Cara Bayar Pajak Motor Bukan Nama Sendiri Wajib Sertakan Ini

Bayar Pajak Motor Bukan Nama Sendiri – Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak tahunan yang wajib dibayarkan oleh seseorang yang memiliki kendaraan bermotor. Dalam membayar pajak motor, yang perlu diketahui adalah syarat dan prosedurnya.

Syarat membayar pajak motor berbeda pada motor yang STNK-nya atas nama sendiri dengan atas nama orang lain.

Jika STNK-nya atas nama sendiri, maka syarat dokumen yang disiapkan adalah :

Advertisements
  1. KTP pemilik motor dan fotokopinya
  2. BPKB Asli serta fotokopi
  3. STNK asli

Namun, jika kendaraan bermotor masih atas nama orang lain, maka lengkapi dengan dokumen berikut ini :

  1. KTP sesuai STNK motor dan fotokopinya
  2. Surat Kuasa yang ditandatangani dan diberi materai

KTP asli sesuai STNK memang menjadi persyaratan dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Secara otomatis, pemilik kendaraan harus meminjam KTP asli kepada individu yang namanya tertera di STNK. Untuk menghindari hal tersebut, hal yang dapat dilakukan adalah melakukan balik nama segera setelah membeli kendaraan second. Sehingga selanjutnya, pengurusan pajak motor bisa berlangsung lancar.

Di lapangan sebenarnya ada calo yang dapat menguruskan pembayaran pajak tanpa menggunakan KTP asli. Namun, harus siap merogoh kocek dalam-dalam karena biayanya tentu jauh lebih tinggi dibanding kalau mengurus sendiri.

Baca Cara Membayar Pajak Motor yang Telat di Samsat

Tanpa repot bolak balik ke Kantor Samsat, pajak motor sudah bisa diperpanjang. Namun, kekurangan cara ini adalah, melalui praktik tersebut kita berarti melanggar hukum dan melanggengkan sistem yang KKN.

Langkah-langkah Membayar Pajak Motor Tahunan Atas Nama Orang Lain

Secara garis besar, pembayaran pajak motor atas nama orang lain sama dengan atas nama diri sendiri. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran pajak motor.
  2. Datangi Kantor Samsat, kemudian antri di Loket Pendaftaran.
  3. Isikan formulir secara lengkap. Formulir ini berisi informasi seperti nama, alamat serta nomor polisi kendaraan. Setelah selesai, serahkan formulir ke petugas beserta berkas yang diminta.
  4. Berkas berupa STNK dan KTP akan dicek oleh petugas. Petugas kemudian menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  5. Langkah selanjutnya adalah pembayaran pajak motor tahunan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).
  6. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli yang sudah diperpanjang selama 1 tahun bisa diambil.

Baca Ini Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Advertisements

Langkah Pembayaran Pajak Motor 5 Tahun atau Mengganti Plat Nomor Kendaraan

Pembayaran pajak motor 5 tahunan berbeda dengan pajak motor 1 tahunan. Pada pajak 5 tahunan ini dilakukan prosedur penggantian plat nomor. Prosedurnya adalah :

  1. Pengecekan fisik. Pada tahap ini, kendaraan akan dicek sehingga dibuatlah laporan hasil cek fisik yang menjadi syarat untuk menuju loket pendaftaran.
  2. Di loket pendaftaran, serahkan hasil cek fisik serta persyaratan lain seperti STNK dan KTP. Petugas akan memeriksa dokumen dan menerbitkan surat keterangan yang menyatakan bahwa kendaraan tidak bermasalah.
  3. Di loket perpanjangan STNK, dilakukan pengecekan dokumen kembali, termasuk surat yang diperoleh dari loket pendaftaran.
  4. Selanjutnya adalah proses pembayaran pajak 5 tahunan.
  5. Setelah pembayaran, STNK, Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) serta plat nomor yang baru dapat diambil.

Tips Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

            Ada berbagai tips yang dapat dilakukan sehingga pembayaran pajak motor menjadi kegiatan yang tidak merepotkan. Simak tipsnya berikut ini :

Baca Bisakah Bayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

  1. Gunakan layanan Samsat Keliling agar pembayaran lebih cepat dan tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Kantor Samsat. Di setiap daerah, pasti ada layanan Samsat Keliling yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor. Samsat Keliling ini biasanya ada di ruang publik yang gampang diakses masyarakat, contohnya mall. Kelebihan Samsat Keliling ini adalah pelayanannya biasa dilakukan lewat satu pintu. Berbeda dengan di Kantor Samsat, dimana harus menuju loket yang berbeda-beda untuk membayar pajak.
  2. Gunakan layanan e-Samsat untuk kemudahan yang lebih maksimal. Pembayaran pajak motor juga dapat dilakukan secara online. Tinggal masuk ke website e-Samsat masing-masing daerah, memperoleh kode bayar, selanjutnya pembayaran dapat dilakukan di ATM. STNK yang sudah diperbarui pun tinggal diambil di Kantor Samsat. Dengan cara ini, tidak perlu lagi mengantre.
error: Content is protected !!