Bisakah Bayar Pajak Motor Dengan Nembak KTP

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor salah satu syaratnya adalah harus menyertakan KTP asli yang dengan nama sesuai yang tertera pada STNK. Tanpa KTP asli tersebut, maka pembayaran pajak tahunan tidak dapat dilaksanakan. Terkadang, hal ini menjadi masalah. Sebab, dalam banyak kasus motor yang dimiliki masih atas nama orang lain.

Sehingga harus meminjam KTP orang tersebut. Pinjam meminjam KTP ini pun bukan perkara mudah. Kadang pemilik KTP berdomisili di daerah lain yang jaraknya jauh. Pemilik motor pun akhirnya kebingungan karena justru menemui kesulitan saat hendak taat bayar pajak.

Advertisements

Salah satu solusi permasalahan ini adalah nembak KTP melalui calo.  Memang bisa membayar pajak motor dengan nembak KTP. Dengan syarat, kita membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan. Tanpa repot bolak balik ke Kantor Samsat, pajak motor sudah bisa diperpanjang.

Namun, kekurangan cara ini adalah biaya yang ditetapkan si calo kadang sangat tinggi sehingga mesti rela merogoh kocek dalam-dalam. Selain itu, melalui praktik tersebut kita berarti melanggar hukum dan melanggengkan sistem yang KKN. Baca Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

Untuk menghindari hal tersebut, bisa melakukan balik nama setelah membeli motor second. Dengan begitu, tidak akan mengalami kerepotan di pembayaran pajak berikutnya. Biaya balik nama juga relatif murah dibanding dengan nembak KTP yang bisa mencapai ratusan atau bahkan jutaan (tergantung jenis kendaraan bermotor). Mau tidak mau, balik nama memang pasti dilakukan, yakni bertepatan dengan membayar pajak 5 tahunan alias mengganti plat motor.

Syarat Pembayaran Pajak Motor Tahunan Atas Nama Orang Lain

Syarat membayar pajak motor atas nama orang lain adalah  :

  1. KTP sesuai STNK motor dan fotokopinya
  2. KTP pemilik motor dan fotokopinya
  3. BPKB Asli serta fotokopi
  4. STNK asli
  5. Surat Kuasa yang ditandatangani dan diberi materai

Langkah-langkah Membayar Pajak Motor Tahunan Atas Nama Orang Lain

Secara garis besar, pembayaran pajak motor atas nama orang lain sama dengan atas nama diri sendiri. Langkah-langkahnya adalah : Baca Cara Bayar Pajak Motor Bukan Nama Sendiri Wajib Sertakan Ini

Advertisements
  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran pajak motor.
  2. Datangi Kantor Samsat, kemudian antri di Loket Pendaftaran.
  3. Isikan formulir secara lengkap. Formulir ini berisi informasi seperti nama, alamat serta nomor polisi kendaraan. Setelah selesai, serahkan formulir ke petugas beserta berkas yang diminta.
  4. Berkas berupa STNK dan KTP akan dicek oleh petugas. Petugas kemudian menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  5. Langkah selanjutnya adalah pembayaran pajak motor tahunan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).
  6. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli yang sudah diperpanjang selama 1 tahun bisa diambil.

Langkah Pembayaran Pajak Motor 5 Tahun atau Mengganti Plat Nomor Kendaraan

Pembayaran pajak motor 5 tahunan berbeda dengan pajak motor 1 tahunan. Pada pajak 5 tahunan ini dilakukan prosedur penggantian plat nomor. Prosedurnya adalah :

  1. Pengecekan fisik. Pada tahap ini, kendaraan akan dicek sehingga dibuatlah laporan hasil cek fisik yang menjadi syarat untuk menuju loket pendaftaran.
  2. Di loket pendaftaran, serahkan hasil cek fisik serta persyaratan lain seperti STNK dan KTP. Petugas akan memeriksa dokumen dan menerbitkan surat keterangan yang menyatakan bahwa kendaraan tidak bermasalah.
  3. Di loket perpanjangan STNK, dilakukan pengecekan dokumen kembali, termasuk surat yang diperoleh dari loket pendaftaran.
  4. Selanjutnya adalah proses pembayaran pajak 5 tahunan.
  5. Setelah pembayaran, STNK, Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) serta plat nomor yang baru dapat diambil.

Cara Pembayaran Pajak Motor Tanpa Menggunakan BPKB

Masalah lain yang kerap dihadapi saat membayar pajak motor tahunan adalah adanya syarat BPKB. Masalah ini dialami orang-orang yang memiliki motornya dengan cara kredit sehingga BPKB masih ditahan oleh pihak leasing. Baca Kenali Ciri-ciri STNK dan BPKB Palsu

Namun, ternyata, pembayaran pajak motor bisa dilakukan tanpa memerlukan BPKB. Caranya adalah dengan membawa KTP, STNK, surat pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor, Surat Ketetpana Pajak Daerah dan SWDKLL di tahun sebelumnya.  Pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa BPKB ini prosedurnya sama dengan yang menggunakan BPKB.

Advertisements
error: Content is protected !!