Ciri Dan Pengalaman KPR Ditolak Bank

Tentunya Anda sering kali mendengar di luar sana banyak orang-orang yang telah mengajukan aplikasi KPR, namun ternyata ditolak. Hal tersebut tentunya tidak ingin sampai terjadi pada Anda juga. Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap orang untuk mengetahui ciri dan pengalaman KPR ditolak bank.

Anda bisa menganalisis kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dan memperbaiki rencana yang dimiliki. Dengan demikian peluang pengajuan akan semakin terbuka lebar untuk dapat lolos.

Hal-Hal Ini Yang Membuat KPR Anda Ditolak

Apakah Anda tahu bahwa proses seleksi yang dilakukan oleh setiap bank ternyata sangat ketat. Mereka memiliki banyak sekali pertimbangan untuk melakukan seleksi calon penerima KPR tersebut.

Advertisements

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi tidak lolos dari kriteria. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diwaspadai untuk mencegah penolakan KPR: Baca Trik Jitu Agar KPR Subsidi Disetujui Bank

  • Historis perbankan yang buruk

Hal pertama yang menjadi ciri dan pengalaman KPR ditolak bank adalah pelaku pengajuan KPR merupakan orang dengan riwayat perbankan buruk. Hal ini dapat dilihat dari masa lalu Anda yang sering melakukan tunggakan dalam pembayaran kredit yang dilakukan.

Setiap bank sudah memiliki data yang bisa digunakan untuk melacak historis riwayat perbankan seseorang. Oleh karena itu, pastikan bahwa riwayat Anda cukup baik dengan selalu membayar kredit hutang secara tepat waktu dan lunas. Poin tersebut akan menjadi pertimbangan positif dari pihak bank.

  • Penghasilan tidak memadai

Ciri dan pengalaman KPR ditolak bank berikutnya adalah jumlah penghasilan yang tidak memadai untuk melakukan pengajuan. Anda yang memiliki pasangan sebaiknya menggabungkan jumlah penghasilan per bulan agar membuat bank semakin tertarik.

Setiap bank pada umumnya memiliki kriterianya masing-masing yang dijadikan sebagai tolak ukur. Jika ingin berada pada posisi yang aman agar bisa diperhitungkan adalah dengan mengajukan kredit sebesar 30% dari gaji total. Baca 5 Penyebab Pasti KPR Subsidi Ditolak Bank BTN

Advertisements

Jika melebihi maka Anda tentu dipandang tidak akan mampu membayar angsuran tiap bulan yang nantinya akan dibebankan.

  • Waktu yang tidak tepat

Mendapatkan rumah impian dengan memanfaatkan KPR subsidi sebaiknya dilakukan saat Anda masih berusia muda. Mengapa demikian? Hal tersebut karena dalam pengajuan kredit jenis ini ada batasan usia yang diprasyaratkan. Rata-rata batas maksimal adalah 55-65 tahun.

Jika rumah yang diinginkan ternyata harganya cukup mahal, maka butuh waktu lama untuk dapat melunasinya. Maka dari itu, lebih baik ajukan KPR saat Anda masih muda sehingga lebih dapat dipertimbangkan oleh pihak Bank.

  • Persyaratan yang tidak terpenuhi

Beberapa bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda dan relatif kompleks. Hal yang menjadi faktor penentu diterima atau ditolaknya pengajuan yang Anda lakukan adalah persyaratan harus dipenuhi. Misalnya saja sebuah bank mensyaratkan penerima dana KPR merupakan seorang karyawan tetap.

Jika Anda ternyata masih berstatus kontrak, maka sudah pasti akan ditolak. Persyaratan yang diajukan sebenarnya akan sangat membantu Anda agar tidak kesulitan dalam membayar cicilan tiap bulan yang nantinya akan dibebankan. Oleh sebab itu, isilah data sesuai dengan kondisi jangan sampai berbohong.

Hal Kecil Ini Sering Menjadi Penyebab KPR Ditolak

Selain beberapa poin di atas yang menjadi ciri dan pengalaman KPR ditolak bank berikutnya adalah hal-hal yang dianggap sepele namun fatal. Misalnya saja E-KTP yang dimiliki oleh calon penerima KPR tidak terdaftar di Capil. Baca Berapa Lama Proses KPR Subsidi Disetujui

Beberapa orang mungkin kurang memperhatikan masalah seperti ini. Namun, jika sampai ini terjadi dapat dipastikan bahwa kredit yang diajukan tidak akan diproses. Segera periksa E-KTP Anda dan pastikan sudah terdaftar di pihak Capil setempat.

error: Content is protected !!