Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor Via Online

Saat ini, nama pemilik kendaraan bermotor dapat dicek secara online. Berbekal nomor polisi, kamu bisa mengetahui siapa pemilik kendaraan. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, siapkan nomor polisi kendaraan yang akan dicek nama pemiliknya.
  2. Kedua, kunjungi website pengecekan nomor kendaraan. Saat ini, hanya beberapa daerah yang memiliki layanan ini seperti Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta serta Aceh.
  3. Masukkan nomor polisi kendaraan bermotor pada kolom yang telah disediakan.
  4. Klik “Proses” atau “Cari”
  5. Informasi mengenai kendaraan bermotor beserta nama pemiliknya akan muncul.

Itulah cara mengecek nama pamilik kendaraan bermotor secara online. Kenapa seseorang perlu mengetahui hal ini? Cara ini berguna bila suatu ketika terjadi tabrak lari dan yang diketahui hanyalah nomor polisi kendaraan. Dengan berbekal nomor polisi itu saja, kita bisa mengecek nama pemilik kendaraan itu.

Selain secara online, pengecekan nama pemilik kendaraan bermotor juga dapat dilakukan lewat SMS. Kemana mengirim SMS tersebut? Tiap daerah memiliki nomor tujuan SMS yang berbeda-beda. Contohnya untuk daerah Jakarta, SMS dikirimkan ke nomor 1717. Format yang ditetapkan untuk pengecekan STNK di masing-masing daerah juga berbeda.

Advertisements

Di Jakarta sendiri, formatnya adalah “METRO(spasi)NOMOR POLISI”. Biasanya, layanan ini dikenakan tarif SMS kurang lebih Rp.1000,-. Sebab nomor dan format SMS yang berbeda ini, ada baiknya untuk mencari tahu pada layanan informasi Samsat setempat.

Apa Saja Hal-hal yang Tertera Pada STNK?

STNK merupakan surat yang harus dibawa saat mengemudikan kendaraan. Ada beberapa data yang tercantum pada STNK. Apa saja itu? Baca Cara Cek STNK Asli Online Dengan Mudah

  1. Lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Pada lembar ini, terdapat informasi seperti nomor registrasi kendaraan, nama pemilik, alamat, merk kendaraan, tipe, model, tahun pembuatan, isi silinder, nomor rangka, warna, bahan bakar, warna TNKB, tahun registrasi, nomor BPKB, kode lokasi dan nomor urut pendaftaran.

Advertisements
  1. Surat Ketetapan Pajak Daerah

Pada lembar ini, terdapat informasi kendaraan beserta pajak kendaraan. Pajak kendaraan bermotor terdiri dari BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), yakni pajak yang dibayarkan atas pemindahtanganan kendaraan bermotor, baik itu karena hibah atau jual beli.

Yang kedua adalah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yakni pajak yang dibayarkan atas kepemilikan kendaraan bermotor. Yang ketika adalah SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang dikelola Jasa Raharja. Yang terakhir adalah Biaya ADM atau administrasi.

Fungsi STNK

            STNK memiliki beberapa fungsi, yakni :

  1. STNK dapat digunakan untuk mengetahui identitas kendaraan,seperti nomor rangka, nomor polisi, nomor mesin, nomor registrasi kepemilikan, serta masa berlaku 5 tahun kendaraan tersebut.
  2. STNK dapat digunakan untuk mengetahui Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkan atau masa berlaku 1 tahun kendaraan

Cara Mengetahui Keaslian STNK Melalui Fisiknya

Dengan semakin canggihnya teknologi, bermunculan pula cara-cara baru untuk berbuat kejahatan. Pada kendaraan bermotor salah satunya adalah kemunculan STNK palsu. Biasanya STNK palsu digunakan oknum untuk menjual kendaraan curian. Baca Solusi Jika Nama di STNK dan BPKB Berbeda

Saat menjual kendaraan bermotor, tentu pembeli akan menanyakan tentang kelengkapan surat-surat kendaraan. Jika tidak ada, pembeli akan curiga. Karena itu modus ini digunakan. Berdasar hal tersebut, ada baiknya untuk tidak sekedar mengecek kelengkapan, tetapi juga keaslian surat kendaraan. STNK palsu sendiri dapat dikenali dengan cara-cara berikut ini :

  1. Hologram

Pada bagian sisi kanan atas STNK, terdapat hologram berwarna silver. Jika STNK itu palsu, biasanya hologram akan berubah warna apabila diterawang. Sementara pada STNK asli, warnanya akan tetap.

  1. Lubang yang Membentuk Kata STNK

Pada bagian kanan STNK asli, terdapat titik-titik lubang yang membentuk kata STNK. Pada STNK palsu, hal ini tidak ada.

  1. Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Jika surat-surat kendaraan itu asli, nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di kendaraan harus sama dengan yang ada di STNK maupun BPKB. Baca Amankah No BPKB Tidak Sama di STNK Saat Razia

  1. Barcode

STNK asli apabila discan di website Samsat, akan muncul informasi tentang identitas pemilik kendaraan. Jika STNK itu palsu, maka identitas itu tidak akan muncul karena nomornya tidak terdaftar.

error: Content is protected !!