Berapa Lama Proses KPR Subsidi Disetujui

Pertanyaan mengenai berapa lama proses KPR subsidi disetujui sering kali ditanyakan oleh para nasabah. Hal ini tentu sangat wajar sebab setiap orang tentu sudah tidak sabar ingin segera mewujudkan rumah impian yang telah lama diidamkan.

Baru-baru ini pihak perwakilan dari Manajemen PT Bank Tabungan Negara mengumunkan bahwa kepastian kredit akan diberikan selama hari. Namun, tentunya dengan syarat yang harus sudah dipenuhi.

Langkah Pengajuan KPR BTN

Jika Anda ingin mendapatkan proses pengajuan KPR BTN yang segera disetujui, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus sudah menyiapkan segala kebutuhan yang disyaratkan oleh pihak bank.

Advertisements

Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan pengajuan KPR subsidi agar segera disetujui.

  • Lengkapi dokumen

Langkah pertama untuk yang harus dilakukan sebelum mengajukan aplikasi adalah mempersiapkan segala jenis dokumen yang dibutuhkan. Terdapat beberapa dokumen pribadi dan dokumen rumah yang wajib diapply. Kelengkapan dokumen tersebut nantinya juga dapat mempengaruhi berapa lama proses KPR subsidi disetujui. Baca Syarat Pengajuan KPR Subsidi Untuk Outsourcing

  • Tahapan appraisal

Pihak bank biasanya akan melakukan BI Checking dan setelah lolos, maka akan masuk ke tahapan appraisal. Tahapan ini berfungsi untuk menentukan harga dari rumah yang nantinya akan dibeli oleh Anda.

Bank nantinya akan mengutus petugas yang akan menentukan harga rumah tersebut. Jika pihak developer sudah mengadakan kerja sama dengan bank tersebut, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebaliknya jika belum ada, maka bisa timbul biaya untuk proses ini.

  • Pemeriksaan penawaran

Setelah melewati tahapan appraisal, maka Anda diharuskan untuk melakukan pemeriksaan terhadap nilai yang ditawarkan oleh bank. Jangan langsung senang sebab bank sudah menentukan harga rumah tersebut.

Anda harus memeriksa dengan cermat penawaran yang diberikan mulai dari suku bunga, syarat dan ketentuan yang berlaku hingga melakukan pengecekan terhadap detail dari biaya KPR yang diajukan.

Advertisements

Aktivitas ini sangat penting sebab hal ini akan berpengaruh terhadap beban cicilan yang dibebankan. Jangan sampai Anda menjadi pihak nantinya justru akan dirugikan sebab kurang cermat dalam tahapan pengecekan ini. Baca Trik Jitu Agar KPR Subsidi Disetujui Bank

  • KPR disetujui oleh Bank

Terkait pertanyaan berapa lama proses KPR subsidi disetujui maka langkah ini merupakan jawabannya. Menunggu hingga mencapai tahapan ini dapat memakan waktu yang berbeda-beda tiap bank. Tidak jarang banyak masyarakat calon nasabah yang mengeluh akan lamanya mencapai tahap persetujuan.

Padahal sebenarnya jika semua dokumen serta syarat terpenuhi, maka waktunya tidak mencapai berminggu-minggu. Kira-kira satu minggu waktu kerja sudah dapat ditentukan.

  • Tanda tangan akad kredit

Tahapan terakhir dari serangkaian proses pengajuan KPR adalah proses tanda tangan akad kredit. Proses ini tentunya dilakukan di notaris yang sudah ditetapkan agar mendapatkan pelindungan hukum.

Semua pihak yang diwajibkan untuk datang harus berkumpul agar proses dapat berjalan lancar. Tidak boleh pihak tersebut diwakilkan karena akan ada pengecekan identitas.

Tips  Rahasia Pengajuan KPR Disetujui

Agar proses pengajuan kredit yang diajukan bisa lancar dan cepat disetujui, maka ada hal yang perlu diperhatikan. Caranya adalah lakukan perencanaan yang baik dan pertimbangkan dengan pasti seberapa besar kemampuan Anda.

Sering kali masalah terkait penolakan terjadi sebab pihak pemohon melakukan pengajuan yang di luar dari kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, Anda harus tahu batasan yang dimiliki supaya aplikasi KPR yang diajukan bisa diterima. Baca 5 Penyebab Pasti KPR Subsidi Ditolak Bank BTN

Demikian informasi mengenai berapa lama proses KPR subsidi disetujui, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

error: Content is protected !!