Jika Motor Kredit Kecelakaan Saya Harus Bagaimana

Motor kredit pada dasarnya ialah motor yang belum 100% menjadi milik debitur, meski secara fisik motor kredit itu sudah dapat digunakan kemana-mana. Hal inilah yang membuat khawatir debitur ketika motor kredit kecelakaan. Apa yang harus dilakukan ketika motor kredit mengalami kecelakaan?

Solusi yang dapat diambil oleh debitur ketika motor kredit mengalami kecelakaan sebenarnya tergantung pada kondisi yang ada.

Apabila motor kredit yang kecelakaan itu tidak didaftarkan asuransi, maka debitur harus siap-siap menanggung resiko tersebut sendirian. Termasuk melunasi sisa kredit.

Advertisements

Apabila motor kredit didaftarkan pada asuransi, maka debitur bisa bernapas lega sebab ada perusahaan asuransi yang akan menanggung resiko tadi. Namun, cermati juga jenis asuransi yang didaftarkan pada motor kredit tadi.

Jika motor kredit didaftarkan pada asuransi Total Loss Only, maka asuransi hanya dapat diklaim apabila kerusakaan akibat kecelakaan besarnya adalah 75% lebih. Jika motor kredit didaftarkan pada asuransi All Risk, maka ada kemungkinan asuransi dapat diklaim untuk kecelakaan maupun kerusakan akibat bencana.

Untuk lebih lengkapnya, simak jenis-jenis asuransi untuk sepeda motor berikut ini :

  • Asuransi All Risk

Asuransi All Risk merupakan asuransi yang menanggung segala jenis kerusakan baik besar atau kecil. Asuransi All Risk biasanya juga dapat diklaim jika kerusakan diakibatkan oleh bencana. Biasanya asuransi ini digunakan untuk kendaraan sepeda motor dengan harga lebih dari Rp 30 juta.

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only ialah asuransi yang dapat diklaim hanya apabila kerusakan lebih dari 75% atau terjadi pencurian alias kehilangan total. Baca Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Oto Finance

Selain perlindungan terhadap sepeda motor, asuransi motor biasanya juga dapat diperluas hingga jaminan perawatan medis hingga pertanggungan untuk pihak ketiga yang terkena dampak kecelakaan.

Setelah menyimak tentang asuransi motor di atas, maka diketahui tentang betapa pentingnya mendaftarkan asuransi untuk motor yang sedang dikredit. Dengan menggunakan asuransi, perusahaan pembiayaan akan melanjutkan pembayaran angsuran kredit motor yang hilang atau rusak total.

Saat ini, ada banyak perusahaan yang memberikan asuransi untuk motor. Berikut adalah beberapa perusahaan pembiayaan yang menyediakan asuransi untuk motor :

Advertisements
  1. Asuransi Motor Motorpro dari Adira

Motorpro adalah asuransi sepeda motor produk Adira Insurance. Jaminan yang diberikan asuransi ini ialah Total Loss Only, artinya Adira akan memberikan ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan sebesar lebih dari 75% terhadap sepeda motor pemegang polis.

Selain jaminan Total Loss Only, anda juga bisa memperluas jaminan kecelakaan diri, jaminan untuk tanggung jawab pihak ketiga (pihak lain yang terluka dalam kecelakaan) dan biaya perawatan medis.

Berikut ialah paket asuransi yang terdapat di Adira :

  • Paket Motopro

Paket ini memberikan perlindungan Total Loss Only dengan harga motor sama dengan atau di bawah Rp 500 juta. Baca Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Oto Finance

  • Motopro Plus

Paket ini memberikan perlindungan Total Loss Only, kecelakaan diri, biaya pengobatan, dan kerusakan akibat bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, hujan es, dan tanah longsor.

Itulah beberapa pilihan paket yang terdapat pada asuransi motor Adira. Perlu diketahui bahwa masing-masing paket tersebut dapat digunakan dengan sistem konvensional maupun syariah. Adira akan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Asuarasi Motor Oto

Oto merupakan perusahaan asuransi sekaligus pembiayaan alias kredit motor. Asuransi Oto hanya dapat diklaim apabila motor mengalami kerusakan minimal 75% dari harga pertanggungan. Untuk mengklaim asuransi Oto, yang perlu disiapkan ialah KTP asli, SIM C, surat laporan kepolisian setempat, foto kendaraan yang tampak dari depan, belakang, kanan maupun kiri.

Setelah melampirkan persyaratan tersebut, pihak Oto akan mengevaluasi pengajuan klaim sebelum memutuskan persetujuan atau penolakan.

  • Asuransi Motor FIF

FIF menyediakan asuransi motor Total Loss Only maupun All Risk. Premi asuransi ini dibayarkan tiap tahun sebesar 2,5% dari harga on the road motor ditambah dengan biaya asuransi. Baca Cara Ajukan Klaim Asuransi Mobil Kredit

Selain proteksi terhadap sepeda motor, FIF juga menyediakan perlindungan tambahan bagi pemegang polis atau pengendara serta pihak ketiga yang terkena dampak kecelakaan.

error: Content is protected !!