Bisakah Gadai AJB Rumah di Pegadaian

AJB (Akta Jual Beli) Rumah merupakan dokumen sah yang menyatakan pemindahahan hak kepemilikan rumah dari pemilik lama (penjual) ke pemilik baru (pembeli). AJB tergolong sebagai dokumen berharga, selain dokumen seperti SHM (Sertifikat Hak Milik). Namun, apakah AJB Rumah dapat digadaikan di Pegadaian?

Ternyata, Pegadaian tidak menerima pinjaman dengan jaminan AJB Rumah. Selain AJB, sertifikat tanah juga belum bisa digunakan sebagai jaminan di Pegadaian. Jaminan yang dapat digadaikan di Pegadaian antara lain emas, peralatan elektronik hingga kendaraan.

Jika hendak mengajukan pinjaman di Pegadaian, maka nasabah harus datang ke Pegadaian dengan membawa barang yang akan digadaikan. Barulah kemudian pihak Pegadaian akan menaksir nilai barang sebelum kemudian menginformasikan jumlah pinjaman yang diberikan.

Advertisements

            Terjawab sudah bahwa Pegadaian tidak menerima gadai AJB. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena ada bank-bank lain yang menerima pinjaman dengan jaminan AJB.

Daftar Bank Gadai AJB Rumah

Bank yang disebut di bawah ini tentu merupakan bank yang terjamin keamanannya alias berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Baca Trik Ampuh Pengajuan Home Kredit Sampai Deal

  1. Bank Danamon

Di Bank Danamon, kredit jaminan AJB dilayani melalui Kredit Multiguna. Kredit Multiguna merupakan kredit dana tunai dengan jaminan berupa properti seperti rumah, toko, hingga apartemen. Pinjaman maksimal yang diberikan oleh Bank Danamon ialah mencapai Rp 8 milyar dengan jangka waktu pengembalian ialah 1 – 10 tahun.

Saat hendak mengajukan pinjaman, tentu wajib untuk mengetahui simulasi dari pinjaman tersebut. Berikut ialah simulasi singkat Kredit Multiguna Bank Danamon :

Apabila pinjaman sebesar Rp 500 juta, dengan tenor pinjaman 10 tahun. Sedangkan rasio pinjaman yang diberikan terhadap nilai agunan ialah 80%, maka suku bunga yang dikenakan ialah 9,5%. Dengan begitu jumlah cicilan per bulannya ialah Rp.5.283.815,-.

Siapapun dapat mengajukan Kredit Multiguna di Bank Danamon, asalkan sudah berusia 21 tahun, memiliki agunan serta memenuhi persyaratan dokumen seperti KTP pemohon dan pasangan (apabila sudah menikah), surat nikah, kartu keluarga, NPWP atau SPT tahunan, pas foto ukuran 3×4 serta fotokopi rekening tabungan.

Advertisements
  1. Bank CIMB Niaga

Di Bank CIMB Niaga, kredit jaminan AJB dilayani melalui Kredit Mikro Utama. Agunan yang dapat digunakan dalam pinjaman ini ialah SHM / SHGB / AJB tanah, bangunan kios atau rumah, Akta hibah / PPJB, BPKB motor, hak pakai kios / rumah (SIPTU) dan SHMRMS / hak sewa. Baca Bisakah Gadai AJB Rumah di Bank BRI

Dalam pinjaman Kredit Mikro Utama, nasabah dapat memperoleh pinjaman mulai Rp 20 juta – 1 miliar yang dapat dikembalikan dalam jangka waktu 12 bulan – 60 bulan.

Untuk mengajukan pinjaman ini, setidaknya anda harus sudah bekerja atau memiliki usaha yang telah berjalan selama 2 tahun. Selain itu, lokasi anda setidaknya ialah 10 km dari kantor cabang Bank CIMB Niaga.

Sementara itu, persyaratan dokumen yang harus dipenuhi dalam mengajukan pinjaman ini ialah :

  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah
  • Fotokopi AJB atau Sertifikat Rumah
  • Surat Ijin Usaha atau Surat keterangan usaha (bagi pengusaha)
  • Laporan keuangan selama 3 bulan terakhir atau nota pembelanjaan 3 bulan terakhir
  • Rekening tabungan atau rekening koran
  • NPWP pribadi atau NPWP tempat usaha
  • PBB terakhir
  1. BPR (Bank Pengkreditan Rakyat)

BPR dapat menjadi solusi alternatif apabila anda bingung hendak mengajukan kredit AJB. BPR merupakan bank yang melakukan kegiatan usaha perbankan dengan prinsip konvensional atau syariah.

Namun, BPR tidak memberikan jasa pada lalu lintas pembayaran (simpanan giro, kegiatan valas, pengasuransian) seperti halnya bank pemerintah. Baca Bisakah Gadai AJB Rumah di Bank Mandiri

Pinjaman yang diberikan untuk jaminan AJB di BPR biasanya mulai dari nilai Rp 5 – 25 juta. Hendaknya anda mengajukan kredit di BPR tempat domisili anda. Persyaratan yang umumnya diminta oleh BPR ialah :

  • Berumur 21 – 65 tahun atau sudah menikah
  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan (jika sudah menikah)
  • Fotokopi sertifikat (SHM/SGB), IMB, serta PBB selama 3 tahun terakhir
  • Fotokopi slip gaji
  • Rekening tabungan
error: Content is protected !!