Cara Pembelian dan Pembiayaan Asuransi Motor Honda Cash

Honda merupakan salah satu merk motor asal Jepang yang banyak digunakan di Indonesia maupun seluruh dunia. Membeli motor Honda secara cash merupakan sebuah kelebihan. Karena membeli dengan cash berarti tidak berhutang dan tidak perlu membayarkan bunga kredit.

Lalu bagaimanakah cara pembelian motor Honda Cash? Simak informasinya berikut ini :

Cara Pembelian Motor Honda Cash

  • Siapkan dokumen persyaratan untuk membeli motor Honda Cash yakni KTP. Selain itu siapkan uang untuk membayar motor secara tunai atau cash.
  • Datangi dealer Honda di daerah domisili anda, lalu nyatakan keinginan bahwa ingin membeli motor Honda secara cash kepada petugas. Sebutkan tipe dan warna yang diinginkan.
  • Tanyakan kepada kasir apakah pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank. Jika dapat melalui transfer, maka anda tidak perlu membawa uang tunai dan dapat menggunakan fitur mobile banking maupun internet banking.
  • Setelah pembayaran selesai, maka tinggal menunggu disiapkannya dokumen dan motor. Apabila motor Honda yang diinginkan ada dalam stok, maka motor dapat diantar ke rumah pada hari itu juga.

Baca Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Mega Finance

Advertisements

Asuransi Motor Honda Cash

Saat membeli motor Honda Cash, pembeli akan ditawari asuransi. Asuransi merupakan pertanggungan dari perusahaan asuransi kepada tertanggung ketika terdapat kerusakan maupun kehilangan motor. Ada 2 jenis asuransi yang ditawarkan terhadap motor Honda anda, yakni :

  • Asuransi All Risk merupakan asuransi yang menanggung segala jenis kerusakan baik besar atau kecil. Asuransi All Risk biasanya juga dapat diklaim jika kerusakan diakibatkan oleh bencana. Biasanya asuransi ini digunakan untuk kendaraan sepeda motor dengan harga lebih dari Rp 30 juta.
  • Asuransi Total Loss Only ialah asuransi yang dapat diklaim hanya apabila kerusakan lebih dari 75% atau terjadi pencurian alias kehilangan total.

Di antara 2 asuransi tersebut, premi yang dikenakan juga berbeda. Asuransi All Risk tentu memiliki premi yang lebih mahal dibandingkan Total Loss Only, sebab perlindungan yang diberikan lebih menyeluruh. Lalu, berapakah premi yang dikenakan untuk kedua asuransi tersebut?

Advertisements

Tentu tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan premi yang berbeda-beda. Namun biasanya, biaya premi per tahunnya ialah 4,5% dari harga motor untuk asuransi All Risk, ditambah dengan biaya administrasi. Jadi, semisal harga motor adalah Rp 30 juta, biaya premi yang dibayarkan adalah Rp. 1.350.000,- Baca Biaya Asuransi Motor Adira Per Bulan

Sedangkan, untuk asuransi Total Loss Only adalah 3,2% dari harga motor, ditambah dengan biaya administrasi. Jadi semisal harga motor adalah Rp 15 juta, maka biaya premi yang dibayarkan adalah Rp. 480.000,-.

Asuransi ini juga dapat dibeli untuk motor Honda yang dibeli secara kredit.

Garansi Motor Honda

Untuk memperoleh asuransi, maka anda harus membelinya terlebih dahulu. Sedangkan garansi merupakan jaminan yang sepaket dengan pembelian motor Honda. Garansi ini pada dasarnya merupakan penjaminan bahwa produk yang dijual sebuah perusahaan bebas kesalahan pekerja serta kegagalan bahan dalam kurun waktu tertentu.

Garansi motor Honda berarti, jika terjadi kerusakan yang mengindikasikan kesalahan pekerja atau kegagalan bahan, maka perusahaan akan mengganti motor Honda itu.

Motor Honda secara umum akan memperoleh garansi apabila :

  • Motor Honda rutin diservis di bengkel resmi motor Honda. Hal ini dicek melalui buku servis Honda.
  • Motor Honda menggunakan aksesoris atau suku cadang resmi
  • Bagian motor yang diklaim garansinya bukan habis atau rusak sebab penggunaan user

Jenis-jenis garansi yang diberikan Honda ialah :

Baca Solusi Saat Motor Hilang Saat Kredit

  1. Garansi mesin, sampai 3 tahun atau 30.000 km. Garansi mesin dapat diklaim dari salah satu alasan tadi, tergantung mana yang lebih dahulu dicapai.
  2. Garansi rangka dan sistem kelistrikan, sampai 1 tahun atau 10.000 km. Garansi rangka dan sistem kelistrikan dapat diklaim dari salah satu alasan tadi, tergantung mana yang lebih dahulu dicapai
  3. Garansi Komponen PGM-FI (diperuntukkan motor berteknologi PGM0-FI), sampai 5 tahun atau 50.000 km. Garansi komponen PGM-FI dapat diklaim dari salah satu alasan tadi, tergantung mana yang lebih dahulu dicapai.
error: Content is protected !!