Cara Ajukan Klaim Asuransi Mobil Kredit

Selain mobil yang dibeli secara cash, mobil yang dibeli secara kredit juga perlu diasuransikan. Dengan begitu debitur tidak akan menanggung segalanya sendiri ketika terjadi kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan. Lalu, bagaimana cara mengajukan klaim asuransi untuk mobil kredit?

Cara mengajukan klaim asuransi mobil kredit secara umum sama dengan mobil yang dibeli secara cash, yakni :

  • Segera lapor pada perusahaan pembiayaan atau perusahaan asuransi tempat mengasuransikan mobil. Pelaporan ini bisa dilakukan melalui telepon yang tertera pada polis asuransi.
  • Setelah melapor, siapkan pula berbagai persyaratan untuk mengajukan klaim.
  • Setelah dokumen persyaratan lengkap, kunjungi kantor perusahaan asuransi yang ada di daerah anda. Anda akan diminta untuk mengisi formulir klaim asuransi dan menyerahkan dokumen persyaratan.
  • Petugas asuransi akan memproses pengajuan klaim. Survey biasa dilakukan sebelum menyetujui klaim asuransi. Biasanya dalam waktu 2 minggu, perusahaan asuransi akan memberitahukan tentang persetujuan atau penolakan pengajuan klaim.
  • Apabila mobil diklaim asuransinya sebab mengalami kerusakan, pastikan perusahaan asuransi menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk melakukan perbaikan di bengkel. Perbaikan mobil disarankan untuk dilakukan di bengkel rekanan. Jangan sungkan untuk terus memantau dan menanyakan perkembangan proses perbaikan kendaraan pada pihak asuransi dan bengkel.

Itulah cara mengajukan klaim asuransi mobil kredit. Biasanya, persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim asuransi mobil ialah : fotokopi STNK, fotokopi SIM pengemudi, surat keterangan dari kepolisian setempat, surat tuntutan dari pihak ketiga (jika terdapat tuntutan dari pihak ketiga, serta foto kendaraan (apabila mengalami kerusakan akibat kecelakaan) . Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Advertisements

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Ada 2 jenis asuransi mobil, yakni :

  1. Asuransi All Risk

Perlindungan all risk menjamin risiko terhadap kerugian maupun kerusakan yang dialami oleh kendaraan yang diasuransikan, baik sebagian (partal loss) pun secara keseluruhan (total loss) sesuai dengan polis asuransi kendaraan bermotor.

Risiko yang dijamin, antara lain: kerusakan/kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran, sambaran petir. Sedangkan risiko yang tidak dijamin, yakni: penggelapan (KUHP Pasal 372), penipuan, aktivitas berbahaya dan bencana alam.

Advertisements
  1. Asuransi Total Loss Only

Perlindungan Total Loss Only menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total yang bisya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau lebih tinggi dari 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian atau hilang akibat pencurian.

Kondisi-kondisi yang Menggagalkan Persetujuan Klaim Asuransi

Walaupun mobil telah dijamin asuransi, dalam kondisi tertentu perusahaan asuransi memiliki hak untuk menolak pengajuan klaim. Kondisi yang dimaksud ialah: Baca Biaya Klaim Asuransi All Risk

  1. Terbukti berada di bawah pengaruh minuman keras, narkoba atau sejenisnya saat mengendarai mobil.
  2. Melakukan pelanggaran lalu lintas.
  3. Masa berlaku SIM telah berakhir.
  4. Masa berlaku polis telah melampaui tenggang waktu yang ditentukan, sementara perusahaan asuransi sudah melayangkan renewal notice
  5. Menerobos genangan air atau banjir yang mengakibatkan kerusakan pada mesin.
  6. Melakukan modifikasi atau penggantian komponen teknis kendaraan tanpa persetujuan atau pengabsahan dalam polis.
  7. Kehilangan barang atau mobil akibat diserahkan kepada valet parking (terkecuali jika polis Anda dilengkapi dengan klausul terkait).
  8. Memiliki dua polis asuransi kendaraan yang berbeda untuk satu objek.
  9. Masuk dalam kategori penggelapan untuk memproses klaim kehilangan kendaraan.
  10. Menggangap asuransi all risk menjamin semua risiko. Perlu diketahui bahwa cakupan jaminan disesuaikan dengan kesepakatan awal.

Beberapa Perusahaan Asuransi Mobil

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan kredit untuk mobil. Perusahaan asuransi itu antara lain :

  1. Garda Oto

Garda Oto merupakan perusahaan asuransi yang salah satu produknya adalah asuransi mobil. Perlindungan yang ditawarkan ialah All Risk dan Total Loss Only.

Dibandingkan dengan asuransi mobil yang lainnya, Garda Oto memiliki kelebihan, yakni adanya aplikasi mobile sehingga klaim bisa dilakukan secara online. Baca Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Oto Finance

  1. ACC

Sama halnya dengan Garda Oto, ACC menyediakan asuransi mobil All Risk dan Total Loss Only. Di ACC perlindungan dapat diperluas hingga perlindungan untuk pihak ketiga yang terkena dampak kecelakaan dan juga rawat inap.

error: Content is protected !!