Bisakah Cek BPKB yang Digadaikan

BPKB adalah buku yang menjadi bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor. Selain itu, BPKB juga dapat digunakan sebagai barang agunan saat mengajukan pinjaman uang. Karenanya, dokumen berharga ini harus dijaga dengan baik-baik.

BPKB hendaknya tidak dipinjamkan kepada orang lain karena resikonya besar. Kadang, ada kasus dimana BPKB dipinjamkan lalu digadaikan oleh peminjam itu. Status digadaikan BPKB itu dapat dicek. Bagaimanakah caranya?

Advertisements

Pengecekan status BPKB dapat dilakukan di Samsat. Caranya cukup mudah. Langsung saja nyatakan keperluan pengecekan status tadi kepada petugas Samsat. Nanti petugas akan menyatakan apakah BPKB dalam status digadaikan atau tidak.

Jika ternyata BPKB digadaikan tanpa ada persetujuan dari pemilik, maka dapat mengurus surat kehilangan dari polisi dan membuat BPKB yang baru. Proses ini cukup rumit. Jika ternyata di kemudian hari terbukti BPKB digadaikan oleh pemilik sendiri, maka pemilik BPKB dapat dijerat hukuman atas kasus penipuan.

Sebenarnya, cukup sulit untuk menggadaikan BPKB. Untuk menggadaikan BPKB, harus disertai dokumen seperti KTP asli pemilik, disurvey kendaraan serta dibuat surat perjanjian penggadaian BPKB.

Untuk menghindari resiko-resiko yang tidak dikehendaki, tidak dianjurkan untuk meminjamkan BPKB kepada siapapun. Disarankan juga untuk menyimpan BPKB secara aman agar tidak hilang atau rusak. Namun, jika terjadi kehilangan, dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah 1 : Siapkan syarat pengurusan BPKB hilang

Dokumen yang mesti dilengkapi untuk mengurus BPKB hilang adalah :

Baca Bisakah Bayar Pajak Motor Dengan Nembak KTP

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  3. Formulir pemohon dan cek fisik yang telah dilegalisir. Formulir dan cek fisik ini dapat diperoleh di Samsat.
  4. Laporan kehilangan BPKB dari kepolisian
  5. Kliping iklan koran di 2 media massa yang menyatakan bahwa BPKB yang hilang itu tidak berlaku lagi.
  6. Surat keterangan dari Reskrim atau Reserse
  7. Surat keterangan dari bank yang menyatakan bahwa BPKB sedang tidak dijadikan agunan di bank

Itulah syarat dokumen yang perlu disiapkan guna mengurus BPKB yang hilang. Apabila syarat-syarat itu telah lengkap, langsung saja datangi Samsat.

Advertisements

Langkah 2 : Mengurus BPKB hilang di Samsat

            Prosedur pengurusan BPKB hilang di Samsat antara lain :  

Baca Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

  1. Bawa persyaratan dokumen serta kendaraan yang BPKB-nya hilang ke Kantor Samsat
  2. Ajukanlah permohonan mengganti BPKB yang hilang. Nantinya akan dilakukan cek fisik.
  3. Usai cek fisik, lanjut ke loket pendaftaran. Disana petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Setelah itu, serahkan formulir beserta persyaratan lainnya kepada petugas. Petugas akan memproses pengurusan BPKB hilang. Bayarkan biaya penerbitan BPKB. Jika belum membayar pajak, maka akan diminta membayarkan pajaknya sekaligus.
  4. Petugas akan memberikan bukti pembayaran yang dapat digunakan untuk mengambil BPKB. Penerbitan BPKB ini membutuhkan waktu yang bermacam-macam, sesuai dengan kondisi dan prosedur di Samsat masing-masing daerah.

Itulah prosedur mengurus BPKB yang hilang di Kantor Samsat. Dalam pengurusan BPKB yang hilang ini, diperlukan biaya. Untuk kendaraan roda 2 atau roda 3, biaya pengurusan BPKB hilang adalah Rp.225.000. Sementara untuk kendaraan roda 4, biayanya adalah Rp.375.000.

Bila dicermati, mengurus BPKB yang hilang membutuhkan biaya dan waktu yang  tidak sedikit. Itulah kenapa dokumen berharga ini memang harus dijaga dengan baik-baik.

Fungsi BPKB

Bagi pemilik kendaraan dan pemerintah, BPKB memiliki beberapa fungsi, yakni :

Baca Kisaran Biaya Pembuatan STNK dan BPKB Mobil Terbaru

  1. Sebagai tanda pengenal dari kendaraan bermotor, baik kendaraan yang masih aktif maupun yang sudah rusak.
  2. BPKB merupakan surat berharga yang dapat dijadikan agunan guna memperoleh pinjaman. Besar pinjaman yang dapat diperoleh dengan BPKB juga tergolong besar.
  3. Keberadaan BPKB meningkatkan nilai jual kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan BPKB akan turun secara drastis nilai jualnya.
  4. Bagi pemerintah, BPKB digunakan untuk memantau jumlah kendaraan bermotor serta Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari kendaraan bermotor.
  5. BPKB juga merupakan bentuk registrasi kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk menyelidiki kasus kejahatan yang berhubungan dengan kendaraan bermotor.
Advertisements
error: Content is protected !!