Cara Klaim Asuransi Mobil ACC

Memiliki mobil mungkin merupakan suatu kebahagiaan bahkan kebanggaan tersendiri bagi sebagaian besar masyarakat di Indonesia. Memiliki mobil bukanlah tanpa risiko. Ada banyak risiko yang menghantui pemilik kendaraan beroda empat ini, misal: mengalami kecelakaan di jalan sehingga menimbulkan kerusakan cukup parah pada mobil atau bisa juga mobil hilang.

Nah, agar kerugian yang Anda terima tidak terlampau besar, ada baiknya Anda mengasuransikan mobil kesayangan Anda.

Salah satu asuransi terbaik untuk mobil di Indonesia adalah asuransi Astra Credit Protection (ACP) yang dikeluarkan oleh ACC. Prosedur pengajuan klaim asuransi di ACC, secara garis besar diuraikan sebagai berikut. Baca Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Mega Finance

Advertisements
  1. Jika terjadi musibah/kecelakaan yang menimpa mobil Anda, segeralah melapor kepada perusahaan asuransi maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian.
  2. Menyiapkan lampiran kronologi kejadian yang Anda alami dengan singkat dan jelas.
  3. Membuat laporan kehilangan di kantor polisi terdekat jika mobil Anda hilang.
  4. Melengkapi dokumen pendukung seperti: data polis asuransi, STNK, identitas pengemudi lain yang terlibat insiden, dan sebagainya saat mengajukan klaim.
  5. Untuk pengajuan klaim di luar kota, terlebih dahulu mendokumentasikan nomor telepon penting, lokasi kantor perwakilan dan daftar bengkel rekanan.
  6. Survei klaim dapat dilakukan dengan memperlihatkan kondisi mobil di kantor cabang, bengkel rekanan, atau sebaliknya surveyor dapat menghampiri rumah atau kantor Anda. Bersikaplah pro aktif saat proses survey berlangsung.
  7. Memastikan bahwa pihak asuransi mengeluarkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk melakukan perbaikan di bengkel.
  8. Disarankan untuk melakukan perbaikan di bengkel rekanan.
  9. Jangan sungkan untuk terus memantau dan menanyakan perkembangan proses perbaikan kendaraan pada pihak asuransi dan bengkel.

Walaupun mobil telah dijamin asuransi, dalam kondisi tertentu perusahaan asuransi memiliki hak untuk menolak pengajuan klaim. Kondisi yang dimaksud ialah:

Advertisements
  1. Terbukti berada di bawah pengaruh minuman keras, narkoba atau sejenisnya saat mengendarai mobil.
  2. Melakukan pelanggaran lalu lintas.
  3. Masa berlaku SIM telah berakhir.
  4. Masa berlaku polis telah melampaui tenggang waktu yang ditentukan, sementara perusahaan asuransi sudah melayangkan renewal notice
  5. Menerobos genangan air atau banjir yang mengakibatkan kerusakan pada mesin.
  6. Melakukan modifikasi atau penggantian komponen teknis kendaraan tanpa persetujuan atau pengabsahan dalam polis.
  7. Kehilangan barang atau mobil akibat diserahkan kepada valet parking (terkecuali jika polis Anda dilengkapi dengan klausul terkait).
  8. Memiliki dua polis asuransi kendaraan yang berbeda untuk satu objek.
  9. Masuk dalam kategori penggelapan untuk memproses klaim kehilangan kendaraan.
  10. Menggangap asuransi all risk menjamin semua risiko. Perlu diketahui bahwa cakupan jaminan disesuaikan dengan kesepakatan awal.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi call center ACC di nomor 1500599. Layanan call center ini dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan tarif operator/tarif  lokal telepon yang Anda gunakan. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Toyota

Selain melalui call center, Anda juga dapat menyampaikan, keluhan, saran serta informasi terkait dengan mengisi form ‘hubungi kami’ pada website resmi ACC.

Asuransi Mobil di ACC

Asuransi yang ditawarkan oleh Astra Credit Companies (ACC) terdiri dari dua kondisi, yakni perlindungan komprehensif (all risk) dan perlindungan Total Loss Only.

Perlindungan all risk menjamin risiko terhadap kerugian maupun kerusakan yang dialami oleh kendaraan yang diasuransikan, baik sebagian (partal loss) pun secara keseluruhan (total loss) sesuai dengan polis asuransi kendaraan bermotor.

Risiko yang dijamin, antara lain: kerusakan/kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran, sambaran petir. Sedangkan risiko yang tidak dijamin, yakni: penggelapan (KUHP Pasal 372), penipuan, aktivitas berbahaya dan bencana alam.

Perlindungan Total Loss Only menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total yang biasa perbaikannya diperkirakan sama dengan atau lebih tinggi dari 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian atau hilang akibat pencurian. Baca Solusi Saat Motor Hilang Saat Kredit

Ditinjau dari penggunaan kendaraan dibedakan menjadi dua kategori, yakni: pribadi/dinas/privat dan komersial. Untuk kategori pertama, tertanggung tidak menerima imbalan berupa uang/balas jasa. Berbeda dengan kategori kedua, tertanggung berhak memperoleh imbalan berupa uang/balas jasa dari hasil penyewaan.

error: Content is protected !!