Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Dewasa ini mobil bukan lagi sesuatu yang wah, melainkan suatu keniscayaan. Bagaimana tidak ? Di era yang menuntut kita untuk terus bergerak, mobil hadir menjadi salah satu moda transportasi darat yang banyak digemari oleh masyarakat terlebih pada kaum ‘atas’. Apa yang barangkali terlintas di benak Anda saat mobil yang Anda sayangi mengalami lecet ? Mengajukan klaim asuransi ? Yap, tepat sekali !

Saat mengajukan klaim asuransi ternyata diperlukan biaya. Adapun biaya deductible atau own risk yang dikeluarkan untuk mengajukan klaim asuransi mobil lecet sebesar Rp 300 ribu per kejadian.

Misalnya, mobil Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan dengan kerugian Rp 5 juta dan deductible Anda sebesar Rp 300 ribu, Anda hanya perlu membayar deductible Rp 300 ribu untuk memperbaiki mobil Anda. Sementara sisanya sebesar Rp 4,7 juta ditanggung perusahaan asuransi.

Advertisements

“Loh, saya ‘kan sudah membayar premi per tahunnya, masa iya harus mengeluarkan biaya lagi saat mengajukan klaim ?”

Barangkali pemikiran tersebut banyak dimiliki oleh masyarakat yang masih awam tentang asuransi mobil. Penetapan deductible sendiri memiliki beberapa tujuan, yakni:

  1. Adanya deductible membuat setiap pemilik mobil lebih berhati-hati dalam mengemudikan mobilnya.
  2. Dengan adanya deductible, klien menjadi sadar bahwa asuransi yang dimilikinya tidak menanggung 100% biaya perbaikan mobil.
  3. Menjauhkan dari kerugian kecil-kecil yang sering kali nilai kerugiannya lebih besar jika dihitung jadi satu.
  4. Untuk menghindari proses administrasi klaim yang relatif kecil.

Berbagai bentuk perlindungan terhadap mobil banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi terkemuka. Mulai menjamin risiko dari kategori kerusakan ringan, seperti lecet maupun kerusakan dalam kategori berat. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota

Kali ini kita akan membahas mengenai biaya klaim asuransi mobil yang mengalami lecet, beserta langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengajukan klaim.

Pertama, segera laporkan kondisi mobil Anda !

Seringkali ditemukan bahwa pemilik polis menunda-nunda pelaporan kerusakan mobil sebab mereka menganggapnya sebagai kerusakan kecil. Ketahuilah, semakin lama Anda menunda, maka semakin kecil kemungkinan Anda mendapat penggantian biaya sesuai dengan kerusakan mobil Anda.

Advertisements

Bila lecet terjadi akibat tindakan kejahatan atau kecelakaan, Anda perlu membuat laporan kepada pihak berwajib. Sementara jika kecelakaan diakibatkan oleh pihak ketiga, Anda harus membuat surat pernyataan berisi tuntutan penggantian rugi atau melampirkan surat pernyataan tidak memiliki asuransi.

Pihak asuransi biasanya memberikan waktu klaim paling lambat lima hari setelah kejadian. Jadi, gunakan waktu yang diberikan ini semaksimal mungkin. Anda dapat mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi ataupun menelepon ke layanan call center mereka. Baca Solusi Saat Motor Hilang Saat Kredit

Kedua, jangan sampai lupa mengambil foto kondisi mobil Anda !

Mengambil foto kondisi mobil Anda sangat berguna untuk menaksir besar klaim yang bisa anda peroleh. Usahakan mengambil foto menggunakan kamera yang mampu menampilkan waktu pengambilan foto.

Ketiga, menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

Biasanya klaim ganti rugi memerlukan dokumen seperti fotokopi SIM dan STNK, fotokopi polis asuransi, surat keterangan kepolisian, dan fotokopi KTP.

Keempat, mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi terdekat.

Setelah dokumen dan foto kondisi mobil disiapkan, Anda perlu mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi untuk mengisi formulir pengajuan klaim. Selagi Anda mengisi formulir tersebut, pihak asuransi biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan kejadian yang Anda alami.

Pastikan semua hal yang tertera pada formulir tersebut Anda isi dan tidak ada yang terlewatkan. Semakin lengkap Anda mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang Anda berikan pada pihak asuransi. Dengan begitu, klaim yang Anda ajukan pun semakin mudah untuk diproses.

Kelima, membawa mobil ke bengkel.

Jika Anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel, pergilah ke bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.

Bila tidak mau proses perbaikan di bengkel rekanan, Anda bisa menggunakan bengkel langganan Anda. Tetapi biaya yang dikeluarkan tidak melebihi premi asuransi yang disepakati, bila melebihi maka menjadi tanggung jawab Anda. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil ACC

Demikian ulasan mengenai cara melakukan klaim asuransi terhadap kondisi mobil yang lecet beserta besar biaya untuk mengajukan klaim. Semoga dapat membantu !

error: Content is protected !!