Cara Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Dari berbagai asuransi kendaraan bermotor, khususnya mobil, Garda Oto merupakan salah satu yang terbaik di bidangnya. Garda Oto menawarkan fasilitas klaim yang sangat mudah bagi nasabahnya. Anda cukup melaporkan kejadian yang menimpa mobil anda melalui contact center Garda Oto di nomor 1 500 11.

Contact center melayani pengaduan selama 24 jam. Atau bila memungkinkan, Anda dapat langsung mendatangi kantor cabang/Garda Center terdekat Perlu Anda ketahui bahwa pelaporan kerugian harus dilakukan selambat-lambatnya lima hari kerja setelah kejadian, seperti yang tercantum dalam polis.

Selanjutnya petugas dari Garda Oto akan membantu Anda untuk menjelaskan prosedur dan informasi lain yang Anda perlukan.

Advertisements

Kabar baik untuk Anda! Kini Garda Oto hadir dalam aplikasi Garda Mobile Otocare yang semakin memudahkan Anda untuk mengajukan klaim. Prosedur klaim via aplikasi Garda Mobile Otocare, yakni:

  1. Mengirim laporan kerugian melalui fitur Garda Oto.
  2. Tim surveyor akan melakukan survei terhadap kerusakan mobil Anda dan merencanakan kegiatan perbaikan.
  3. Anda akan mendapat Surat Perintah Kerja elektronik (e-SPK).
  4. Mobil Anda akan dijemput untuk diantar ke bengkel rekanan Garda Oto (layanan ini berlaku di wilayah Jakarta).
  5. Mobil yang telah diperbaiki dijemput dari bengkel untuk diantar ke tempat Anda (layanan ini berlaku di wilayah Jakarta).

Klaim yag diterima oleh Garda Center terbagi menjadi dua jenis, yakni klaim kerugian sebagian (partial loss) dan klaim kerugian total (total loss).

Prosedur klaim kerugian sebagian (partial loss), terdiri atas:

  1. Laporan Kejadian

Pelapor terlebih dahulu meng-install aplikasi Garda Mobile Otocare. Selanjutnya melakukan registrasi dan mengisi “Laporan Kejadian” pada menu Garda Oto.)Baca Cara Klaim Asuransi Mobil ACC

Dokumen yang perlu Anda siapkan, antara lain: fotokopi STNK, fotokopi SIM pengemudi, surat keterangan dari kepolisian setempat (jika kerugian diakibatkan oleh perbuatan jahat orang lain atau melibatkan pihak ketiga), dan surat tuntutan dari pihak ketiga (jika terdapat tuntutan dari pihak ketiga).

  1. Survei Kendaraan

Silakan datang ke kantor cabang atau Garda Center terdekat dengan membawa dokumen pendukung untuk mengisi formulir klaim dan melakukan survei kendaraan. Petugas survei Garda Oto akan menganalisis kerugian dan memeriksa kerusakan mobil Anda.

Advertisements
  1. Surat Perintah Kerja

Apabila kerugian dan kerusakan dijamin oleh polis, petugas survei akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di hari yang sama setelah dokumen lengkap untuk perbaikan kendaraan Anda di bengkel rekanan Garda Oto.

  1. Perbaikan Kendaraan

Di tahap ini, mobil Anda akan dibawa ke bengkel untuk tindakan perbaikan berdasarkan Surat Perintah Kerja yang sudah dibuat. Pihak Garda Oto akan menghubungi Anda kembali saat proses perbaikan sudah selesai.

Pembayaran risiko sendiri dilakukan di bengkel setelah kendaraan Anda selesai diperbaiki dan akan diserahterimakan oleh bengkel rekanan.Baca Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Adapun klaim kerugian total (total loss), terdiri atas:

  1. Laporan Kejadian

Pelapor terlebih dahulu meng-install aplikasi Garda Mobile Otocare. Selanjutnya melakukan registrasi dan mengisi “Laporan Kejadian” pada menu Garda Oto.

  1. Survei dan Investigasi

Datang ke cabang asuransi Astra/Garda Center terdekat untuk melengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu: fotokopi SIM pengemudi, fotokopi STNK, surat keterangan dari kepolisian setempat, Surat

Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda setempat (untuk kendaraan hilang), surat blokir STNK (untuk kendaraan hilang), formulir interview (untuk kendaraan hilang), dan formulir bersedia disurvei (untuk kendaraan hilang).

Petugas survei kami melakukan survei dan analisa klaim. Jika dianggap perlu, untuk kendaraan hilang dilakukan investigasi oleh lembaga investigasi independen. Sementara untuk kendaraan rusak parah, dilakukan estimasi kerusakan oleh bengkel atau loss adjuster.

  1. Melengkapi Dokumen Tambahan

Jika klaim disetujui, silakan melengkapi dokumen tambahan, yaitu: BPKB & faktur asli, tiga lembar kuitansi, surat pencabutan blokir (untuk kendaraan hilang), surat abandonment, STNK asli, kunci kontak asli dan serep. Baca Cara Pembelian dan Pembiayaan Asuransi Motor Honda Cash

  1. Pembayaran Klaim

Pembayaran klaim dilakukan paling lambat 14 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima oleh Asuransi Astra dan dibayarkan ke rekening tertanggung.

Demikian ulasan mengenai cara klaim asuransi mobil di Garda Oto.

error: Content is protected !!