Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Oto Finance

Ketika motor yang diasuransikan hilang, maka sudah saatnya untuk melakukan klaim asuransi. Jika anda sedang mengasuransikan motor di Oto Finance, maka berikut adalah cara klaim asuransi motor hilang di Oto Finance.

Untuk klaim asuransi, anda dapat mengunjungi kantor cabang Oto Finance tempat motor anda terdaftar. Pelayanan Oto Finance buka pada hari Senin hingga Jumat pada pukul 08.30 – 14.00. Sedangkan hari Sabtu, pelayanan pada pukul 08.30 – 14.00.

Dokumen apa saja yang perlu dibawa? Anda hanya perlu menyiapkan :

  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • KTP asli
  • STNK asli
  • Kunci kontak (sejumlah 2)

Setelah dokumen diberikan, maka Oto Finance akan mengevaluasi pengajuan klaim. Setelah itu, barulah persetujuan/penolakan klaim asuransi akan dikabarkan.

Advertisements

Sementara untuk kasus kerusakan akibat kecelakaan, yang perlu disiapkan adalah :

  • KTP asli,
  • SIM C,
  • Surat laporan yang berasal dari Kepolisian setempat, serta
  • foto unit kendaraan dari depan, belakang, kanan dan kiri.

Perlu diingat bahwa klaim akibat kecelakaan hanya bisa dilakukan jika nilai kerusakan sama dengan atau lebih dari 75%. Ini karena jenis asuransi yang ada di Oto Finance ialah asuransi Total Loss Only, yang terdiri dari Total Loss Stolen dan Total Loss Accident. Baca Biaya Asuransi Motor Adira Per Bulan

  • Total Loss Stolen, ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang hilang akibat dicuri
  • Total Loss Accident, ialah asuransi yang mengganti nilai kerugian secara menyeluruh atas kendaraan yang mengalami kecelakaan yakni ditabrak, yang mana seluruh hal terkait asuransi ini diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI)

Perhitungan Asuransi Motor Hilang

Bagaimanakah perhitungan asuransi motor hilang di Oto Finance?

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi tentang perhitungan klaim asuransi motor hilang di Oto Finance. Namun, perhitungan berikut dapat menjadi gambaran, sebab secara umum perusahaan asuransi menggunakan perhitungan berikut :

Semisal si A mempunyai sepeda motor Honda Vario seharga Rp 20 juta yang sedang kredit dan diasuransikan Total Loss Only dan tariff 1,8%. Dengan begitu, premi yang dibayarkan si A per bulan ialah : Rp 20 juta x 1,8% = Rp 410.000,- ditambah dengan biaya administrasi polis.

Advertisements

Ternyata kemudian motor si A ini hilang. Setelah diestimasi, nilai kendaraan si A sebelum hilang ternyata ialah Rp 19.500.000,-. Dengan begitu, si A akan memperoleh penggantian sebesar Rp 19.500.000,- dengan dikurangi resiko sendiri, sesuai dengan ikhtisar Pertanggungan. Namun, karena status motor si A ini merupakan kredit, maka uang pertanggungan tersebut akan digunakan untuk melunasi sisa angsuran kredit motor si A.

            Penggantian kehilangan motor tentu tidak selalu 100% dari nilai motor yang hilang. Semakin lama umur motor, maka semakin berkurang pula nilainya. Baca Cara Pembelian dan Pembiayaan Asuransi Motor Honda Cash

Kredit Motor di Oto Finance

Oto Finance menyediakan kredit motor yang telah dilengkapi fasilitas asuransi dari perusahaan yang sama. Melalui Oto Finance, anda dapat kredit motor baru maupun bekas dengan ketentuan uang muka minimal 20% dan maksimal 75% dari harga motor. Kredit motor di Oto Finance dapat mencapai waktu maksimal 3 tahun dan minimal 1 tahun.

Apabila anda tertarik untuk kredit motor di Oto Finance, maka anda dapat mengajukan kredit di Kantor Cabang Oto Finance terdekat dengan membawa beberapa dokumen seperti :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Slip gaji (bagi karyawan atau pegawai)
  • Fotokopi surat ijin praktik (bagi profesional)
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi SIUP dan TDP
  • Fotokopi akta pendirian dan perubahan (bagi perusahaan)

Bagaimana proses pengajuan kredit motor di Oto Finance? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang Oto Finance dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Nantinya, petugas Oto Finance akan memberikan formulir pengajuan kredit yang harus diisi.

Setelah diisi secara lengkap, pihak Oto Finance akan memproses pengajuan kredit motor anda. Apabila disetujui, maka anda mesti membayarkan uang muka, barulah kendaraan bermotor kredit dapat diberikan. Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Jika ada yang perlu ditanyakan, anda juga dapat menggunakan layanan Call Center Oto Finance, di 1 500 686.

error: Content is protected !!