Bisakah Pinjaman dengan Jaminan SPPT

SPPT (Surat Keputusan Pajak Terutang) merupakan surat yang menyatakan besarnya pajak yang harus dibayar selama 1 tahun terkait kepemilikan tanah atau bangunan. SPPT ini merupakan surat yang dikeluarkan oleh Kepala KPP. SPPT tentu termasuk sebagai surat pertanahan. Namun, bisakah SPPT ini digunakan sebagai jaminan saat mencari pinjaman?

Perlu diketahui SPPT tidak dapat digunakan sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman. Ini karena SPPT bukanlah bukti kepemilikan tanah. Nama yang tertera pada SPPT ini bisa saja berbeda dengan nama yang tertera pada Sertifikat Hak Milik. Karena itu, SPPT berlaku hanya sebagai jaminan tambahan ketika mengajukan pinjaman.

Cara terbaik untuk dapat mengagunkan tanah ialah dengan menggunakan sertifikat tanah. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam memperoleh kredit. Jika menggunakan jaminan selain sertifikat, bank kemungkinan akan menolak pengajuan pinjaman sebab jaminan yang digunakan kurang kuat di mata hukum.

Advertisements

Kenapa bank berlaku demikian? Hal ini berhubungan dengan keamanan pihak bank selama kredit berlangsung. Bukti Kepemilikan tanah yang tidak sah berpotensi untuk menimbulkan kerugian bagi pihak bank. Jika terjadi sengketa pada tanah yang diagunkan, maka posisi bank sebagai pemegang jaminan yang kurang kuat itu akan lemah dan terancam merugi.

Sebenanya, ada banyak pinjaman lain yang dapat diajukan selain menggunakan jaminan bukti kepemilikan tanah. Salah satu pinjaman yang menawarkan syarat mudah itu ialah pinjaman di Pegadaian. Pegadaian punya berbagai pinjaman dengan jaminan yang mudah diakses, seperti peralatan elektronik, surat kepemilikan kendaraan sampai perhiasan emas.

Baca Bisakah Gadai Surat Tanah SK Camat di Pegadaian

Namun jika anda bersikukuh untuk mengagunkan tanah, maka dapat menggunakan girik, letter C atau petok D dari tanah tersebut untuk diagunkan di koperasi atau BPR (Bank Pengkreditan Rakyat). Koperasi umumnya mau memberikan pinjaman dengan jaminan tersebut.

BPR sendiri dapat menjadi solusi alternatif apabila anda bingung kemana hendak mengajukan kredit dengan jaminan Petok D, Letter C, ataupun girik. Apa sih BPR itu? Apa bedanya dengan bank konvensional? BPR merupakan bank yang melakukan kegiatan usaha perbankan dengan prinsip konvensional atau syariah.

Advertisements

Namun, BPR tidak memberikan jasa pada lalu lintas pembayaran (simpanan giro, kegiatan valas, pengasuransian) seperti halnya bank pemerintah. Pinjaman yang diberikan untuk jaminan Petok D di BPR biasanya mulai dari nilai Rp 5 – 25 juta. Anda dapat mengajukan pinjaman di BPR terdekat. Baca Apakah SPPT Bisa Digadaikan

Cara Mendaftarkan Tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Mendaftarkan tanah ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) sebenarnya sangat mudah. Secara garis besar, pengurusannya terbagi menjadi 3 langkah yakni, 1) pengurusan di kelurahan, 2) pengurusan di kantor pertanahan, dan 3) menyiapkan biaya untuk pembuatan sertifikat tanah.

Bagaimana detail pendaftaran tanah ini? Simak infonya berikut :

  1. Di Kelurahan, siapkan Surat Keterangan Tidak Sengketa, Surat Keterangan Riwayat Tanah, Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik. Surat Keterangan Tidak Sengketa ini ditandatangani oleh Lurah dan disaksikan oleh ketua RT dan RW. Surat Keterangan Riwayat Tanah ini menjelaskan tentang riwayat penguasaan tanah dari awal sampai proses peralihan tanah. Sementara Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik ialah surat dari Lurah atau Kepala Desa yang menyatakan bahwa anda telah menguasai tanah yang disebutkan.
  2. Di Kantor Pertanahan, bawalah dokumen surat tanah, fotokopi KTP, KK, SPPT PBB, surat pernyataan sudah memasang tanda batas dan dokumen lain yang berkaitan dengan pengurusan tanah. Setelah didaftarkan, akan dilaksanakan pengukuran ke tanah yang hendak didaftarkan. Setelahnya, akan dilakukan pengesahan Surat Ukur oleh BPN. Ternyata, proses pengecekan tidak berhenti disini. Masih ada tim peneliti yang akan memverifikasi surat ukur. Biasanya tim ini terdiri dari petugas BPN yang ditugaskan beserta Lurah. Apabila seluruh persyaratan sudah dinyatakan memenuhi, barulah akan diumumkan data yuridis di Kantor Kelurahan dan BPN yang berlangsung selama 60 hari.
  3. SK Tanah akan diterbitkan setelah pembayaran BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan). SK Tanah pun dapat diambil di BPN.

Baca 5 Lokasi Pinjaman Dana Tunai Jaminan AJB Tanah

Itulah cara mendaftarkan tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Perlu diketahui proses sertifikasi tanah dari awal hingga selesai ini memerlukan waktu kira-kira 6 bulan. Cukup lama memang. Tetapi, setelah SHM telah jadi, anda dapat dengan mudah mengajukan kredit dengan jaminan SHM tanah di bank.

error: Content is protected !!