Cara Cek STNK Asli Online Dengan Mudah

Pada kendaraan motor, kadang ada praktik pemalsuan STNK. STNK sendiri merupakan salah satu dokumen penting dari kendaraan bermotor. Agar tidak tertipu, maka mesti berhati-hati saat membeli kendaraan bermotor, khususnya yang second.

Sangat penting untuk mengecek kelengkapan dan keaslian surat kendaraan bermotor. Memang ada beberapa cara untuk mengecek keaslian STNK. Namun diperlukan kepekaan dan ketelitian untuk melakukannya. sehingga beberapa orang merasa ragu dengan penilaiannya sendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan mengecek STNK asli secara online.

Advertisements

Mengecek STNK asli secara online ini sangatlah mudah. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, siapkan STNK yang akan dicek keasliannya.
  2. Kedua, kunjungi website pengecekan STNK asli. Saat ini, hanya beberapa daerah yang memiliki layanan ini seperti Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta serta Aceh.
  3. Masukkan nomor polisi kendaraan bermotor pada kolom yang telah disediakan.
  4. Klik “Proses” atau “Cari”
  5. Informasi mengenai kendaraan bermotor akan muncul.

Pengecekan keaslian STNK ini juga dapat dilakukan melalui SMS. Tiap daerah memiliki nomor tujuan SMS yang berbeda-beda. Contohnya untuk daerah Jakarta, SMS dikirimkan ke nomor 1717. Format yang ditetapkan untuk pengecekan STNK di masing-masing daerah juga berbeda.

Di Jakarta sendiri, formatny adalah “METRO(spasi)NOMOR POLISI”. Biasanya, layanan ini dikenakan tarif SMS kurang lebih Rp.1000,-.

Cara lain untuk mengecek STNK asli adalah dengan mengunjungi Kantor Samsat terdekat. Disana petugas akan membantu mengecekkan apakah STNK itu asli atau tidak.

Mengecek Keaslian STNK dan BPKB Dari Fisiknya

Baca Tahapan Plus Biaya Balik Nama Motor dan Mutasi

Ciri-ciri BPKB Palsu :

Advertisements
  1. Cover. Cover BPKB palsu kurang mengkilap jika dibanding dengan cover BPKB yang asli. Bahan covernya juga jelas berbeda.
  2. Hologram. Hologram pada halaman depan di BPKB palsu biasanya akan berubah warna menjadi kuning apabila diterawang. Sementara itu hologram BPKB asli warnanya akan tetap silver atau abu-abu saat diterawang. Hologram pada BPKB palsu akan terlihat halus, rapi dan menyatu dengan kertas.
  3. Nomor Seri BPKB. Nomor Seri BPKB memiliki maksud dan tujuan tertentu. Salah satu tujuan nomor seri adalah identifikasi domisili pemilik kendaraan. Makna nomor seri secara lengkap hanya pihak Korlantas saja yang tahu. Dengan begitu BPKB palsu akan gampang dikenali karena mereka nomor seri dengan sembarangan.
  4. Identitas Kendaraan dan Pemilik. Pada BPKB palsu, sering kali dibuat dan diprint ulang bagian identitas kendaraan, sementara bagian identitas pemilik kendaraan tidak diubah.
  5. Lambang Korlantas. Pada halaman ke 14, terdapat lambang korlantas. Nah, pada BPKB palsu biasanya lambang Korlantas tidak timbul, jika diraba terasa rata. Sementara pada BPKB yang asli, lambang Korlantas harusnya terasa timbul jika diraba. Selain itu, lambang ini ketika disinari dengan Ultraviolet akan muncul angka dan huruf yang bermacam-macam, hal ini yang tidak bisa muncul pada BPKB palsu.

Cara Mengetahui STNK Palsu :

Baca dulu Segini Kisaran Biaya Balik Nama BPKB Motor

  1. Pada bagian sisi kanan atas STNK, terdapat hologram berwarna silver. Jika STNK itu palsu, biasanya hologram akan berubah warna apabila diterawang.
  2. Lubang yang Membentuk Kata STNK. Pada bagian kanan STNK asli, terdapat titik-titik lubang yang membentuk kata STNK. Pada STNK palsu, hal ini tidak ada.
  3. Nomor Rangka dan Nomor Mesin. Jika surat-surat kendaraan itu asli, nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di kendaraan harus sama dengan yang ada di STNK maupun BPKB.
  4. STNK asli apabila discan di website Samsat, akan muncul informasi tentang identitas pemilik kendaraan. Jika STNK itu palsu, maka identitas itu tidak akan muncul karena nomornya tidak terdaftar.

Itulah serangkaian informasi tentang mengecek keaslian STNK secara online, SMS, ke Kantor Samsat langsung, maupun melalui pengujian fisik. STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan wajib dibawa ketika berkendara. Baca Begini Cara Mengetahui Nomor BPKB Pada STNK

Pada saat diadakan razia lalu lintas, STNK adalah dokumen yang akan diminta dan diperiksa, selain SIM (Surat Ijin Mengemudi). STNK juga digunakan sebagai syarat saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor 1 tahunan maupun 5 tahunan.

Advertisements
error: Content is protected !!