Berapakah Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah surat berharga yang menandakan sahnya kepemilikan kendaraan, baik itu sepeda motor, mobil, hingga truk. Saat membeli mobil dengan BPKB yang bukan atas nama kita sendiri, tentu harus melakukan balik nama BPKB.

Selain mengesahkan bahwa mobil itu merupakan kepunyaan sendiri, pengurusan balik nama dapat mempermudah urusan di masa depan. Contohnya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Jika BPKB belum atas nama sendiri, otomatis harus meminjam KTP orang yang namanya tertera di BPKB itu. Sehingga urusan bayar pajak jadi lebih repot. Balik nama BPKB ini ada biayanya. Berapakah biaya balik nama BPKB mobil ?

Advertisements

Biaya balik nama BPKB mobil terdiri dari 2 jenis, yakni biaya pajak dan biaya non pajak.

  1. Biaya Pajak

  2. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Biaya ini sifatnya wajib, nominalnya adalah Rp.143.000 untuk kendaraan mobil penumpang yang tidak digunakan untuk angkutan.

  1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

BBN-KB ini adalah biaya yang pasti dibayarkan ketika membeli mobil, baik baru atau bekas. Biaya yang dikenakan di tiap daerah berbeda-beda nominalnya.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

PKB adalah biaya yang dibayarkan tiap tahunnya. Besar PKB tiap kendaraan berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun kendaraan. Besar PKB dapat dicek di STNK kendaraan. Baca Bisakah Cek BPKB yang Digadaikan

  1. Biaya Non Pajak

Biaya non pajak balik nama BPKB mobil terdiri dari 3 yakni :

  1. Biaya cek fisik dan pengesahan hasilnya : Rp.30.000
  2. Biaya pendaftaran balik nama STNK : Rp.30.000
  3. Biaya pendaftaran balik nama BPKB : Rp.100.000

Itulah biaya balik nama BPKB mobil. Secara keseluruhan, balik nama BPKB mobil membutuhkan biaya kira-kira Rp.160.000 untuk non pajak saja.

Itulah biaya balik nama BPKB mobil. Selanjutnya, simak informasi mengenai syarat dan prosedur balik nama BPKB mobil berikut ini :

Persyaratan Pengurusan Balik Nama BPKB Mobil

Untuk Mengurus balik nama BPKB mobil, pemilik mobil diharuskan membawa persyaratan berupa :

Advertisements
  1. KTP
  2. STNK asli
  3. BPKB asli
  4. Kwitansi pembelian
  5. Bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLU

Proses Pengurusan Balik Nama BPKB Mobil

            Sebelum dapat melakukan balik nama BPKB, harus melakukan balik nama STNK terlebih dahulu. Untuk melakukan balik nama STNK, maka harus melakukan : Baca Cara Pengurusan BPKB dan STNK Motor Hadiah

  1. Siapkan persyaratan yang diperlukan untuk balik nama STNK Mobil
  2. Di Kantor Samsat, akan dilakukan pengecekan fisik sebelum pengurusan balik nama STNK Mobil. Dari cek fisik ini, akan diterbitkan hasil cek fisik yang menjadi syarat balik nama STNK mobil.
  3. Tahap selanjutnya adalah mendaftar di Loket Pendaftaran. Petugas akan memberikan formulir pendaftaran balik nama untuk diisi. Petugas kemudian juga akan mengecek tentang dokumen yang dibawa. Apabila dokumen memenuhi syarat, maka akan dilakukan pengambilan kartu induk.
  4. Selanjutnya, adalah pembayaran balik nama STNK. Bayarlah biaya balik nama STNK mobil sesuai yang tertera pada lembar tagihan. Setelahnya, akan diberikan bukti pembayaran lunas.
  5. Selanjutnya, akan dilakukan pencetakan STNK.
  6. STNK yang telah balik nama dapat diambil di loket pengambilan. Lama pencetakan STNK ini tergantung pada kebijakan masing-masing Samsat.

Setelah melakukan balik nama pada STNK, barulah dilakukan balik nama BPKB di Polda. Proses balik nama BPKB di Polda adalah :

  1. Pertama-tama, datangi Loket Pendaftaran untuk mengisi formulir. Di loket ini, petugas juga akan mengoreksi dan mengecek kelengkapan dokumen. Setelahnya, akan diberikan kartu induk.
  2. Langkah selanjutnya adalah pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)
  3. Setelahnya akan dicetak kartu induk beserta BPKB. Anda akan menandatangani BPKB. BPKB yang telah jadi itu kemudian dapat diambil di loket pengambilan.

Itulah informasi tentang prosedur balik nama BPKB mobil. Pengurusan balik nama BPKB mobil ini tergolong mudah. Baca Apa Saja Syarat Balik Nama Motor

Proses jadinya BPKB atas nama sendiri membutuhkan waktu yang berbeda-beda sesuai kondisi dan pelayanan instansi terkait. Diestimasi pengurusan BPKB ini membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

error: Content is protected !!