Kisaran Denda Telat Bayar Cicilan Motor OTO Per Bulan

Seberapa besar denda telat bayar cicilan motor OTO per bulan? Apakah bisa dihitung secara pribadi? Pertanyaan ini tentu menjadi sebuah pertanyaan yang banyak dimiliki oleh para nasabah perusahaan jasa leasing OTO.

Memilih kredit untuk kepemilikan motor memang menjadi sebuah hal yang lebih dipilih masyarakat Indonesia. Hal tersebut diperkuat dengan data bahwa 70% penjualan kendaraan sepeda motor di Indonesia adalah kredit.

Dalam hal kredit ini tentu tidak akan pernah terlepas dari kredit macet. Nah, kali ini kami akan bawa Anda untuk menghitung kisaran denda yang didapat ketika mengalami keterlambatan dalam cicilan motor OTO.

Advertisements

Penetapan Biaya Denda Keterlambatan Cicilan Motor Pada Perusahaan Leasing OTO

Merasa seperti di tipu adalah perasaan yang sering Anda dapat ketika harus membayar total angsuran cicilan kredit motor yang telah jatuh tempo. Perlulah diketahui jika semakin lama keterlambatan pembayaran Anda lakukan, maka jumlah total uang yang nantinya harus dibayar akan semakin besar.Baca Cara Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Bertambahnya total uang yang perlu Anda bayar diakibatkan oleh hadirnya biaya denda. Denda yang ditetapkan pada perusahaan leasing adalah berjalan dengan jangka waktu per hari. Jadi bisa dibilang denda akan selalu bertambah setiap harinya saat Anda terlambat membayar cicilan.

Untuk yang ingin mengetahui besarnya denda telat bayar cicilan motor OTO per bulan, maka Anda harus mengetahui tentang aturan penerapan beban denda pada perjanjian awal. Denda yang ditetapkan sebesar 0,5 dari nominal cicilan yang dimiliki debitur.

Jadi ketika Anda memiliki cicilan sebesar 500.000, maka denda yang akan dibebankan adalah 0,5 x 500.000 = 2500. Ketika Anda terlambat 1 bulan, maka perhitungannya adalah 0,5 x 30 hari = 75.000. Jadi nantinya perlu membayar nilai pokok cicilan ditambah denda, yaitu 575.000.

Advertisements

Penetapan denda tidaklah terlalu besar untuk diberikan karena akan membuat debitur merasakan beban yang sangat besar. Beban yang terlalu besar tentu akan mempengaruhi minat untuk memilih melakukan pembelian kredit pada perusahaan leasing tersebut. Baca Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Oto Finance

Tips Dalam Pembayaran Denda Telat Bayar Cicilan Motor

Untuk menyelesaikan masalah denda telat bayar cicilan motor OTO per bulan dengan lebih gampang, maka beberapa tips berikut bisa Anda ikuti:

  • Lihatlah perjanjian awal kontrak

Pada perjanjian awal, Anda akan bisa melihat segala aturan yang diberlakukan termasuk juga mengenai masalah denda keterlambatan. Hal ini akan membantu Anda dalam penghitungan denda yang akan dibayarkan sehingga mampu menyiapkan uang yang cukup untuk melunasi pembayarannya.

  • Langsung datangi kantor OTO

Mengetahui lebih jelas mengenai denda bisa dilakukan dengan Anda langsung mendatangi kantor OTO Finance. Nantinya Anda akan bisa mengetahui info rinci mengenai besaran denda yang harus dibayarkan.

Hal ini juga diperlukan supaya Anda tidak berurusan dengan dept colector yang biasanya akan ditugaskan untuk menagih cicilan yang terlambat dari para nasabah atau debitur.

  • Pembayaran transfer

Ketika Anda tidak memiliki waktu untuk mengantre pada kantor, maka bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank. Baca Apakah Ada Asuransi Kredit Motor di Adira

Pihak OTO Finance telah bekerja sama dengan berbagai macam pihak dalam membantu memudahkan para nasabahnya dalam pembayaran angsuran kredit mulai dari bank hingga Alfamart bisa Anda pakai dalam pembayaran angsuran beserta nominal denda yang dimiliki.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai masalah denda pada kredit motor OTO. Semoga informasi tersebut bisa membantu dalam pemahaman Anda tentang denda telat bayar cicilan motor OTO per bulan.

error: Content is protected !!