Ketahui Bahaya Jika Angsuran Mobil Telat 2 Bulan

Kira-kira apakah bahaya jika angsuran mobil telat 2 bulan? Kredit mobil merupakan cara paling gampang dan cepat untuk bisa memiliki mobil impian saat uang sedang cekak. Banyak sekali perusahaan dealer mobil menawarkan promo tentang kredit mobil impian.

Cara ini memang terlihat mudah karena bisa memiliki mobil dengan uang pembelian yang bisa dicicil setiap bulan. Namun ketika Anda ingin memilihnya hendaknya melihat kondisi finansial yang sedang terjadi.

Cara kredit tentu membuat Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar angsuran tiap bulan. Jangan sampai beban angsuran ini malah menjadi bumerang untuk Anda rasakan.

Advertisements

Sistem Kredit Untuk Membeli Mobil

Pada saat ingin melakukan kredit mobil pada leasing, Anda tentu perlu membayar uang DP atau down payment. Besaran uang DP ini akan mempengaruhi nilai angsuran yang akan dibayar tiap bulan nantinya. Baca Cara Membayar Pajak Motor Bekas Nama Sendiri dan Orang Lain

Semakin besar DP, maka semakin kecil angsuran yang didapat. Bukan hanya masalah DP yang disyaratkan supaya kredit mobil bisa untuk Anda lakukan. Pihak perusahaan lesing tentu akan menilai apakah Anda layak dan mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya. Jika dirasa mampu, maka kredit mobil akan bisa terproses.

Namun di dalam masa pembayaran cicilan ini terkadang masalah keuangan bisa saja terjadi. Telat dalam pembayaran tentu bisa saja Anda alami.

Perlu Anda tahu jika cukuplah bahaya jika angsuran mobil telat 2 bulan. Cicilan yang telat tentu akan membuat Anda mendapatkan denda. Akan tetapi ketika mencapai lebih dari 60 hari alias 2 bulan, mobil berisiko ditarik oleh dealer.

Prosedur Keterlambatan Cicilan Dari Perusahaan Leasing

Tiap jenis perusahaan leasing akan menetapkan aturan yang berbeda mengenai prosedur penanganan keterlambatan cicilan dari nasabah.

Advertisements

Namun secara garis besar akan kami jelaskan secara umum yang menjadi standar penetapan dari sebagian besar leasing untuk penanganan prosedur keterlambatan cicilan nasabah. Untuk prosedurnya adalah seperti berikut: Baca Ini Prosedur Kerjasama Dengan Leasing Motor Dan Mobil

  • Keterlambatan 1-7 Hari

Masa keterlambatan antara 1 hingga 7 hari, Anda akan mendapatkan telepon dari pegawai perusahaan leasing tempat kredit mobil dilakukan. Pegawai akan mengingatkan Anda mengenai pembayaran cicilan yang telat dan menanyakan kapan ingin membayarnya.

Masa ini juga masih terbilang masa tunggu di mana terkadang ada beberapa orang dept colector yang datang untuk menanyakan pembayaran kewajiban yang harus Anda lakukan.

  • Keterlambatan 30-60 hari

Perusahaan leasing akan mengeluarkan surat penarikan dari mobil yang telat Anda bayar. Pihak yang akan menarik mobil Anda akan membawa surat yang memiliki kop resmi perihal penarikan unti mobil.

  • Keterlambatan lebih dari 60 hari alias 2 bulan

Bahaya jika angsuran mobil telat 2 bulan adalah penarikan unit dilimpahkan pada pihak ketiga. Pihak yang akan datang menemui Anda untuk mengambil unit adalah petugas eksekusi jaminan fudicia yang memang dijamin oleh Undang-Undang.

Sebagai saran, hendaknya Anda janganlah takut ketika dept colector datang. Temuilah orangnya dan ajak ngobrol. Jika dept colector menerapkan sikap kasar hingga pengrusakan, maka Anda bisa melaporkannya pada pihak kepolisian.

Memang dept colector memiliki kewajiban untuk menarik mobil, namun itu semua tentu ada standar operasionalnya. Kekerasan bukan merupakan standar operasional sehingga jika Anda mengalaminya tentu itu tidaklah benar. Baca Telat Berapa Bulan Motor Ditarik Leasing

Selain itu, Anda juga harus selalu meminta surat penarikan mobil ketika mendapati dept colector datang. Jangan sampai ada oknum yang mengaku dept colector yang ingin mengambil mobil tersebut. Sistem penarikan yang bisa dilakukan di mana saja inilah yang menjadi bahaya jika angsuran mobil telat 2 bulan.

error: Content is protected !!