Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

Membayar Pajak Motor Bekas – Membeli motor bekas bisa jadi pilihan alternatif untuk memiliki kendaraan bermotor. Tidak jarang, seseorang bisa memperoleh motor bekas dengan kondisi yang masih baik namun harga yang tergolong murah.

Yang perlu diketahui, pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang bekas bisa berbeda, apalagi jika STNK-nya belum balik nama. Yang berbeda adalah pada dokumen atau berkas yang disiapkan. Jika STNK belum balik nama, maka siapkan syarat berikut ini :

  1. KTP sesuai STNK motor dan fotokopinya
  2. KTP pemilik motor dan fotokopinya
  3. BPKB Asli serta fotokopi
  4. STNK asli
  5. Surat Kuasa yang ditandatangani dan diberi materai

Sedangkan, apabila STNK sudah balik nama, maka yang perlu dibawa adalah dokumen nomor 2, 3 dan 4 saja. Sementara itu, cara pengurusan bayar pajak motor baik atas nama sendiri atau orang lain adalah sama. Langkah-langkahnya adalah :

Advertisements
  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran pajak motor.
  2. Datangi Kantor Samsat, kemudian antri di Loket Pendaftaran.
  3. Isikan formulir secara lengkap. Formulir ini berisi informasi seperti nama, alamat serta nomor polisi kendaraan. Setelah selesai, serahkan formulir ke petugas beserta berkas yang diminta.
  4. Berkas berupa STNK dan KTP akan dicek oleh petugas. Petugas kemudian menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  5. Langkah selanjutnya adalah pembayaran pajak motor tahunan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).
  6. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli yang sudah diperpanjang selama 1 tahun bisa diambil.

Itulah cara pembayaran pajak motor bekas, baik atas nama sendiri maupun atas nama orang lain. Lalu, bagaimana jika motor tersebut dibeli dengan cara kredit, yang berarti BPKB masih berada di pihak leasing? Baca Cara Bayar Pajak Motor Bukan Nama Sendiri Wajib Sertakan Ini

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tanpa BPKB

Ternyata, pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa BPKB bisa saja dilakukan. Jika tidak tentu, kondisi tersebut akan mengurangi pendapatan negara dari pajak, sebab banyak orang yang membeli motor dengan cara kredit.

Lalu, bagaimana cara mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa BPKB? Caranya mudah saja. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Advertisements
  1. Siapkan persyaratan berkas seperti KTP asli sesuai STNK, STNK, Surat Ketetapan Pajak Daerah, bukti pelunasan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLL di tahun sebelumnya.
  2. Datangi Kantor Samsat. Pada loket pendaftaran, ajukan keperluan. Lalu petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Isi dengan tepat dan lengkap.
  3. Petugas akan memeriksa formulir serta kesesuaian dokumen. Setelahnya, petugas akan menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  4. Selanjutnya, dilakukan pembayaran di loket Pembayaran.
  5. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli yang sudah diperpanjang selama 1 tahun bisa diambil.

Mengapa Harus Membayar Pajak Kendaraan Bermotor?

            Sebagai masyarakat, kita tentu ingin mengetahui kemana uang pembayaran pajak kendaraan motor itu dialokasikan. Perlu diketahui, bahwa pendapatan negara terbesar diperoleh dari pajak. Nah, pajak kendaraan bermotor juga termasuk dalam pendapatan negara. Baca Kenali Ciri-ciri STNK dan BPKB Palsu

Pendapatan tersebut nantinya akan digunakan untuk mendanai pembangunan demi meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya, entah itu membangun infrastruktur pendidikan, kesehatan atau jalan. Dengan membayar pajak, maka secara langsung kita telah berkontribusi terhadap pembangunan yang ada di Indonesia.

Dengan mengetahui alokasi uang pajak yang di bayarkan, diharapkan dapat mendorong agar tertib dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor juga pajak-pajak yang lainnya. Selain itu, kini tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak membayarkan pajak kendaraan bermotor. Kenapa?

Sebab sekarang pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah dipermudah. Pembayaran pajak tidak melulu dilakukan di Kantor Samsat, tetapi dapat dilakukan juga di Samsat Keliling dan melalui e-Samsat.

Samsat Keliling dapat dijumpai di tempat publik yang gampang diakses, bahkan di beberapa mall terdapat Samsat Keliling ini. Sementara e-Samsat adalah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis online. Baca Bisakah Bayar Pajak Motor Dengan Nembak KTP

Dengan memasukkan identitas kendaraan di websitenya, dapat diketahui besar pajak yang harus dibayarkan beserta kode bayarnya. Pembayaran pun dilakukan di ATM atau melalui internet banking. Sedangkan pengambilan STNK tetap dilakukan di Kantor Samsat. Bagaimana, sudah tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak motor, bukan?

error: Content is protected !!