Cara Klaim Asuransi Adira Motor Hilang

Asuransi motor adalah sebuah pelimpahan resiko dari nasabah kepada perusahaan asuransi ketika ada kehilangan atau kerusakan motor. Dengan adanya asuransi, resiko saat kehilangan motor dapat menjadi lebih ringan.

Asuransi motor juga disediakan oleh perusahaan kredit Adira. Asuransi dapat diklaim salah satunya  Lalu, bagaimanakah cara klaim asuransi motor hilang di Adira?

            Pertama-tama, pastikan bahwa penyebab klaim asuransi telah sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Adira.

Persyaratan ini biasanya terdapat dalam polis asuransi. Klaim asuransi di Adira dapat diberikan kepada debitur apabila kendaraan hilang (Total Loss Stolen) atau kecelakaan total (Total Loss Accident) dengan nilai kerusakan minimal 75%.

Advertisements

Jenis asuransi yang terdapat di Adira ada 2 yakni, Total Loss Stolen dan Total Loss Accident. Apa perbedaan keduanya?

  • Total Loss Stolen ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang hilang akibat dicuri
  • Total Loss Accident ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang mengalami kecelakaan yakni ditabrak, yang mana seluruh hal terkait asuransi ini diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI)

Apabila yang terjadi pada kendaraan nasabah merupakan salah satu dari 2 hal di atas, maka ikuti langkah selanjutnya. Baca Telat Bayar Cicilan Motor Adira Hitung Kisaran Dendanya

            Kedua, siapkan persyaratan dokumen untuk mengajukan klaim asuransi.

Jika klaim asuransi dilakukan karena adanya kecelakaan atau Total Loss Accident, maka persyaratan dokumen yang disiapkan adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kecelakaan terjadi
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak

Sementara, dokumen klaim asuransi yang disiapkan untuk penyebab kehilangan akibat pencurian (Total Loss Stolen) adalah :

Advertisements
  • Fotokopi KTP
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak
  • Laporan kemajuan dan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari Kapolsek atau Kapolres
  • Surat blokir BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) serta surat pengantar blokir STNK dari SAMSAT setempat
  • Surat keterangan kehilangan kendaraan yang diterbitkan oleh Kasatserse atau Kaditserse atau Dit Reskrim

Itulah dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim asuransi di Adira. Persyaratan dokumen ini harus dilengkapi dalam waktu maksimal 30 hari sejak pelaporan klaim asuransi. Baca UPDATE Gambar Contoh Nomor Kontrak Adira Finance

Ketiga, ajukan klaim di Adira

Datangi kantor Adira di daerah anda untuk mengajukan klaim asuransi. Kapan nasabah harus mengajukan klaim? Menurut situs resminya, nasabah dianjurkan melapor klaim awal asuransi dalam kurun waktu 5 hari kalender setelah tanggal kejadian pencurian atau kecelakaan.

Dengan tanggapnya nasabah dalam melaporkan kehilangan atau kecelakaan, maka asuransi dapat diproses dengan lebih cepat. Salah satunya karena bukti-bukti tentang kecelakaan atau kehilangan itu masih dapat ditelusuri. Karenanya, nasabah dianjurkan untuk segera mengurus persyaratan dokumen setelah terjadi kecelakaan atau kehilangan.

Lalu, bagaimana apabila nasabah baru bisa melaporkan kejadian kehilangan atau kecelakaan melebihi 5 hari? Menurut situs resmi Adira, pelaporan masih bisa diproses. Batas waktu maksimal pelaporan adalah kurang dari 30 hari sejak kejadian kehilangan atau kecelakaan.

Itulah cara untuk mengajukan klaim asuransi di Adira ketika motor hilang. Setelah melewati langkah-langkah tersebut, pihak Adira akan memproses klaim asuransi. Jika klaim asuransi yang diajukan sesuai persyaratan dan benar adanya, maka klaim asuransi dapat dicairkan.

Bagaimanakah pencairan klaim asuransi di Adira Finance ketika motor yang hilang atau rusak statusnya sedang kredit? Dana pencairan klaim asuransi akan digunakan untuk melunasi angsuran nasabah yang belum selesai. Kemudian, barulah sisa pencairan klaim itu diberikan kepada nasabah.

Lalu, bagaimanakah apabila dokumen persyaratan klaim asuransi tidak lengkap? Contohnya, apabila nasabah tidak menyerahkan STNK sebagai dokumen persyaratan, maka nasabah harus bersedia dikenakan potongan atas klaim asuransinya. Dengan ini, nasabah juga harus menandatangani Surat Pernyataan Bersedia Dikenakan Potongan. Baca Prosedur Penarikan Motor Adira Biasanya Berapa Bulan Telat Bayar

Potongan yang dikenakan kepada nasabah adalah sebesar Rp 500.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 1.000.000,- untuk mobil.

Itulah cara mengajukan klaim asuransi motor hilang di Adira.

error: Content is protected !!