Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

Bayar Pajak Motor Tanpa KTP – Pajak motor adalah kewajiban tahunan yang harus dibayarkan pemilik kendaraan bermotor di Kantor Samsat. Saat membayar pajak motor, ada serangkaian dokumen yang harus dibawa.

Persyaratan itu salah satunya adalah KTP asli sesuai dengan nama yang tertulis di STNK. Diasumsikan nama yang tertera di STNK adalah pemilik kendaraan bermotor, meski pada kenyataannya banyak pemilik motor yang STNK-nya masih tercantum nama orang lain.

Advertisements

Penyebabnya bisa jadi belum balik nama atau memang sengaja menggunakan identitas orang lain.

Konsekuensinya, pemilik motor harus meminjam KTP pemilik Namun, bisakah membayar pajak motor tanpa menyertakan KTP pemilik?

Jawabannya adalah tidak bisa. KTP pemilik sudah menjadi syarat dokumen untuk pembayaran pajak tahunan maupun untuk keperluan ganti plat nomor (setiap 5 tahun). Sehingga, sebaiknya menggunakan nama sendiri saat kredit motor, dengan begitu tidak perlu repot meminjam KTP orang lain ketika hendak membayar pajak motor.

Syarat Pembayaran Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Syarat membayar pajak motor atas nama orang lain adalah  :

  1. KTP sesuai STNK motor dan fotokopinya
  2. KTP pemilik motor dan fotokopinya
  3. BPKB Asli serta fotokopi
  4. STNK asli
  5. Surat Kuasa yang ditandatangani dan diberi materai

Langkah-langkah Membayar Pajak Motor Tahunan Atas Nama Orang Lain

Secara garis besar, pembayaran pajak motor atas nama orang lain sama dengan atas nama diri sendiri. Langkah-langkahnya adalah : Baca Ini Kisaran Denda Telat Bayar Cicilan Motor di BAF

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran pajak motor.
  2. Datangi Kantor Samsat, kemudian antri di Loket Pendaftaran.
  3. Isikan formulir secara lengkap. Formulir ini berisi informasi seperti nama, alamat serta nomor polisi kendaraan. Setelah selesai, serahkan formulir ke petugas beserta berkas yang diminta.
  4. Berkas berupa STNK dan KTP akan dicek oleh petugas. Petugas kemudian menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  5. Langkah selanjutnya adalah pembayaran pajak motor tahunan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).
  6. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli yang sudah diperpanjang selama 1 tahun bisa diambil.

Langkah Pembayaran Pajak Motor 5 Tahun atau Mengganti Plat Nomor Kendaraan

Pembayaran pajak motor 5 tahunan berbeda dengan pajak motor 1 tahunan. Pada pajak 5 tahunan ini dilakukan prosedur penggantian plat nomor. Prosedurnya adalah : Baca Cara Membayar Pajak Motor yang Telat di Samsat

Advertisements
  1. Pengecekan fisik. Pada tahap ini, kendaraan akan dicek sehingga dibuatlah laporan hasil cek fisik yang menjadi syarat untuk menuju loket pendaftaran.
  2. Di loket pendaftaran, serahkan hasil cek fisik serta persyaratan lain seperti STNK dan KTP. Petugas akan memeriksa dokumen dan menerbitkan surat keterangan yang menyatakan bahwa kendaraan tidak bermasalah.
  3. Di loket perpanjangan STNK, dilakukan pengecekan dokumen kembali, termasuk surat yang diperoleh dari loket pendaftaran.
  4. Selanjutnya adalah proses pembayaran pajak 5 tahunan.
  5. Setelah pembayaran, STNK, Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) serta plat nomor yang baru dapat diambil.

Tips Mengurus Pembayaran Pajak Motor

Mengurus pembayaran pajak motor sebenarnya relatif mudah. Namun, kesibukan seseorang bisa menghalangi niat membayar pajak motor. Kantor Samsat yang jauh bisa juga menjadi alasan. Akhirnya pembayaran pajak motor ditunda dan akhirnya dikenai denda keterlambatan. Nah, daripada didenda karena terlambat membayar pajak motor, lebih baik lakukan pembayaran dengan beberapa cara berikut

  1. Membayar pajak motor di Samsat Keliling

Untuk memudahkan akses masyarakat, tiap Samsat di daerah mengeluarkan layanan Samsat Keliling yang stand by di tempat umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selain mudah ditemui, pelayanan di Samsat Keliling ini cenderung lebih simpel karena seluruh pelayanannya melalui 1 pintu saja. Bandingkan dengan pelayanan di Kantor Samsat yang mengharuskan kita menuju beberapa jenis loket. Baca Ini Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

  1. Membayar pajak motor secara online melalui e-Samsat

e-Samsat adalah layanan pembayaran pajak motor secara online. Pengguna tinggal memasukkan identitas kendaraan di website e-Samsat masing-masing daerah. Lalu setelahnya akan didapat kode bayar yang bisa digunakan untuk membayar pajak melalui ATM atau internet banking. Dengan layanan ini tidak ada alasan lagi untuk menghindari membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Advertisements
error: Content is protected !!