Denda Angsuran Sinarmas Kisaran Berapa Persen Ya

Sinarmas adalah perusahaan pembiayaan yang melayani kredit mobil, motor dan kredit usaha lanjutan untuk dealer factoring. Seperti perusahaan pembiayaan pada umumnya, Sinarmas mengenakan denda pada nasabah yang telat membayar angsuran. Kira-kira berapa persen kisaran denda angsuran di Sinarmas?

Dikutip dari situs resminya, denda telat angsuran di Sinarmas adalah 0,5% per hari dari jumlah angsuran. Untuk mengetahui gambaran denda angsuran di Sinarmas secara jelas, simak simulasi perhitungannya berikut ini :

Semisal, Pak Rudi meminjam di Sinarmas dan angsuran per bulannya adalah Rp 10 juta. Pak Rudi terlambat membayarkan cicilan selama 7 hari. Maka, perhitungan denda yang harus dibayarkan Pak Rudi adalah sebagai berikut :

Advertisements

Denda             =          Jumlah angsuran x 0,5% x hari keterlambatan

=          Rp.10.000.000 x 0,5% x 7

=          Rp.350.000

Jadi jumlah denda yang harus dibayarkan Pak Rudi untuk keterlambatan selama 7 hari adalah Rp.350.000. Jika hari keterlambatan semakin banyak, maka denda yang harus dibayarkan otomatis juga semakin banyak. Baca Bisakah Gadai BPKB Motor di Adira Finance Saat Ini

Tentu tiap orang pada dasarnya tidak ingin terlambat membayar angsuran kredit. Tetapi yang namanya hidup, kadang ada kejadian yang tidak diinginkan yang membuat seseorang terlambat membayar angsuran.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, maka cepat selesaikan masalah. Jangan sampai keterlambatan ini dibiarkan sampai berlarut-larut. Karena bisa-bisa perusahaan pembiayaan melakukan penarikan pada kendaraan yang sedang dikredit.

Sebenarnya ada prosedur yang dilalui oleh Sinarmas sebelum melakukan penarikan kendaraan yang sedang kredit. Jika debitur terlambat, Sinarmas akan memberitahukan hal ini melalui telepon atau surat pemberitahuan.

Pada tahap ini, jika debitur belum juga menunaikan kewajibannya, akan ada petugas Sinarmas yang mendatangi rumah debitur. Jika debitur bersikap kooperatif, maka debitur akan diberi tenggat waktu pembayaran. Jika sampai tenggat waktu itu debitur belum juga membayarkan denda, maka pihak Sinarmas akan melaksanakan prosedur penarikan motor.

Itulah informasi mengenai denda terlambat membayar angsuran di Sinarmas. Sinarmas memiliki produk salah satunya adalah kredit mobil. Bagaimana kira-kira syarat dan prosedur kredit mobil itu? Simak juga informasinya berikut ini. Baca Prosedur Penarikan Motor Adira Biasanya Berapa Bulan Telat Bayar

Advertisements

Syarat Mengajukan Kredit Mobil di Sinarmas

  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia), minimal usia 25 tahun dan maksimal 50 tahun
  2. KTP pemohon dan suami atau istri yang masih berlaku
  3. KK (Kartu Keluarga)
  4. Slip gaji atau Keterangan Penghasilan
  5. Rekening Koran atau Tabungan selama 3 bulan terakhir
  6. Kwitansi PLN, Telpon, PAM atau PBB
  7. Bagi Wiraswasta diwajibkan melampirkan SIUP, NPWP, tanda daftar perusahaan
  8. Bagi profesional diwajibkan melampirkan Ijin Praktek
  9. Bagi perusahaan atau badan hukum diwajibkan melampirkan akta pendirian dan perubahan, fotokopi KTP direktur dan komisaris, fotokopi surat ijin usaha perdagangan serta fotokopi NPWP.
  10. Syarat untuk kendaraan yang hendak dikredit adalah kendaraan harus diambil melalui dealer atau showroom. Dengan begitu tidak boleh mengkredit kendaraan dari penjual perorangan.

Cara Pengajuan Kredit di Sinarmas

Untuk mengajukan kredit di Sinarmas, bisa melalui formulir online Sinarmas. Di formulir itu, pemohon tinggal mengisi data diri seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi, email yang masih aktif, nomor KTP, alamat tinggal serta mengupload dokumen STNK. Pemohon juga dapat melakukan simulasi kredit mobil di website yang sudah disediakan oleh Sinarmas.

Pembayaran Angsuran Kredit di Sinarmas

Debitur Sinarmas diharapkan membayar angsuran sebelum atau paling tidak pada tanggal jatuh tempo yang sudah tertera di kontrak kredit. Pembayaran angsuran ini dapat dilakukan 1 hari kerja lebih awal jika tanggal jatuh tempo ternyata pada hari minggu atau pada hari libur nasional.

Cara pembayaran angsuran kredit Sinarmas ini dapat dilakukan secara langsung di kantor cabang Sinarmas, melalui teller bank, melalui transfer ke rekening Sinarmas Multifinance maupun melalui layanan internet banking atau mobile banking. Baca Berapakah Denda Telat Bayar Cicilan Motor Oto Per Hari

Debitur dianggap terlambat membayar angsuran jika pembayaran dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo atau ketika uang angsuran yang dibayarkan kurang dari ketentuan. Karenanya, debitur harus teliti saat membayarkan angsuran agar tidak dianggap terlambat dan dikenai denda.

error: Content is protected !!