

            Saat balik nama motor, biasanya diharuskan membayarkan 2 jenis biaya. Biaya tersebut adalah biaya pajak dan non pajak. Baca Kisaran Biaya Pembuatan STNK dan BPKB Mobil Terbaru

  1. Biaya Pajak

SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Biaya ini sifatnya wajib, nominalnya tergantung pada jenis motor. Untuk sepeda motor 50 cc ke bawah, tarifnya adalah Rp 0,-. Untuk sepeda motor diatas 50 cc sampai 250 cc tarifnya adalah Rp.32.000. Sementara untuk sepeda motor serta scooter diatas 250 cc, tarifnya adalah Rp.80.000.

  1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN-KB ini adalah biaya yang pasti dibayarkan ketika membeli motor, baik baru atau bekas. Biaya yang dikenakan di tiap daerah berbeda-beda nominalnya.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

PKB adalah biaya yang dibayarkan tiap tahunnya. Besar PKB tiap kendaraan berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun kendaraan. Besar PKB dapat dicek di STNK kendaraan.

  1. Biaya Non Pajak

Biaya non pajak balik nama BPKB motor terdiri dari 3 yakni :

  1. Biaya cek fisik dan pengesahan hasilnya : Rp.30.000
  2. Biaya pendaftaran balik nama STNK : Rp.30.000
  3. Biaya pendaftaran balik nama BPKB : Rp.100.000

Itulah informasi mengenai balik nama motor. Balik nama motor bisa saja tidak dilakukan. Namun, konsekuensinya adalah mengalami kerepotan saat hendak membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Sebab salah satu syarat PKB adalah menyertakan KTP asli sesuai dengan BPKB motor. Baca Bisakah Cek BPKB yang Digadaikan

Jika syarat itu tidak disertakan, maka pembayaran pajak tidak dapat terlaksana. Masalah terjadi jika KTP pemilik sebelumnya tidak dapat dipinjam. Untuk itu, sangat penting untuk segera mengurus balik nama motor.

error: Content is protected !!