Cara Pengurusan BPKB dan STNK Motor Hadiah

STNK Motor Hadiah – Siapapun pasti senang apabila memperoleh hadiah motor. Motor kerap dijadikan hadiah oleh perusahaan bank hingga kopi instan, entah itu dalam acara peringatan ulang tahun atau promosi demi meningkatkan penjualan.

Hadiah motor resmi menjadi milik seseorang apabila sudah melakukan pengurusan BPKB dan STNK. Bagaimana cara pengurusan BPKB dan STNK motor hadiah? Apakah prosedurnya berbeda dibanding motor yang dibeli sendiri?

Advertisements

Persyaratan Yang Harus Disiapkan

Saat mengurus BPKB dan STNK motor hadiah, yang harus disiapkan adalah :

  1. Faktur asli serta fotokopi
  2. KTP asli dan fotokopi (KTP harus sesuai dengan nama pada faktur)
  3. Surat hadiah dari pihak pemberi hadiah serta fotokopinya
  4. Uang untuk membayar biaya pembuatan BPKB dan STNK motor

Prosedur Pengurusan BPKB dan STNK Motor Hadiah

Prosedur mengurus BPKB dan STNK motor hadiah adalah :

Baca Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

  1. Di Samsat, pertama-tama akan dilakukan cek fisik pada motor hadiah. Anda dapat memperoleh formulir untuk cek fisik di loket terkait. Formulir Cek Fisik ini akan diisi oleh petugas. Setelah cek fisik selesai, formulir ini akan diberikan lagi ke petugas loket.
  2. Langkah berikutnya adalah menyerahkan dokumen pengurusan BPKB dan STNK ke loket pendaftaran pembuatan BPKB dan STNK. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas persyaratan.
  3. Apabila seluruh berkas lengkap, maka berlanjut ke tahap pembayaran. Petugas akan memberikan bukti pembayaran guna mengambil BPKB dan STNK yang sudah jadi. Masa pembuatan BPKB dan STNK baru untuk motor hadian memerlukan waktu kira-kira 1 – 4 bulan, tergantung kebijakan dari Samsat di masing-masing daerah.

Biaya Pengurusan BPKB dan STNK Motor Hadiah

Anda perlu menyiapkan uang cukup banyak untuk mengurus BPKB dan STNK hadiah. Biaya pembuatan BPKB dan STNK baru jika dirinci lagi menjadi biaya formulir registrasi kurang lebih Rp.160.000, biaya registrasi kurang lebih Rp.850.000 biaya formulir cek fisik kira-kira Rp.40.000, biaya pokok serta pajak kira-kira Rp.1.450.000.

Advertisements

Sehingga siapkan uang dengan nominal Rp.2.500.000 untuk mengurus BPKB dan STNK motor hadiah. Perlu diketahui bahwa biaya ini nominalnya tidak baku. Besar biayanya tergantung pada jenis motor yang diregistrasikan serta kebijakan masing-masing Samsat. Baca Kisaran Biaya Pembuatan STNK dan BPKB Mobil Terbaru

Ada baiknya untuk menanyakan mengenai biaya apa saja yang diperlukan untuk pengurusan BPKB dan STNK di loket informasi Samsat daerah Anda.

Itulah informasi seputar pengurusan BPKB dan STNK motor baru. Cukup mudah bukan?

Selamat bagi Anda yang memperoleh hadiah motor ini. Jika sudah resmi menjadi milik pribadi, jangan lupa untuk menunaikan kewajiban pajak kendaraan bermotor Anda. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dilaksanakan setiap tahun sekali. Kenapa mesti membayar pajak motor? Sebab dana pajak ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan oleh negara.

Ada 2 komponen yang dibayarkan dalam pajak motor, yakni PKB dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Nominal PKB ini berbeda-beda tergantung jenis dan tahun keluaran motor. PKB dapat dicek di STNK masing-masing kendaraan.

Sementara nominal SWDKLLJ sendiri sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No 36/PMK.010/2008 Tahun 2008. Untuk sepeda motor 50 cc ke bawah, tarifnya adalah Rp 0,-. Untuk sepeda motor diatas 50 cc sampai 250 cc tarifnya adalah Rp.32.000. Sementara untuk sepeda motor serta scooter diatas 250 cc, tarifnya adalah Rp.80.000.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ini dapat dilakukan di Kantor Samsat, layanan Samsat Keliling, maupun e-Samsat. Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang Samsat Keliling, namun baru mendengar tentang e-Samsat.

e-Samsat adalah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online, dengan pembayaran lewat rekening, sehingga pemilik kendaraan tinggal mengambil STNK yang sudah disahkan di Kantor Samsat. e-Samsat bisa menjadi pilihan ketika memiliki banyak kesibukan namun ingin taat membayarkan pajak. Baca Bisakah Cek BPKB yang Digadaikan

Situs e-Samsat tiap provinsi berbeda-beda. Untuk mencarinya, ketikkan saja kata “e-Samsat” diikuti  dengan provinsi domisili. Namun begitu, belum semua provinsi menyediakan layanan ini. Provinsi yang sudah menyediakan layanan e-Samsat adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, Banten, dan DIY Yogyakarta.

Advertisements
error: Content is protected !!