Cara Membayar Pajak Motor yang Telat di Samsat

Bayar Pajak Motor Telat – Pajak motor merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh pemilik motor setiap 1 tahun sekali. Pembayaran pajak motor biasanya memiliki batas waktu. Jika pembayaran yang dilakukan melebihi batas waktu tersebut, maka akan dikenakan sanksi berupa denda.

Bagaimana cara membayar pajak motor yang telat di Samsat? Simak informasinya berikut :

Siapkan Persyaratan

Sebelum menuju Kantor Bersama Samsat, siapkan beberapa hal ini terlebih dahulu :

Advertisements
  1. Kartu identitas pemohon atau pemilik yang sah
  2. BPKB Asli serta fotokopi
  3. STNK asli
  4. Uang tunai guna membayar pajak dan dendanya

Langkah-langkah Pembayaran Pajak Motor yang Telat di Samsat

Prosedur pembayaran pajak motor yang telat di Samsat adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran pajak motor.
  2. Datangi loket pelayanan Samsat, nanti petugas akan menanyai keperluan lalu akan memberikan formulir pembayaran pajak motor.
  3. Isikan formulir secara lengkap. Formulir ini berisi informasi seperti nama, alamat serta nomor polisi kendaraan. Setelah selesai, serahkan formulir ke petugas beserta berkas yang diminta.
  4. Proses selanjutnya adalah menunggu petugas menerbitkan Surat Ketetapan Pajak.
  5. Setelah formulir rampung, maka langkah selanjutnya adalah pembayaran pajak motor tahunan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).
  6. Setelah pembayaran selesai, maka STNK motor asli bisa diambil kembali.

Itulah langkah-langkah pembayaran pajak motor yang telat di Samsat. Cara pembayaran pajak motor ini tergolong mudah. Jika Kantor Samsat dirasa jauh dari rumah, maka bisa menggunakan fasilitas Samsat Keliling yang tersedia di kota Anda.

Selain membayar melalui Kantor Samsat dan Samsat Keliling, pembayaran pajak motor dapat dilakukan melalui e-Samsat. Baca Prosedur Penarikan Motor Adira Biasanya Berapa Bulan Telat Bayar

Cara Membayar Pajak Motor Melalui e-Samsat

            e-Samsat merupakan fasilitas pembayaran pajak motor secara online. Pembayaran pajak secara online ini terdiri dari 3 tahap, yakni memperoleh kode bayar, pembayaran pajak motor dan pengesahan STNK di Kantor Samsat. Tiap provinsi memiliki alamat e-Samsat sendiri-sendiri, jadi pastikan untuk registrasi di situs Samsat tempat Anda berada.

Advertisements

Pada tahapan 1, isikan kota tempat registrasi motor, lokasi samsat, dan nomor polisi kendaraan bermotor pada formulir yang sudah disediakan. Klik tombol ‘cari’, maka akan muncul identitas kendaraan bermotor dan besar pajak yang harus dibayarkan.

Kemudian masukkan no BPKB serta Nomor Rangka. Pilihlah Samsat yang akan dijadikan tempat pengesahan STNK. Pilih juga jenis bank yang akan digunakan untuk pembayaran pajak Kode bayar pun akan muncul di layar.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM atau internet banking. Bayarkan sesuai nominal yang tertera pada e-Samsat tadi. Setelah pembayaran selesai, lakukan pengesahan STNK di Kantor Samsat yang tadi sudah dipilih.

Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Motor

Rumus penghitungan denda pajak motor adalah :

Denda pajak motor = PKB x Besaran Denda (%) x Waktu Keterlambatan

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor ini tertera di STNK tiap-tiap kendaraan. Jumlahnya tentu juga berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun keluaran kendaraan bermotor. Besaran Denda untuk kendaraan bermotor adalah 25% per tahun. Baca Berapakah Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto Per Hari

Jadi, semisal PKB yang tertera di STNK adalah sebesar Rp.250.000. Maka, penghitungan denda pajak motornya adalah :

Denda pajak motor = Rp.250.000 x 25% x 1 (tahun) = Rp.62.500.

Itulah besar denda pajak motor yang telat dibayar 1 tahun. Dengan denda tersebut, total pajak motor yang dibayarkan adalah :

Total pembayaran pajak motor = PKB + Denda + SWDKLLJ

= Rp.250.000 + Rp.62.500 + Rp.35.000

= Rp.347.500.

Cara Mengetahui Besar Pajak Motor Secara Online

Kunjungi saja situs disependa provinsi domisili Anda. Langkah-langkahnya secara rinci adalah :

  1. Buka situs dispenda provinsi Anda
  2. Pilih “Info Pajak Kendaraan”, disitu akan muncul halaman untuk menginput nomor polisi kendaraan bermotor Anda.
  3. Setelah menginput nomor kendaraan, masukkan kode verifikasi.
  4. Klik “Cari”

Secara otomatis akan muncul informasi tentang kendaraan bermotor Anda, seperti nomor polisi, warna, tanggal masa laku, merk, tipe, serta tahun buat. Baca Ini Contoh Asli Nomor Kontrak Adira Finance

Akan muncul juga biaya-biaya pajak tahunan seperti PKB, SWDKLLJ atau Jasa Raharja, Parkir, Pengesahan STNK, Biaya perpanjangan STNK tahunan dan Biaya TNKB.

error: Content is protected !!