Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Mega Finance

Mega Finance merupakan perusahaan asuransi yang salah satu produknya merupakan asuransi motor. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kecelakaan, maka sudah waktunya untuk mengklaim asuransi di Mega Finance. Lalu bagaimanakah cara klaim asuransi kehilangan motor di Mega Finance?

Pertama-tama, siapkan berkas klaim sebelum mengajukan klaim. Berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim asuransi di Mega Finance ialah :

  • Fotokopi KTP
  • Laporan Polisi (PL) atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi (STPL)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Kunci Kontak
  • Laporan kemajuan dan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari Kapolsek atau Kapolres
  • Surat blokir BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) serta surat pengantar blokir STNK dari SAMSAT setempat
  • Surat keterangan kehilangan kendaraan yang diterbitkan oleh Kasatserse atau Kaditserse atau Dit Reskrim

Seluruh berkas ini harus segera disiapkan segera setelah terjadi kehilangan sepeda motor. Setelah seluruh berkas dipenuhi, maka kunjungi kantor cabang Mega Finance secara langsung. Petugas Mega Finance akan memberikan formulir pengajuan klaim yang harus diisi oleh tertanggung. Baca Bisakah Klaim Garansi Motor Kecelakaan

Advertisements

Atau, anda juga bisa mendownload formulir tersebut secara online dan mengisinya sendiri. Petugas juga akan meminta berkas persyaratan. Kemudian, pihak Mega Finance akan memproses pengajuan klaim. Lama pemrosesan klaim ini biasanya memakan waktu paling lama 2 minggu sejak tanggal pengajuan.

Jenis-jenis Asuransi di Mega Finance

Ada beberapa jenis asuransi yang ada di Mega Finance, yakni :

  • Asuransi Total Loss Only

Asuransi Total Loss Only merupakan asuransi yang memberikan perlindungan keamanan jika biaya perbaikannya diatas nilai 75% atau kehilangan seluruhnya. Dibandingkan asuransi komprehensif, asuransi ini memiliki premi asuransi yang paling murah, yakni sekitar 1% dari harga kendaraan.

  • Asuransi Komprehensif

Asuransi komprehensif merupakan asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh dari kerusakan menyeluruh maupun kerusakan sebagian. Adapun penyebab-penyebab yang ditanggung asuransi ini ialah angin topan, badai, hujan es, banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, huru-hara, terorisme, hingga kecelakaan pengemudi dan penumpang.

Advertisements

Asuransi komprehensif sendiri nantinya dibagi menjadi 2 jenis, yakni asuransi komprehensif dan asuransi komprehensif plus. Perbedaan kedua jenis asuransi ini ialah luas pertanggungannya. Pada asuransi komprehensif plus, pertanggungannya lebih banyak. Baca Perhitungan Asuransi Motor Hilang FIF

Itulah beberapa asuransi yang ada di Mega Finance. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kondisi dimana asuransi tidak dapat diklaim. Kondisi-kondisi tersbebut adalah :

  1. Terbukti berada di bawah pengaruh minuman keras, narkoba atau sejenisnya saat mengendarai motor.
  2. Melakukan pelanggaran lalu lintas.
  3. Masa berlaku SIM telah berakhir.
  4. Menggunakan motor untuk balapan.
  5. Masa berlaku polis telah melampaui tenggang waktu yang ditentukan, sementara perusahaan asuransi sudah melayangkan renewal notice
  6. Menerobos genangan air atau banjir yang mengakibatkan kerusakan pada mesin.
  7. Melakukan modifikasi atau penggantian komponen teknis kendaraan tanpa persetujuan atau pengabsahan dalam polis.
  8. Kehilangan barang atau motor akibat diserahkan kepada valet parking (terkecuali jika polis Anda dilengkapi dengan klausul terkait).
  9. Memiliki dua polis asuransi kendaraan yang berbeda untuk satu objek.
  10. Masuk dalam kategori penggelapan untuk memproses klaim kehilangan kendaraan.
  11. dan lain-lain, sesuai tertera pada polis asuransi.

Mega Finance juga mempunyai ketentuan terkait asuransinya. Yang pertama ialah masa asuransi. Asuransi komprehensif masa berlakunya ialah 5 tahun, sedangkan masa berlaku asuransi Total Loss Only ialah 10 tahun.

Perlu diketahui bahwa asuransi ini hanya dapat digunakan oleh kendaraan pribadi atau dinas yang bukan komersial dengan plat berwarna hitam.

Harga pertanggungan kendaraan tentu juga akan semakin menyusut dengan semakin bertambahnya umur kendaraan. Berikut ialah depresiasi harga pertanggungan motor di Mega Finance : Baca Biaya Asuransi Motor Adira Per Bulan

  • Tahun pertama, nilai pertanggungan 100%
  • Tahun kedua, nilai pertanggungan 85%
  • Tahun ketiga, nilai pertanggungan 75%
  • Tahun keempat, nilai pertanggungan 70%
  • Tahun kelima, nilai pertanggungan 65%

Sementara biaya akuisis yang dikenakan di Mega Finance maksimal ialah sejumlah 25%.Itulah informasi tentang asuransi di Mega Finance yang wajib anda ketahui .

error: Content is protected !!